Tanpa Perlu Keahlian Khusus, Bisnis Es Krim Pot Bisa Dijalankan Siapapun

Es Krim Pot - (Sumber: resepmakansedap.com)Es Krim Pot - (Sumber: resepmakansedap.com)

Kesuksesan sebuah usaha memang dipengaruhi oleh kreativitas dan inovasi. Keberanian untuk mengeluarkan ide bisnis yang memiliki kesan aneh dan belum ada sebelumnya, kemungkinan besar akan menjadi usaha yang sukses untuk dijalankan. Apabila ide bisnis yang aneh tersebut bisa diterapkan dengan cara yang benar maka akan menghasilkan pundi pundi keuntungan yang tidak sedikit.

Pertengahan tahun 2015 lalu, bisnis dunia kuliner sempat dihebohkan dengan munculnya es krim dengan wadah pot bunga. Kehadiran es krim pot ini merupakan ide usaha yang kreatif dan sukses menarik minat konsumennya. Terbukti hingga saat ini, es krim pot masih digemari oleh konsumen dan dijadikan ladang bisnis oleh beberapa orang yang ingin menggeluti jenis usaha ini.

Es Krim Pot - (Sumber: resepmakansedap.com)

Es Krim Pot – (Sumber: resepmakansedap.com)

Umumnya, es krim dijual dengan model stik, cup maupun cone. Namun es krim pot ini berbeda karena memiliki bentuk es yang unik dengan ditempatkan dalam wadah pot bunga, dan disajikan dengan menu menu tambahan atau topping lainnya seperti, bubuk kacang, bubuk oreo, coklat, wafer, hingga jelly dan yang lainnya. Penambahan topping ini, selain untuk menambah kenikmatan cita rasa es krim juga digunakan sebagai pemercantik tampilan es krim pot.

Tampilan es krim pot yang kian hari kian unik membuat keberadaannya makin digemari, utamanya bagi pelajar yang gemar mencicipi ragam kuliner unik dan juga dalam kebutuhannya mengunggah postingan dalam Instagram. Bentuknya yang unik dan lucu menjadikan es krim pot ini dianggap instagramable. Banyaknya konsumen yang ingin tertarik untuk membeli es krim pot juga didukung oleh pebisnis yang menggeluti jenis usaha ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk berkecimpung dalam usaha kuliner ini, Anda bisa menjalankannya dengan mudah dan modal yang tidak terlalu tinggi. Bisnis es krim pot juga dapat dijalankan oleh siapa saja tanpa memerlukan keahlian khusus. Siapapun Anda dan apapun latar belakang Anda, asal memiliki modal dan niat dalam menjalankan usaha, maka Anda dapat memilih ide bisnis kreatif tersebut.

Es Krim yang Menyerupai Pot Bunga - (Sumber: prelo.co.id)

Es Krim yang Menyerupai Pot Bunga – (Sumber: prelo.co.id)

Berikut adalah perhitungan analisa bisnis es krim pot yang dilansir dari beberapa situs.

Jumlah investasi = Rp7.565.000

Baca juga:  Dibanderol Harga Rp 800 Ribuan per 20kg, Cat Tembok Dulux Dipercaya Anti Bocor

Total biaya tetap = Rp779.500

Total biaya variabel = Rp7.470.000

Total biaya operasional

Biaya tetap + biaya variabel = Rp8.249.000

Pendapatan per bulan

Penjualan rata-rata:

20 porsi x Rp20.000 = Rp40.000

Rp400.000 x 30 hari =Rp12.000.000

Keuntungan per bulan

Laba = Total pendapatan – total biaya operasional

Rp12.000.000 – 8.249.500 = Rp3.750.500

Lama balik modal

Total investasi / keuntungan = Rp7.565.000 : 3.750.500 = 2 bulan.

Merujuk pada perhitungan analisa tersebut dengan menggunakan asumsi penjualan es krim yang laku sebanyak 20 porsi, untuk satu porsi es krim yang dibanderol seharga Rp20.000. Maka Anda akan mendapatkan rata-rata penjualan es krim pot Rp400.00 per hari atau Rp3.750.500 per bulannya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bisnis es krim pot ini terbilang memiliki keuntungan yang menggiurkan dengan harga jual yang cukup terjangkau.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: