Teknik Hair Dusting Untuk Atasi Rambut Bercabang

Teknik, hair dusting, untuk, atasi, rambut, bercabang, rusak, faktor, penyebab, trimming, pendek, ujung, nutrisi, merawat, mengatasi, vitamin, lemas, kusam, rontok, lembut, cuaca, ciri, rapuh, kering, hairstylish, beauty vlogger, hairdryer, sehat, highlight, bleaching, helai, perawatan Ilustrasi: potong rambut profesional di salon

yang sehat akan terlihat berkilau karena lapisan kutikula mampu memantulkan cahaya. Sebaliknya, ketika rusak, bisa terlihat kusam, terasa kering, dan bahkan bercabang pada ujungnya.

adalah salah satu ciri rambut yang rapuh. Oleh karena itu, Anda harus menangani rambut Anda dengan hati-hati dan lembut. Contohnya, saat mengikat rambut, jangan ikat terlalu kencang. Lalu, saat mengeringkan rambut dengan handuk, pastikan Anda tidak menggosok terlalu keras.

Penyebab Rambut Bercabang

Penyebab rambut bercabang ada beberapa faktornya. Salah satu yang paling umum adalah ketidaktahuan cara mengeringkan rambut yang benar. Banyak orang masih mengeringkan rambut setelah keramas dengan cara digosok pakai handuk. Padahal cara ini justru menimbulkan friksi atau gesekan yang membuat rambut pecah-pecah dan bercabang. Selain itu, perubahan cuaca, hair styling dan usia rambut juga mempengaruhi kekuatan serta kualitasnya.

Teknik, hair dusting, untuk, atasi, rambut, bercabang, rusak, faktor, penyebab, trimming, pendek, ujung, nutrisi, merawat, mengatasi, vitamin, lemas, kusam, rontok, lembut, cuaca, ciri, rapuh, kering, hairstylish, beauty vlogger, hairdryer, sehat, highlight, bleaching, helai, perawatan

Ilustrasi: rambut rusak dan bercabang (sumber: schwarzkopf.com)

Keadaan rambut akan semakin parah jika Anda menyisir rambut secara berlebihan, mencatok rambut, mengeriting dan meluruskan rambut dengan obat-obatan kimia, atau mewarnai rambut, baik highlight rambut maupun bleaching rambut.

Rambut bercabang harus dienyahkan. Biasanya kita akan memotong rambut melebihi batas yang bercabang, supaya tumbuh lebih baik. Tapi banyak orang yang sayang dengan rambut panjangnya. Nah, untuk Anda yang ingin mengatasi rambut bercabang tanpa perlu memotongnya, ada hair care hacks yang baru-baru ini dipopulerkan oleh para beauty vlogger, yaitu hair .

Hair dusting adalah ‘memisahkan’ rambut sehat dengan rambut yang rusak dengan memelintir atau membuat simpul pada rambut. Setelah simpul terbentuk, Anda hanya tinggal memangkas rambut yang mencuat dengan gunting.

Jika selama ini Anda malas melakukan trimming rambut karena tak ingin rambut menjadi pendek, kini ada cara untuk menghilangkan bagian ujung rambut yang rusak. Teknik baru ini bernama hair dusting.

Tekniknya mirip dengan menghilangkan benang-benang halus pada baju yang menjulur keluar, yaitu dengan menggunting ujung-ujung rambut yang mencuat keluar saja. Biasanya ujung rambut yang rusak ini akan muncul keluar terpisah dari rambut sehat. Rambut kemudian ditarik sehingga ujung-ujung rambut rusak akan muncul keluar, lalu dipotong pelan-pelan.

Apa itu Hair Dusting?

“Hair dusting adalah teknik di mana Anda tidak membuang rambut, tetapi hanya ujung rambut yang rusak,” jelas Salcedo, penata rambut di L.A. “Ini bisa dilakukan dengan memotong bagian paling bawah dari setiap helai rambut,”katanya.

Teknik, hair dusting, untuk, atasi, rambut, bercabang, rusak, faktor, penyebab, trimming, pendek, ujung, nutrisi, merawat, mengatasi, vitamin, lemas, kusam, rontok, lembut, cuaca, ciri, rapuh, kering, hairstylish, beauty vlogger, hairdryer, sehat, highlight, bleaching, helai, perawatan

Ilustrasi: teknik hair dusting untuk mengatasi rambut bercabang (sumber: lengthyhair.com)

“Hair Dusting merupakan rambut yang sehat. Ini merupakan teknik yang langsung mengatasi rambut bercabang dan rusak tanpa harus memotong rambut secara ekstrem,” kata Sal Salcedo.

Hairstylist ini mengaku menggunakan teknik Hair Dusting ini untuk klien yang memiliki masalah rambut bercabang. Menurut dia rambut tetap bisa tumbuh panjang dan sehat, dan teknik ini hanya menyingkirkan ujung rambut rusak langsung di titiknya. “Cara terampuh adalah dengan memotong setiap helai ujung rambut bercabang,” tambahnya.

Masalah rambut bercabang sering terjadi karena faktor cuaca, pewarnaan rambut, alat pemanas rambut, potongan rambut yang kurang tepat, dan berbagai hal lainnya. Sal Salcedo mengatakan, teknik Hair Dusting ini sebenarnya merupakan perawatan, bukan pemotongan rambut secara panjang. Bahkan sebenarnya, hair dusting telah digunakan sejak berabad-abad lalu dengan teknik yang sedikit berbeda seperti menggunakan pisau cukur dan api.

Dengan teknik hair dusting, hairstylist hanya akan memotong para rambut ‘liar’ yang menjadi rambut bercabang pada rambut. Karena pada dasarnya, rambut yang memiliki cabang akan terlihat dari luar. Penampakannya persis seperti anak rambut yang tidak beraturan keluar dan saat disisir pun, rambut-rambut ini tidak dapat rapi dan sulit diatur.

Teknik hair dusting memungkinkan hairstylist untuk menghilangkan itu semua. Dimulai dengan menyisir rapi rambut Anda, atau jika perlu sedikit tambahan panas dari hairdryer untuk membuat rambut lebih lurus dari biasanya, dan dari situ, rambut-rambut yang keluar dari helai-helai rambut yang lain akan dipotong dari luar tanpa mengurangi panjang rambut secara signifikan.

Hasil yang didapat tentu saja tidak hanya rambut bercabang Anda hilang dan kini rambut terasa lebih lembut dan mudah diatur, melainkan bagi Anda yang sedang memanjangkan rambut, tidak perlu takut rambut menjadi pendek karena dengan teknik yang satu ini, rambut bercabang Anda saja yang akan hilang, namun panjang rambut akan tetap seperti semula.

Salcedo mengatakan teknik ini bisa diterapkan pada semua jenis atau tekstur rambut- tetapi Anda harus menghaluskan rambut untuk melihat ujung yang rusak yang harus dibuang. Dan tidak, itu tidak akan menipiskan rambut – justru sebaliknya. Ini benar-benar menghentikan kerusakan dengan menghapusnya, jadi Anda tidak akan memiliki ujung-ujung rambut yang merayap. Pastikan Anda pergi ke stylist yang tahu apa yang mereka lakukan – dusting harus sangat minim. “Intinya adalah menyingkirkan rambut yang rusak,” kata Salcedo.

Teknik, hair dusting, untuk, atasi, rambut, bercabang, rusak, faktor, penyebab, trimming, pendek, ujung, nutrisi, merawat, mengatasi, vitamin, lemas, kusam, rontok, lembut, cuaca, ciri, rapuh, kering, hairstylish, beauty vlogger, hairdryer, sehat, highlight, bleaching, helai, perawatan

Ilustrasi: perawatan rambut pribadi

Selain menerapkan teknik hair dusting, ada beberapa langkah lainnya untuk merawat ataupun menghindari rambut bercabang, dilansir dari laman Alodokter, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan:

Gunakan conditioner rambut sebelum tidur di malam hari

Setelah mengaplikasikan conditioner pada rambut, tidurlah dengan menggunakan penutup rambut atau lapisi bantal dengan handuk agar tidak mengotori tempat tidur. Lakukan seminggu sekali.

Keringkan rambut dengan handuk secara lembut

Setelah keramas, keringkan rambut menggunakan handuk pelan-pelan, atau bungkus saja rambut Anda dengan handuk hingga kering.

Gunakan produk perawatan rambut khusus

Produk perawatan rambut yang mengandung minyak zaitun, gliserin, shea butter, atau sorbitol dipercaya dapat membantu mengatasi rambut bercabang.

Hindari panas matahari

Pilihlah produk perawatan rambut yang memberikan perlindungan dari sinar matahari. Selain itu, pakailah tudung atau topi ketika berjalan di siang hari yang terik.

Cukupi kebutuhan nutrisi rambut

Konsumsi bayam dan wortel untuk mendapat vitamin A, salmon untuk mendapat omega-3, kerang dan kacang mete untuk mendapat zinc. Selain itu, biji-bijian utuh, produk rendah lemak, serta sayuran yang mengandung vitamin dan mineral untuk membantu rambut dan kulit kepala tetap sehat. Kekurangan nutrisi bisa membuat rambut terlihat kusam dan lemas, bahkan rontok.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: