Tips Aman Keluar Rumah Selama Pandemi

Ilustrasi: bepergian di tengah pandemi virus corona (sumber: epthinktank.co.eu)Ilustrasi: bepergian di tengah pandemi virus corona (sumber: epthinktank.co.eu)

Sejak pandemi virus corona menyebar luas, banyak orang dibingungkan dengan aktivitas harian mereka. Mereka bahkan bingung untuk mengambil keputusan, apakah harus pergi ke salon atau tidak. Untuk itu, Anda bisa mempelajari sedikit tentang COVID-19 dan melakukan beberapa tips aman jika ingin keluar rumah.

Alasan Coronavirus Ditakuti Masyarakat

Coronavirus adalah penyakit yang telah menggemparkan dunia di awal 2020 dengan jenis baru yang disebut dengan (SARS-CoV-2) atau COVID-19. Seiring berjalannya waktu, jumlah pasien yang terjangkit coronavirus semakin bertambah. Tentu saja, ini membuat banyak orang merasa tertekan dan takut, apalagi coronavirus juga bisa menyebabkan kematian.

Secara ilmiah, coronavirus merupakan virus RNA strain tunggal positif, berkapsul, dan tidak bersegmen. Coronavirus tergolong ordo Nidovirales dari keluarga Coronaviridae. Pasien yang terinfeksi oleh COVID-19 dapat merasakan gejala ringan, sedang, hingga berat. Untuk gejala klinis utama yang muncul, yaitu demam dengan suhu di atas 38 derajat Celcius, batuk, dan sulit bernapas.

Ilustrasi: aktivitas masyarakat di tengah pandemi corona (sumber: cfr.org)

Ilustrasi: aktivitas masyarakat di tengah pandemi corona (sumber: cfr.org)

Gejala klinis utama pada pasien yang terjangkit coronavirus dapat disertai dengan sesak yang berat atau mengi, fatigue, myalgia, gejala gastrointestinal seperti diare, dan gejala saluran napas lain. Diketahui juga, setengah dari pasien mengalami sesak napas selama satu minggu. Sementara itu, pada kasus berat, gejala dapat memburuk secara cepat dan progresif yang menyebabkan ARDS, syok septik, asidosis metabolik yang sulit dianalisis, dan pendarahan atau disfungsi sistem koagulasi dalam waktu beberapa hari.

Baca juga:  Panduan Penggunaan Minyak Esensial Untuk Pemula

Tidak semua pasien memiliki gejala yang sama saat terjangkit virus corona. Pada beberapa pasien, gejala ringan yang muncul hanya berupa batuk dan sesak tanpa demam. Jika pasien memiliki daya imun yang tinggi, maka pasien tidak akan merasakan gejala yang berat. Gejala ringan pada pasien virus corona yang mirip flu tersebut membuat masyarakat semakin was-was.[1]

Dilansir dari Harvard Health Publishing, keresahan masyarakat terkait gejala coronavirus yang mirip dengan flu menimbulkan tanda tanya besar. Banyak orang berpikir, amankah untuk melakukan aktivitas harian di luar? Memang, pemerintah telah menyarankan agar Anda tetap di rumah. Namun, bagaimana caranya memenuhi kebutuhan harian jika di rumah saja?

Bahkan, untuk para ibu rumah tangga, banyak orang bertanya tentang waktu yang tepat untuk berbelanja, pergi ke salon, dan menyiram tanaman di luar pagar. Untuk mengatasi kebingungan tersebut, Anda bisa melakukan beberapa hal sebelum menjalankan aktivitas harian di luar rumah.

Baca juga:  Apa Sih Fungsi Alat Hair Steamer Saat Creambath?

Tips Aman Keluar Rumah

Melihat kebutuhan dapur yang makin menipis, mau tidak mau Anda harus keluar rumah. Sebelum keluar rumah, pastikan kondisi tubuh Anda dalam keadaan sehat. Bila perlu, minumlah vitamin atau suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda sebelum keluar rumah.

Ilustrasi: ibu-ibu keluar rumah di tengah pandemi virus corona (sumber: theguardian.com)

Ilustrasi: ibu-ibu keluar rumah di tengah pandemi virus corona (sumber: theguardian.com)

Pakailah masker sebagai alat pelindung diri. Jika perlu, Anda bisa memakai face shield. Masker yang baik untuk menghentikan proses penularan sekaligus sebagai pencegahan, yaitu masker kain atau masker medis berlapis 3.

Perhatikan juga pakaian yang Anda pakai saat ingin berbelanja. Pakailah pakaian berlengan panjang dengan bawahan yang senada, karena ini akan meminimalkan adanya virus menempel di tubuh Anda. Tips tersebut juga berlaku jika Anda ingin pergi ke salon atau ke tempat umum lainnya.

Baca juga:  Cara Simpel & Ampuh Singkirkan Jerawat di Pantat

Jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer. Ini adalah benda penting yang akan Anda pakai selama berbelanja. Sesampainya di tempat perbelanjaan, Anda bisa membersihkan keranjang atau troli yang ingin Anda pakai sebagai wadah belanjaan.

Selain tips di atas, Anda juga harus selalu fokus dengan tujuan Anda. Jika Anda ingin berbelanja, maka pegang dan ambil barang yang ingin Anda beli saja. Jangan memegang benda lain yang tidak penting atau tidak ada dalam list belanjaan Anda.

Sesampainya di rumah, sebaiknya Anda segera membersihkan diri. Cuci tangan terlebih dahulu, dan jangan lupa untuk menyemprotkan desinfektan pada barang belanjaan Anda. Masukkan juga pakaian yang sudah Anda pakai bersama dengan masker kain ke dalam cucian dan cuci hingga bersih. Cara tersebut terbilang ampuh untuk mencegah virus menginfeksi Anda. Memang, menjaga kebersihan adalah hal yang utama jika Anda ingin selalu sehat.

[1] Yuliana. 2020. Coronavirus Diseases (Covid-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, Vol. 2(1): 187-193.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: