Tips Bikin Anak Lebih Disiplin dan Tepat Waktu

Memberi Contoh Disiplin pada Anak - decoromah.blogspot.comMemberi Contoh Disiplin pada Anak - decoromah.blogspot.com

Memiliki buah hati merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan dan patut disyukuri. Sayangnya, merawat anak tidak segampang membalikkan telapak tangan, apalagi menyangkut kedisiplinan dan tepat waktu. Pasalnya, kebanyakan anak di usia 5 hingga 8 tahun masih belum mengerti betul cara melakukan sesuatu sesuai dengan waktunya. Bahkan, tak sedikit anak yang masih kurang disiplin ketika mereka menginjak usia belasan tahun.

Seorang anak kecil, apalagi masih berusia 5 tahun hingga 8 tahun, pastinya belum mengerti betul mengenai waktu dan kedisiplinan. Mereka hanya fokus pada hal-hal yang membuat mereka senang, sedangkan aturan, waktu, dan kedisiplinan bukanlah hal yang menyenangkan. Untuk membuatnya menjadi lebih menyenangkan bagi anak Anda, Anda bisa mencoba hal-hal berikut ini.

Jadikan Kedisiplinan Sebagai Permainan

Anak-anak sangat suka bermain, mereka bahkan rela menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bermain bersama teman atau bersama mainan kesayangannya. Anda bisa mengalihkan perhatian si kecil sejenak dengan membuat permainan baru tentang disiplin dan tepat waktu. Permainan yang mudah dan menarik bagi anak adalah hal yang akan membuat mereka terlena dengan permainan yang biasa mereka mainkan.

Misal, Anda bisa membuat permainan dengan misi sederhana. Anda bisa menceritakan sebuah dongeng terlebih dahulu, dan membuat anak Anda terkesan dan merasa kagum dengan karakter utama dalam dongeng tersebut. Setelah itu, Anda bisa memberikan misi yang sama dengan misi yang sedang dihadapi oleh karakter dalam dongeng. Sebagai contoh, Anda bisa memberikan misi untuk bangun tepat waktu. Dalam hal ini, Anda harus menceritakan bahwa tokoh utama pada dongeng yang Anda ceritakan selalu bangun tepat waktu. Dengan rasa kagumnya terhadap karakter, maka anak Anda akan mencoba bangun tepat waktu seperti tokoh dalam dongeng yang Anda ceritakan.

Anak Membersihkan Mainan - decoromah.blogspot.com

Anak Membersihkan Mainan – decoromah.blogspot.com

Memberi Pujian

Pujian adalah salah satu kelemahan seorang anak. Berikan mereka pujian jika mereka telah melakukan semua hal tepat waktu dan disiplin. Dilansir dari Harvard Health Publishing, untuk mempermudah hal tersebut, Anda bisa membuat list. Buat daftar kegiatan yang harus dilakukan oleh anak Anda terkait dengan kedisiplinan dan tepat waktu. Jika anak Anda sudah melakukan satu kegiatan dengan tepat waktu, Anda bisa memberikan centang pada list tersebut dan pujian.

Kelemahan seorang anak tidak hanya pada pujian saja, Anda juga berhak memberikan hukuman jika anak Anda tidak bisa menjalankan daftar kegiatan tersebut. Tentunya, Anda juga harus membuat perjanjian terlebih dahulu, agar anak Anda mengerti. Anda bisa memberikan hukuman ringan, seperti tidak ada mainan untuk satu bulan ke depan, atau memberikan tugas tambahan sebagai hukuman. Cara ini ampuh untuk membuat anak lebih disiplin dan tidak mengulangi kesalahannya lagi soal kedisplinan.

Memberi Hadiah

Anak-anak suka sekali dengan hadiah, apa pun bentuknya. Mulai dari hadiah yang paling sederhana, seperti uang jajan hingga mainan kesukaannya. Buatlah perjanjian dengan anak Anda. Jika anak Anda mampu menjadi anak yang disiplin dan selalu melakukan kegiatannya tepat waktu secara konsisten, Anda akan memberinya hadiah. Tentukan juga waktu yang ingin Anda janjikan, sebagai permulaan Anda bisa menentukan dalam waktu satu minggu hingga satu bulan.

Dengan begini, tanpa sadar anak-anak akan melakukan semua kegiatannya secara tepat waktu dan lebih disiplin. Setelah anak Anda berusia remaja, Anda bahkan sudah tidak perlu memberinya hadiah atau pujian agar mereka melakukan hal dengan disiplin dan tepat waktu. Hadiah tidak hanya diberikan begitu saja, Anda juga berhak memberikan konsekuensi jika mereka melanggar kedisiplinan atau tidak tepat waktu. Ini akan membuat mereka jera dan tidak melakukan kesalahan lagi.

Ajarkan Anak untuk Membuat Rencana

Cara lain agar anak Anda selalu melakukan kegiatan dengan tepat waktu dan lebih disiplin, yaitu mengajarkan mereka untuk membuat rencana. Tentu saja, rencana yang dibuat berawal dari rencana yang sederhana, seperti bangun tidur tepat waktu di hari libur agar bisa menikmati liburan dengan keluarga. Berikan juga pengertian atas konsekuensi yang akan mereka hadapi jika mereka tidak melakukan rencana yang sudah dibuat. Seperti jika mereka tidak bangun tepat waktu, maka mereka tidak bisa menikmati liburan bersama keluarga.

Memberi Hadiah Anak yang Disiplin - westbridgfordwire.com

Memberi Hadiah Anak yang Disiplin – westbridgfordwire.com

Rencana yang dibuat tentu harus ada tujuannya. Anda juga bisa menambahkan rencana untuk jalan-jalan bersama, masak bersama, membersihkan rumah bersama, dan hal-hal lainnya. Setiap harinya, pastikan mereka membuat rencana dengan baik. Cara ini akan mengajarkan pada mereka untuk lebih menghargai waktu sehari-hari.

Menjadi Panutan untuk Anak

Seorang anak akan selalu meniru tingkah laku orang tuanya, karena itu penting bagi Anda untuk menanamkan hidup yang tepat waktu dan disiplin sebelum mengajarkannya kepada anak. Secara tidak langsung, anak akan mencontoh tindakan Anda, mulai dari bangun hingga tidur lagi. Anda bisa mencontohkan bangun dan tidur tepat waktu dimulai dari Anda sendiri. 

Dengan kebiasaan Anda yang disiplin dan tepat waktu, anak Anda akan penasaran dan menanyakan tingkah laku Anda. Dalam hal ini, Anda bisa menjelaskan pentingnya disiplin dan tepat waktu. Buatlah anak Anda menjadi semakin tertarik dengan penjelasan Anda, dan buat mereka mengerti juga tentang menghargai waktu. Dengan begini, anak Anda akan paham dan mengikuti gaya hidup Anda yang tepat waktu dan disiplin.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mendidik anak agar lebih disiplin dan tepat waktu. Ada baiknya juga Anda memberinya ruang untuk berdiskusi tentang hal-hal yang harus mereka lakukan untuk menjadi lebih disiplin. Mengajarkan disiplin dan tepat waktu sejak dini adalah hal yang penting, ini akan membuat mereka menjadi orang yang bertanggung jawab dan bisa menghargai waktu ketika mereka dewasa kelak.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: