Sering Dipakai Bikin Kue, Tepung Hunkwe Terbuat dari Apa?

Tepung hungkwe/tepung hunkue (sumber: lazada)Tepung hungkwe/tepung hunkue (sumber: lazada)

Anda pernah membuat kue atau minuman dari tepung hunkwe? Ya, tepung satu ini kerap digunakan untuk membuat cendol atau dawet karena teksturnya cukup lembut dan kenyal. Tak hanya itu, tepung hunkwe sering dimanfaatkan dalam pembuatan kue lapis. Aromanya yang wangi tentu akan membuat hidangan atau minuman apa saja terasa lebih istimewa. Namun, sebenarnya tepung hunkwe sendiri terbuat dari apa?

Tepung hunkwe atau tepung hunkue merupakan tepung yang terbuat dari pati kacang hijau. Warnanya putih, beraroma harum dan teksturnya sedikit lebih kasar dari tepung terigu. Tepung hunkwe biasanya dikemas dengan kertas berbentuk silinder sekitar 18 cm. Jika dimasak tepung ini aromanya harum dan berwarna bening, lentur, dan kenyal teksturnya.

Biasanya tepung hunkwe diolah menjadi cendol, kue pisang, atau puding. Karena agak unik aromanya maka tepung ini sulit diganti dengan tepung lain. Meskipun bisa juga diganti dengan tepung kanji dengan hasil sedikit berbeda.

Berdasarkan data Kemenkes RI (TKPI), setiap 100 gram tepung hunkwe mengandung 4,5 gram protein, 0,23 mg riboflavin, 0,93 mg tembaga, 2,2 mg niasin, 16,1 gram serat, 2,7 mg seng, 1.232,9 mg kalium,  dan 100 mg fosfor. Ini menunjukkan bahwa kandungan riboflavin, tembaga, niasin, serat, seng, kalium, dan fosfor termasuk tinggi dan cukup tinggi. Mengonsumsi tepung hunkwe (pati kacang ijo) secara teratur sesuai AKG (Angka Kecukupan Gizi) atau sesuai kebutuhan gizi per hari dari Kemenkes RI, bermanfaat untuk kesehatan seperti berikut ini.

Baca juga:  Ternyata Gampang, Seperti Ini Cara Membuat Petis Hitam Sendiri di Rumah!

Manfaat Tepung Hunkwe

  • Meminimalkan hipertensi. Manfaat dari tingginya kandungan kalium dan tembaga.
  • Membantu gula darah tetap stabil. Manfaat dari tingginya kandungan serat dan seng.
  • Mencegah penyumbatan pembuluh darah. Manfaat dari tingginya kandungan riboflavin.
  • Menunjang dan meningkatkan kesehatan sistem peredaran darah. Manfaat dari tingginya kandungan tembaga dan niasin.
  • Mengatasi dan meminimalkan terjadinya anemia. Manfaat dari tingginya kandungan riboflavin.
  • Menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah. Manfaat dari tingginya kandungan serat.[1]
  • Menjaga suhu tubuh agar tidak panas dan menjaga kesehatan pencernaan.
  • Dipercaya bisa meningkatkan penurunan berat badan.
  • Mencegah diabetes tipe 2 dikarenakan mampu menurunkan kadar gula dalam darah.
  • Diperlukan sebagai serat untuk makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayi.

Tepung hunkue atau hunkwe bisa digunakan untuk membuat aneka makanan dan kue tradisional. Banyak makanan dan minuman tradisional yang manfaatkan tepung hunkwe sebagai bahan dasarnya, misalnya saja sohun (campuran hunkwe, tepung tapioka, dan sagu), es selendang mayang, es gabus, dan es cendol dawet. Selain itu, tepung hunkwe bisa pula dipakai sebagai bahan untuk membuat berbagai kue, seperti kue lapis, kue cantik manis, ongol-ongol, nagasari, puding hunkue, dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Pilihan Warna Lipstik Revlon Untuk Bibir Hitam

Cara Membuat Tepung Hunkwe

Dilansir dari Wikipedia, pembuatan tepung hunkue sendiri bisa dilakukan di rumah. Bahan utamanya adalah kacang hijau yang direndam selama 24 jam dengan jumlah air 4 kali lipat dari jumlah kacang hijau yang digunakan. Setelah direndam, kacang hijau dibersihkan dan dipisahkan antara biji kacang hijau dengan kulitnya.

Kacang hijau kemudian disangrai hingga kering. Setelah kering, kacang hijau dihaluskan bisa dengan cara ditumbuk atau dengan menggunakan alat penghancur. Setelah itu, kacang hijau yang telah halus disaring dan siap digunakan. Tepung hunkwe bisa disimpan dalam wadah kedap udara supaya tak mudah tengik dan lebih tahan lama. Buat tepung hunkwe secukupnya saja agar tidak ada tepung yang terbuang.

Mung bean flour atau tepung hunkwe mempunyai tekstur yang licin dan sepintas mirip tepung sagu, tetapi tidak berbau asam. Aroma tepung hunkwe justru cenderung harum. Oleh sebab itu, apabila Anda hendak menggunakan tepung hunkwe dalam berbagai makanan atau minuman, sebaiknya tak perlu menambahkan terlalu banyak esens agar sajian Anda lebih wangi. Tepung hunkwe juga bisa menghasilkan adonan kue yang lentur, kenyal, dengan aroma yang khas menggugah selera.

Baca juga:  Hindari Diabetes, Ini Beda Gula Alami dan Tambahan

[1]Erwin, LT. 2021. Kue Mini Gluten Free Dari Tepung Hunkue Dan Sagu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, hlm 7.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: