Tidak Perlu Mahal, Inilah Menu Cemilan Sehat Untuk Bayi 9 Bulan

Camilan Buah Pepaya - (Photo: varintorn) Camilan Buah Pepaya - (Photo: varintorn)

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat. Agar bayi dapat tumbuh dengan optimal, para orang tua khususnya memberikan yang dapat membantu pertumbuhan bayi lebih sehat, seperti contohnya memberikan cemilan untuk si kecil.

Waktu yang dianggap tepat untuk memberikan cemilan bagi anak adalah saat usianya sudah menginjak 6 bulan ke atas. Pemberian cemilan ini bertujuan agar nutrisi bayi dapat terpenuhi dengan baik. Namun seperti apakah sebenarnya cemilan yang sehat yang dapat memenuhi nutrisi pada bayi?

“Enggak perlu mahal-mahal, dan sayur juga bisa. Kan bayi di bawah satu tahun itu lagi oral stage, apa-apa dimasukkan ke dalam mulut. Ya kenapa tidak beri dia mainan berupa dan , segar pula kan itu,” menurut salah seorang Psikolog anak, Novita Trandy, dilansir dari Liputan6.com

Menurutnya, melalui pemberian buah dan sayur, bayi usia 9 bulan ini juga dapat belajar mengenal rasa asli sehat tersebut. Selain itu, sensor penglihatan bayi dapat terangsang dengan aneka warna buah dan sayur.

Buah dan sayuran tersebut dapat dibersihkan lalu dipotong-potong dan bila perlu direbus. Pemberian buah dan sayur ini diyakini sebagai cara yang baik ketimbang memberikan bayi mainan murah akan tetapi bersifat tidak antitoksik. Karena amat mengerikan jika mainan yang kemungkinan mengandung bahan berbahaya itu masuk ke dalam mulut anak.

Selain buah dan sayur, para ibu juga dapat memberikan variasi makanan lainnya yang dapat memberikan gizi seimbang bagi anak. Ibu bisa mulai memperkenalkan kacang-kacang pada masa MPASI. Salah satu jenis kacang-kacangan tersebut adalah kacang hijau.

Kacang Hijau untuk Bayi - (Sumber: hariangadis.com)

Kacang Hijau untuk Bayi – (Sumber: hariangadis.com)

Bagi bayi usia 9 bulan, ibu dapat memberikan asupan pure kacang hijau. Caranya adalah dengan mencuci bersih 50 gram kacang hijau, kemudian rendam dalam air selama satu jam. Selanjutnya kacang hijau di dihaluskan dengan blender dan saring agar lebih lembut. Lalu campurkan dengan 50 ml ASI perah, dan diaduk rata.

Selain itu, Anda juga dapat mencampurkan kacang hijau dengan bahan sayuran lainnya seperti wortel. Caranya dengan merendam 50 gram beras dan 50 gram kacang hijau semalaman. Lalu dicuci hingga bersih. Tim beras dan kacang hijau dalam 150 cc air. Angkat ketika setengah matang dan masukkan 20 gram wortel dan 25 gram hati ayam. Kembali masak hingga matang, dan saring tim agar lebih lembut.

Selain memilih yang sehat dan bergizi tinggi, waktu pemberian juga harus diperhatikan. Susun jadwal pemberian beserta jenis-jenis makanannya yang variatif. Jangan memberi terlalu dekat dengan jadwal makan utama. Karena anak akan menjadi enggan untuk makan makanan utamanya karena masih kenyang dengan tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: