Rahasia Hubungan Langgeng, Tanyakan Hal ini pada Pasangan Saat Kencan Pertama

Ilustrasi: pasangan kencan (sumber: sugarbook.com)Ilustrasi: pasangan kencan (sumber: sugarbook.com)

Kencan merupakan salah satu cara untuk menemukan pasangan setelah tahap perkenalan dan pendekatan dan dilakukan atas kesepakatan bersama dari dua belah pihak yang sudah merasa memiliki kedekatan batin.[1] Ini yang membuat kencan juga disebut sebagai salah satu kunci dari hubungan pacaran yang langgeng. Namun, supaya tahap berikutnya Anda merasa lebih nyaman dengan pasangan, ada beberapa hal yang perlu Anda tanyakan pada pasangan saat kencan pertama.

Dilansir dari HuffPost, hanya sedikit orang yang memiliki intuisi tajam mengenai masa depan hubungannya dengan seseorang, apakah akan memiliki happy ending atau justru berujung red flag. Nah, biasanya, beberapa orang dengan akhir red flag atau bendera merah kurang peka dengan kepribadian pasangannya di awal kencan. Kepribadian seseorang memang sulit diketahui saat masa pengenalan hingga kencan, tetapi mulai terlihat saat tahap pacaran hingga menikah.

Bagi mereka yang baru mengetahui kepribadian pasangannya yang dirasa negatif saat pacaran, mungkin bisa menjadi kesempatan untuk mengakhiri hubungannya dan membuat hubungan baru dengan orang yang lebih baik. Namun, bagaimana jika Anda baru tahu saat menikah? Tentunya ini bisa berujung pada perceraian. Untuk itu, beberapa pengacara di bidang perceraian telah membagikan apa saja yang perlu ditanyakan saat kencan pertama, supaya hubungan Anda langgeng dan tidak berakhir pada perceraian.

Baca juga:  Mengulik Persiapan Trimester Keempat dalam Kehamilan, Calon Ibu Sudah Tahu?

Daftar Pertanyaan Kencan Pertama

Ilustrasi: pasangan kencan (sumber: glamour)

Ilustrasi: pasangan kencan (sumber: glamour)

Kapan terakhir kali Anda berbicara dengan keluarga Anda?

Saat kencan pertama, Anda harus mengetahui sedekat apa pasangan Anda dengan keluarganya, terutama orang tuanya. Untuk itu, Anda perlu menanyakan kapan terakhir kali pasangan Anda berbicara atau bercengkrama bersama keluarganya.

“Saya melihat banyak perceraian yang disebabkan oleh satu orang yang begitu dekat dengan keluarga mereka, sehingga mereka memprioritaskan mereka di atas pernikahan dan memiliki batasan yang buruk,” kata Carla Schiff Donnelly, seorang pengacara perceraian di Pittsburgh, Pennsylvania. “Di sisi lain, hubungan keluarga yang buruk bisa menjadi tanda gangguan kepribadian dan ketidakmampuan untuk mempertahankan hubungan dalam jangka panjang.”

Apakah Anda percaya bahagia selamanya?

“Semua hubungan membutuhkan pengorbanan dan komitmen dari kedua belah pihak untuk membuatnya langgeng,” kata Katherine Eisold Miller, seorang pengacara perceraian di New Rochelle, New York. “Seseorang yang berpikir ‘bahagia selamanya’ akan terjadi begitu saja tanpa ada rintangan mungkin tidak akan menjadi pasangan yang baik.”

Baca juga:  Panduan Memilih Alat Kontrasepsi Untuk Remaja

Apakah kamu sudah menikah?

“Serius, tanyakan ini. Berpisah atau menikah berarti belum bercerai,” kata Randall Kessler, seorang pengacara perceraian di Atlanta, Georgia. “Pastikan pasangan kencanmu sedang single, karena memiliki pasangan yang beristri atau bersuami bukanlah hal yang baik.”

Ilustrasi: pasangan kencan (sumber: gurulex.com)

Ilustrasi: pasangan kencan (sumber: gurulex.com)

Bagaimana Pekerjaan Anda?

“Tanyakan tentang pekerjaan pasangan kencan Anda, apakah dia memiliki rasa bangga dengan apa yang mereka lakukan? Atau apakah dia memiliki pekerjaan yang kurang cocok dengan situasi Anda?” kata Lisa Helfend Meyer, seorang pengacara perceraian di Los Angeles, California. “Kadang beberapa orang ingin mendapatkan banyak perhatian, sehingga teman kencan dengan jadwal pekerjaan yang terlalu padat bukan solusinya.”

Ke mana Anda pergi pada liburan terakhir Anda?

Cari tahu ke mana pasangan kencan Anda berlibur. Untuk lebih rinci, Anda perlu menanyakan ke mana dia saat terakhir kali berlibur. Ini akan memberitahu Anda bagaimana sifatnya, apakah ia suka dengan hal-hal yang mewah, menantang, atau sederhana.

“Selain itu, Anda harus menanyakan, bagaimana pasangan Anda membiayai dirinya selama berlibur,” kata Carolyn C. Van Tine, seorang pengacara perceraian di Boston, Massachusetts. “Pertanyaan ini akan membantu Anda mengetahui apakah pasangan kencan Anda memiliki utang dan bagaimana dirinya mengelola keuangan.”

Baca juga:  Ketimbang Menyesal, Simak Hal Ini Sebelum Tunda Kehamilan

Bagaimana hubungan terakhir Anda berakhir?

Sangat penting mengetahui latar belakang pasangan kencan Anda. Tanyakan apakah ia memiliki mantan dan bagaimana hubungannya berakhir dengan mantannya. Ini akan memberi petunjuk bagaimana pasangan kencan Anda bersikap dengan pasangannya di masa lalu.

“Saya akan bertanya kepada mereka bagaimana hubungan terakhir mereka berakhir. Jika penjelasan mereka adalah tentang bagaimana kesalahan orang lain, itu akan menunjukkan tanda red flag,” kata Donnelly. “Carilah seseorang yang bersedia mengambil tanggung jawab atas kegagalan hubungannya di masa lalu. Itu menunjukkan kerendahan hati, kejujuran, dan kemampuan mereka untuk belajar memperbaiki kesalahannya.”

Selain pertanyaan di atas, tanyakan juga bagaimana cara mereka berkomunikasi dan apa yang pernah mereka sesali di masa lalu. Ini akan membuat Anda semakin mengerti apa saja kekurangan dan kelebihan pasangan Anda.

[1] Fridha, Merry & Meria Octavianti. 2016. Konstruksi Makna Kencan di Situs Pencarian Jodoh Tinder (Studi Fenomenologi pada Pria Pengguna Tinder di Jakarta). Jurnal Nomosleca, Vol. 2(2): 1-14.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: