Tiga Rutinitas Sehari-hari Agar Awet Muda

Awet Muda - www.tim.web.id Awet Muda - www.tim.web.id

“Kebanyakan orang tidak percaya ketika saya katakan kepada mereka bahwa ayah saya akan memasuki usia ke-70 Februari ini. Dia adalah yang tertua foto ini. Tuan-tuan yang lainnya berusia antara 56, 65, dan 54 tahun. Ya, ayah sering ditawarkan asuransi dan aplikasi kartu kredit karena mereka pikir ayah saya masih dalam usia produktif,“ jelas Rachmatika Astarini, dalam ceritanya mengungkapkan kebiasaan seorang ayah yang tetap terlihat awet muda meski usianya sudah memasuki kepala tujuh.

Ayah Rachmatika Astarini sudah berusia 70 (paling kanan berbaju biru kotak)

Ayahnya, datang dari sebuah desa kecil di Jawa, di mana sebagian besar orang memiliki pekerjaan sebagai petani. Ia percaya kebiasaan dan nilai-nilai di daerah dimana ayahnya dibesarkan membawa pengaruh yang besar dalam bagaimana dia terlihat sekarang. Dalam tulisan yang diangkat dalam Qoura’s Medical Daily, Rachmartika Astarini berbagi kisah tentang ayahnya yang teta awet muda dan penuh vitalitas di usia 70-an. Karena dianggap inspiratif, tulisan ini dibaca 352ribu kali, dan direspon positif oleh 4,459 upvotes di Quora.

Memiliki kebiasaan bangun pada pukul 4 pagi dan tidak pernah kembali tidur. Merupakan cara jitu yang dapat menyehatkan badan. Selepas bangun dari tempat tidur, usahakan untuk membersihkan tempat tidur sendiri, meminum segelas air putih, melakukan salat subuh bagi penganut agama Islam, dan dilanjutkan dengan melakukan pekerjaan sederhana di sekitar rumah. Anda dapat mencoba untuk membersihkan taman atau mencuci mobil, atau sekadar memperbaiki gagang pintu yang patah. Anda dapat kembali beristirahat selama 15 menit, untuk sekadar membaca koran dan kemudian kembali beraktivitas.

Upayakan untuk tidak menganggur ketika pagi hari. Tidak peduli berapa lama Anda tidur, namun usahakanlah untuk bangun tepat waktu di pagi hari. Jangan pernah melewatkan waktu untuk sarapan dan konsumsi buah pepaya secara teratur setiap hari juga diyakini baik agar awet muda. Makan teratur tiga kali dalam sehari, sarapan pada jam 7 atau 8 pagi, makan siang pukul 12 atau 1 siang, dan makan malam sebelum pukul 8 malam.

Jika Anda tidak merasa lapar, tetaplah makan meski hanya 3 hingga 5 sendok nasi saja. Dapat  juga memakan buah pepaya setiap hari, baik sebelum makan ataupun setelah makan. Jika Anda tidak memiliki atau kehabisan  buah pepaya, Anda dapat menggantinya dengan buah lain. Karena dalam sebuah studi disebutkan bahwa pepaya yang memberikan kontribusi efek anti-penuaan tubuh.

Hal yang tak kalah penting selain rutin bangun tidur di pagi hari dan sering mengkonsumsi buah pepaya, adalah dengan cara selalu bersyukur dan tulus. Anda bisa memulai hal ini dengan hal yang sederhana, seperti mengontrol emosi agar tidak mudah marah, misalnya. Ketika suatu kesalahan atau sebuah permasalahan terjadi, disarankan agar tidak pernah menempatkan kesalahan pada sesuatu atau siapapun. Berfokuslah pada suatu hal yang rasional di balik sebuah peristiwa.

Hal tersebut yang menjadikan Anda terbebas dari masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi atau penyakit terkait dengan tekanan darah tinggi atau yang lainnya. Namun hal paling rahasia yang ingin utarakan di sini adalah, tidak hanya tentang mengendalikan emosi Anda, akan tetapi lebih pada pengendalian pikiran Anda terhadap sesuatu yang baik. Bersabar, rendah hati, bersyukur akan segala sesuatu yang terjadi karena suatu alasan. Ini merupakan tips umum yang kerap Anda temukan, namun perlu pengingat yang efektif agar dapat melaksanakan hal tersebut.

Mulailah untuk selalu bersyukur dengan apapun yang Anda miliki sekarang. Berterima kasih tidak hanya berarti pada apa yang berhasil Anda miliki saja, akan tetapi juga terhadap apa yang telah Tuhan ambil. Karena pada saat yang bersamaan, Anda menyadari bahwa apa yang Anda miliki di dunia ini yang tidak pernah benar-benar untuk Anda. Akan ada saatnya nanti, Anda akan ditinggalkan atau Anda yang meninggalkan mereka.

Tetap setia pada apa yang Anda anggap benar dan jangan pernah menyakiti hati orang lain.

Mungkin rahasia lainnya adalah untuk memperbanyak tertawa. Jadilah badut bagi orang di sekitar Anda, meski lelucon Anda terkesan tidak lucu, akan tetapi masih banyak orang yang akan bisa tertawa dengan lelucon kita.

Sedikit info tentang obat-obatan. Usahakan untuk mengkonsumsi sesuatu yang berbau herbal atau alami. Anda tetap bisa mengkonsumsi obat sesuai dengan resep dokter atau mengambil perawatan medis. Namun benar benar pada dosis yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan teh herbal atau ramuan alami lainnya. Bagi Anda yang ingin melakukan atau sedang dalam program diet, mulailah untuk mencoba cara yang alami.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: