Tempe VS Tahu, Mana yang Lebih Sehat?

Makanan Tahu dan Tempe Goreng - www.flickr.comMakanan Tahu dan Tempe Goreng - www.flickr.com

Bagi masyarakat Indonesia, tempe dan tahu sudah tidak asing lagi. Sebagian besar orang Indonesia juga mengonsumsi tempe dan tahu sebagai lauk sehari-hari. Tempe dan tahu sendiri merupakan produk olahan dengan bahan kacang kedelai, walaupun menggunakan bahan dasar yang sama tetapi proses pengolahannya berbeda. Inilah yang membuat tampilan dan rasa tempe dan tahu menjadi berbeda. Dengan hasil olahan yang berbeda namun berbahan dasar sama, manakan yang lebih sehat di antara keduanya?

Mengenal Tahu dan Nutrisinya

Tahu adalah alternatif daging berbasis kedelai yang populer, tidak hanya di Indonesia bahkan luar negeri, seperti Jepang dan Amerika. Proses pembuatan tahu, pada dasarnya hampir sama dengan cara membuat keju, “Tahu diproses dengan mengentalkan susu kedelai tanpa fermentasi untuk membekukan protein kemudian menekannya dengan kayu dan membuat bentuknya seperti kotak,” kata Sonya Angelone, RDN. “Tahu dianggap sebagai makanan utuh yang diproses secara minimal, tidak seperti banyak produk kedelai yang direkayasa secara genetik.”

Tahu adalah salah satu dari sedikit makanan nabati yang menyediakan sumber protein lengkap. “Ini memasok semua asam amino yang dibutuhkan tubuh Anda untuk membuat otot, hormon, dan antibodi,” Karen Ansel, RDN, rekan penulis Healthy in a Hurry di Women’s Health. “Tahu juga secara alami memiliki kadar lemak jenuh rendah dan tidak mengandung kolesterol.”

Untuk pembuatan tahu, prosesnya justru meningkatkan kandungan nutrisi pada kedelai. “Kedelai dapat diproses baik dengan magnesium klorida atau kalsium sulfat, yang berkontribusi baik magnesium atau kalsium,” kata Angelone. “Ini dapat memiliki 775 mg kalsium dan 66 mg magnesium tergantung pada bagaimana itu diproses.”

Kandungan Nutrisi Tahu - www.khasiatsehat.com

Kandungan Nutrisi Tahu – www.khasiatsehat.com

Untuk mengetahui seberapa sehat tahu sebagai salah satu bahan makanan sehari-hari, Anda bisa melihatnya pada rincian kandungan nutrisi pada tahu sebagai berikut ini:

Kandungan Nutrisi Tahu Per 100 Gr

Jenis NutrisiJumlah Nutrisi
Kalori94 mg
Lemak 5 gr 
Protein 9 gr
Karbohidrat2 gr
Serat2 gr
Gula 0 gr
Sodium12 mg
Kalsium 176 mg
Zat besi 2 mg
Kalium 147 mg

Mengenal Tempe dan Nutrisinya

Setelah Anda mengetahui proses pembuatan tahu dan nutrisinya, untuk mengetahui mana yang lebih baik sebagai perbandingan Anda juga perlu mengetahui tempe dan nutrisinya. Tempe adalah protein lain yang ramah sayuran dan vegan, tetapi ada langkah tambahan yang membedakannya dari tahu. Untuk membuat tempe, kedelai dimasak, difermentasi, dan kemudian dikemas menjadi balokan. Bahan-bahan whole-grain tambahan, seperti beras merah, quinoa, millet, biji rami, dan biji wijen, juga bisa masuk ke dalam campuran tempe.

 “Tempe mengandung isoflavanoid seperti daidzen, genistein, asam fenolik, pitosterol, yang dapat menurunkan kolesterol,” kata Angelone.

Proses fermentasi dalam pembuatan tempe membuatnya mudah unuk dicerna, menurut Angelone. “Tempe bisa diproses menggunakan mikroorganisme berupa jamur yang memfermentasi kedelai, dan mikroorganisme pada tempe tersebut dapat membantu proses pencernaan pada tempe di dalam perut menjadi lebih mudah” kata Angelone. 

“Lamanya waktu fermentasi secara langsung mempengaruhi manfaat kesehatan, dan itu dapat memiliki lebih banyak manfaat  terkait adanya zat antioksidan yang dapat meningkat jika tempe mengalami waktu fermentasi semakin lama.” Kedelai yang difermentasi menyeimbangkan bakteri sehat dalam usus Anda, yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, membuat Anda tetap teratur, dan melindungi pembuluh darah dari peradangan.

Tempe adalah sumber protein lengkap lainnya. Ini juga mengandung sekitar 10 persen dari kebutuhan kalsium dan zat besi harian Anda. Jika kedelai diproses dengan magnesium klorida, tempe dapat memiliki jumlah magnesium yang signifikan juga. Agar Anda mengetahui lebih dalam mengenai tempe, berikut kami sajikan rincian kandungan nutrisi pada tempe.

Kandungan Nutrisi Tempe - id.wikipedia.org

Kandungan Nutrisi Tempe – id.wikipedia.org

Kandungan Nutrisi Tempe Per 100 Gr

Jenis NutrisiJumlah Nutrisi
Kalori 195 mg
Lemak 11 gr 
Protein 20 gr
Karbohidrat8 gr
Serat 0 gr
Sodium 14 mg
Kalsium 96 mg
Zat besi 2 mg
Magnesium 77 mg
Kalium 401 mg

Hasil Perbandingan Tahu VS Tempe

Tahu dan tempe berasal dari sumber yang sama: kedelai. Mereka sangat mirip, tetapi proses fermentasi membantu tempe memiliki kandungan nutrisi lebih banyak dibanding tahu. “Tempe memiliki lebih banyak protein, serat makanan, dan vitamin dibandingkan dengan tahu,” kata Angelone. “Itu juga terkait dengan proses pembuatannya. Tempe mengalami proses fermentasi dan tahu tidak, jadi tempe dianggap lebih sehat.” 

Tempe memang dinilai lebih sehat daripada tahu, namun beberapa orang juga memiliki anggapan lain terhadap kedelai sebagai bahan dasar pembuatan keduanya. Mereka memiliki anggapan bahwa mengonsumsi kedelai ternyata tidak baik untuk kesehatan beberapa orang tertentu, namun apakah anggapan ini memiliki kebenaran?

Jika Anda berbicara dengan ahli gizi atau dokter, mereka semua mengatakan tidak ada bukti bahwa makan kedelai (makanan rendah kalori, tinggi protein) sebagai bagian dari diet seimbang akan memiliki efek negatif pada kesehatan Anda. Faktanya, American Cancer Society mengatakan bahwa mengonsumsi makanan kedelai dalam jumlah sedang adalah aman untuk semua orang.

Tahu dan tempe sama-sama jenis makanan olahan yang terbuat dari kedelai, walaupun lebih baik tempe tetapi tidk ada salahnya jika Anda lebih menyukai tahu. Tahu sangat bagus dalam proses penyerapan bumbu dan saus, sehingga rasanya akan lebih lezat jika dibumbui. Selama bumbu yang Anda gunakan itu tidak berlebihan pada kadar gula atau garam, hidangan protein nabati Anda tetap sehat. “Tahu mudah dimasak dan sangat fleksibel,” kata Angelone. “Tahu menyerap rasa yang dimasak dengan mereka sehingga dapat digunakan di sebagian besar jenis masakan apa pun.”

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: