Tips Anak Mendapatkan Waktu Tidur yang Cukup

Anak Mendapatkan Waktu Tidur yang Cukup - www.imsg.net.auAnak Mendapatkan Waktu Tidur yang Cukup - www.imsg.net.au

Seringkali anak-anak tidur larut malam, sehingga mereka akan cepat mengantuk di pagi hari. Padahal, pagi hari adalah saat untuk menjalankan aktivitas, termasuk sekolah. Menguap dan merasa lemas di pagi hari merupakan salah satu tanda bahwa anak-anak kurang tidur. Lalu, bagaimana caranya agar anak-anak bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup?

Penyebab Anak Sulit Tidur

Biasanya, anak-anak mulai mengalami gangguan tidur saat usianya menginjak 3-5 tahun atau biasa disebut dengan masa prasekolah. Memang, di masa tersebut, anak-anak lebih cenderung bebas untuk mengekspresikan dirinya melalui segala tingkah lakunya. Di usia tersebut, bahkan anak-anak memiliki ambisi dan hasrat bermain yang cukup tinggi. Ini yang membuat mereka sering memiliki pola tidur yang tidak teratur.[1]

Dilansir dari Harvard Health Publishing, tidak hanya anak-anak di usia golden age yang mengalami susah tidur, anak-anak yang duduk di bangku sekolah juga masih sering memiliki gangguan yang sama. Anak-anak di usia sekolah sering tidur di waktu yang tidak sama karena banyak hal, mulai dari tugas sekolah yang menumpuk, waktu belajar yang tidak teratur, hingga bermain game online.

Baca juga:  Ingin Dapatkan Protein yang Mudah dan Murah? Yuk, Makan Serangga!

Anak-anak yang sering susah tidur di jam tidurnya tidak hanya membuat mereka cepat mengantuk di pagi hari. Beberapa orang dewasa juga sering mengalami gangguan karenanya. Anak-anak yang sulit tidur biasanya akan bermain di jam tidurnya, sehingga tak jarang mereka sering membuat kekacauan atau keributan.

Dampak lain yang bisa terjadi jika seorang anak tidak memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu mudah letih, risiko gangguan tekanan darah, pusing, dan gejala anemia. Untuk mencegah risiko tersebut, anak-anak setidaknya membutuhkan waktu tidur mulai dari 8 jam hingga 10 jam setiap harinya. Untuk mengetahui lamanya tidur anak, Anda bisa menghitung mundur dari waktu dia bangun hingga tidur.

Anak Sulit Tidur - www.verywellfamily.com

Anak Sulit Tidur – www.verywellfamily.com

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang tua agar anak-anaknya bisa tidur dengan waktu yang cukup, yaitu menerapkan jadwal tidur. Setiap hari, anak akan disuruh tidur pada pukul 9 malam dan harus bangun pada pukul 5 atau 7 pagi. Namun, cara ini sulit diterapkan, apalagi anak-anak lebih asyik dengan gadgetnya. Lalu, bagaimana agar mereka bisa cepat tidur?

Tips Anak Cukup Tidur

  • Buatlah jadwal tidur yang lebih fleksibel. Cara agar anak mau menurut pada jadwal tidurnya, yaitu dengan menyesuaikan jadwal tidur dengan aktivitas hariannya. Sehingga, Anda akan mendapatkan jadwal tidur yang berbeda setiap harinya, namun tetap dengan waktu tidur yang cukup selama 8 hingga 10 jam.
  • Membebaskan anak begadang di akhir pekan. Sesekali, Anda bisa memperbolehkan anak untuk bermain game atau menonton film hingga larut malam. Namun, Anda harus memastikan apakah anak-anak memiliki waktu tidur yang cukup atau tidak. Jika anak Anda baru tidur pada pukul 1 dini hari, maka Anda harus membiarkannya tidur hingga pukul 8 atau 10 siang. Sehingga, mereka mendapatkan waktu tidur sesuai kebutuhannya
  • Mematikan gadget mereka. Jika anak-anak Anda masih duduk di bangku sekolah dan harus pergi ke sekolah pagi hari, sedangkan mereka masih berkutat dengan gadgetnya hingga larut malam, maka Anda harus mematikan gadgetnya. Sehingga, mau tidak mau, mereka akan tidur di waktu yang Anda jadwalkan dengan durasi yang sesuai.
  • Mengubah suasana kamar. Kebanyakan anak yang sulit mendapatkan waktu tidur yang cukup juga disebabkan suasana kamar yang kurang mendukung. Anda bisa mengubah suasana kamar anak Anda menjadi lebih hangat dan membuat orang mengantuk, seperti mengubah warna tembok menjadi agak gelap, mengganti lampu dengan warna yang remang-remang, hingga mengganti letak perabotan kamar.
  • Batasi makanan dan minuman berkafein. Makanan dan minuman berkafein dapat memacu adrenalin, sehingga anak-anak akan kesulitan tidur. Batasi, jika perlu hindarkan anak-anak dari makanan dan minuman berkafein di malam hari menjelang tidur. Anda bisa memberikan makanan atau minuman berkafein di pagi atau siang hari.
Baca juga:  Aneka Resep Olahan Daging Sapi Dicabein

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan agar anak-anak bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup. Selain itu, jika anak Anda masih mengalami gangguan tidur, Anda bisa meminta bantuan dokter atau psikiater. Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk beraktivitas lebih di sore hari, agar mereka kelelahan dan bisa langsung tidur di waktu yang tepat.

Mencium Anak sebelum Tidur - www.additudemag.com

Mencium Anak sebelum Tidur – www.additudemag.com

[1] Sinarmawati. 2012. Hubungan Antara Pola Tidur dengan Pertumbuhan Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di Wilayah TK Seruni Kabupaten Gowa (Skripsi). Program Studi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: