Tanda-Tanda Penuaan Pada Kulit & Bagaimana Cara Mengatasinya

tanda, penuaan, dini, pada, kulit, wajah, area, tubuh, usia, 20, 30, 40, gen, DNA, sel, lapisan, hal, yang, bisa, dilakukan, krim, lotion, pelembap, sunscreen, luar, rumah, air, berminyakIlustrasi: kulit sehat dan kencang, jauh dari masalah penuaan dini

Usia yang semakin menua tidak mungkin bisa dihindari. Pertambahan usia akan membawa dampak bagi tubuh, terutama kulit, area yang paling terlihat perubahannya. Perubahan pada wajah jika sudah memasuki usia di atas 40 tahunan biasanya akan mulai tampak kerutan, garis halus, dan tanda-tanda lainnya.

Pada dahi biasanya akan tampak adanya kerutan, telinga akan tampak lebih besar karena tulang rawannya tumbuh, jaringan ikat pada hidung yang mendukung tulang rawan mulai melemah.

Penuaan merupakan proses alami di mana proses pembaruan sel kulit dan produksi kolagen kita melambat, melemahnya struktur pendukung internal dan lapisan pelindung alami kulit. Kemerosotan proses pembaruan kulit, dikombinasikan dengan faktor lingkungan dan gaya hidup, seperti polusi, dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan muncul lebih dini.

Tanda-Tanda Penuaan Pada Kulit

tanda, penuaan, dini, pada, kulit, wajah, area, tubuh, usia, 20, 30, 40, gen, DNA, sel, lapisan, hal, yang, bisa, dilakukan, krim, lotion, pelembap, sunscreen, luar, rumah, air, berminyak

Ilustrasi: wanita muda usia 20-an

Umur 20an

Penuaan ternyata tidak hanya terjadi pada orang yang telah berusia di atas 40 tahunan, tetapi juga bisa terjadi pula pada orang yang masih berusia 20 tahunan. Di sekitar umur 20 tahun, tanda penuaan yang bisa diamati biasanya muncul di sekitar mata dalam bentuk kerutan di samping dan penurunan lipatan mata atas yang membuat mata terlihat lebih kecil. Garis halus juga mulai terbentuk di sekitar hidung dan bibir atas mulai merosot.

Tanda penuaan lainnya berhubungan dengan kurangnya perlindungan terhadap matahari. Melewatkan penggunaan sunscreen di umur 20an mempercepat kerusakan akibat matahari dari dalam, menyebabkan pembentukan bintik gelap di luar.

Paparan berkelanjutan terhadap sinar UV matahari yang berbahaya (photo-exposure) sebabkan produksi melanin jauh di dalam kulit yang terlalu banyak. Hal ini menyebabkan hiperpigmentasi, yang membuat kulit menjadi lebih gelap dan berwarna tidak rata, yang menjelaskan lingkaran gelap di bawah mata.

Umur 30an

Baca juga:  Penyebab & Cara Sederhana untuk Menghilangkan Ketombe di Alis

Tanda penuaan pada usia ini adalah munculnya garis halus dan memanjang yang terbentuk dari ekspresi wajah Anda.Garis ini akan menjadi lebih jelas tampak seiring dengan pertambahan usia. Garis kerutan di antara alis mulai terlihat. Garis tawa di sekitar hidung dan mulut terlihat lebih jelas, sebagian karena ulah gravitasi. Kulit akan mulai kehilangan volume serta elastisitasnya dan garis-garis ini makin jelas terlihat. Bibir atas juga terlihat semakin menipis.

Umur 40an ke atas

Di umur 40an, kulit akan terus kehilangan volume dan elastisitasnya, menyebabkan garis wajah dan lipatan-lipatan lebih kendur. Garis rahang yang semakin jatuh juga menyebabkan perubahan secara keseluruhan di wajah, membuat wajah terlihat lebih letih. Ini adalah tanda-tanda lebih lanjut dari penuaan kulit.

Cara kulit menua tergantung dengan jangka umur sel kulit yang tertulis di DNA. Tetapi, hingga 50% proses penuaan disebabkan oleh faktor lingkungan seperti kerusakan matahari dan merokok.

tanda, penuaan, dini, pada, kulit, wajah, area, tubuh, usia, 20, 30, 40, gen, DNA, sel, lapisan, hal, yang, bisa, dilakukan, krim, lotion, pelembap, sunscreen, luar, rumah, air, berminyak

Ilustrasi: penuaan kulit terjadi pada usia 40-an

Bagaimana gen di dalam DNA bisa menyebabkan penuaan pada kulit? Ternyata gen memainkan peran penting dalam proses penuaan secara alami. Gen juga menentukan kecepatan proses pembaruan sel yang menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan. Sekitar 50 persen penuaan ditentukan oleh gen. Sisanya berasal dari faktor lingkungan yang juga memiliki peran signifikan. Faktor dari luar yang berpengaruh antara lain paparan sinar matahari, pola makan, kebiasaan merokok, dan lainnya.

Penuaan secara alami memang akan terjadi pada kulit seiring pertambahan usia. Hal itu karena kerja sel punca yang produktivitas dalam hal penghasil sel awet muda menjadi rendah. Sel tersebut merupakan pabrik penghasil sel awet muda, yang memproduksi sel kulit muda dalam proses pembaruan sel hingga mencapai puncak masa muda, dan menurun setelahnya.

Sel punca tubuh memengaruhi kulit. Setiap sel kulit mempunyai umur tertentu, dan setelah itu menjadi sel mati. Jika sel kulit mati ini tidak digantikan dengan sel yang lebih muda di proses pembaruan sel, kulit menjadi kusam dari dalam dan kehilangan pancaran awet mudanya di luar. Proses pembaruan ini tertanam dalam DNA seseorang dan menentukan umur serta proses penuaan serta memengaruhi penampilan luar.

Seiring perlambatan proses pembaruan sel, kerusakan bertumpuk dalam epidermis dan pelindung kulit mulai menipis dan melemah, membuat epidermis lebih rentan terhadap iritasi serta kekeringan. Lapisan kedua kulit, dermis, yang lapisan pendukungnya terbuat dari kolagen dan elastin, dapat runtuh seiring waktu akibat kurangnya produksi kolagen.

Hal Yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Penuaan Dini

tanda, penuaan, dini, pada, kulit, wajah, area, tubuh, usia, 20, 30, 40, gen, DNA, sel, lapisan, hal, yang, bisa, dilakukan, krim, lotion, pelembap, sunscreen, luar, rumah, air, berminyak

Ilustrasi: aplikasi perawatan wajah mengatasi penuaan dini

Meskipun Anda terlihat lebih muda dari usia sebenarnya, perubahan yang berkaitan dengan usia akan tampak pada wajah. Tidak semua orang merasa nyaman dengan adanya perubahan pada wajah. Sehingga, disediakan beberapa treatment untuk mengatasi penuaan dini pada kulit. Apa saja hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi penuaan dini?

Memakai Sunscreen

Baca juga:  Studi: Ukuran Tubuh Pengaruhi Usia Para Wanita

Melindungi wajah Anda dari paparan sinar matahari merupakan hal yang penting. Sinar matahari juga bisa menjadi alasan mengapa penuaan dini sering terjadi pada kulit. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengaplikasikan sunscreen ketika Anda akan beraktivitas di luar rumah. Walaupun Anda berada di rumah, sunscreen juga sebaiknya digunakan.

Selain memakai sunscreen, pemakaian topi bertepi lebar, bisa juga dengan memakai kacamata. Hal ini berlaku bagi Anda yang beraktivitas di luar rumah. Jika di dalam rumah, Anda hanya perlu memakai sunscreen dan pelembap.

Pemakaian Krim dan Lotion

Pelembap bisa membuat kulit menjadi tidak kering, serta dapat membuat kerutan menjadi tersamarkan. Pelembap untuk wajah sebaiknya mengandung air sehingga tidak membuat wajah menjadi berminyak. Kandungan yang bisa dipilih antara lain gliserin yang bisa mengikat air yang ada di dalam tubuh.

Sementara itu, Anda bisa mengaplikasikan krim eksfolian yang dapat memperbaiki kulit dengan menyingkirkan sel-sel kulit mati yang tidak bisa mengelupas. Sebenarnya, kulit akan secara alami menghilangkan sel kulit mati. Akan tetapi, seiring pertambahan usia, kulit Anda memerlukan bantuan untuk melakukan hal tersebut. Sehingga, perlu adanya eksfoliator seperti berbentuk krim.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: