Tanda-tanda Hubungan Yang Tidak Sehat

tanda, hubungan, tidak, sehat, pasangan, komunikasi, komitmen, acuh, manipulatif, situasi, masalah, baik, belum, siap, mandiri, tergantung, waktu, terbaik, tidak, nyaman, kesehatan, emosional, diri, sendiri Pasangan saling mengacuhkan

Ketika Anda berada dalam , mungkin pada titik tertentu Anda menemukan tanda-tanda bahwa itu menjadi tidak . Hal yang membuat sulit untuk mengenali bahwa suatu hubungan mengalami masa sulit hingga menjadi susah diterima adalah bahwa semua hubungan akan melalui masa-masa sulit, yaitu ketika hari-hari menjadi tidak begitu menyenangkan.

Jadi, bagaimana Anda tahu kapan hubungan menjadi tidak sehat? Untuk membantu Anda memutuskan, pertimbangkan beberapa tanda berikut ini.

Waktu yang dihabiskan bersama membuat Anda merasa tidak nyaman dengan diri sendiri

Ada karakteristik tentang diri Anda yang harus dihargai, mungkin itu sifat dermawan, optimis atau kemampuan memasak Anda. Ketika meremehkan sifat-sifat itu dan membuat Anda merasa tidak dihargai, Anda mungkin akan merasa lebih buruk tentang diri sendiri karena berada dalam hubungan. Dan juga, hubungan menjadi sulit merasa bahagia dalam jangka panjang. Ketika pikiran dan perasaan negatif tentang Anda memengaruhi bagaimana Anda menilai diri sendiri, maka hubungan itu bisa jadi tidak baik atau tidak sehat.

Anda atau pasangan tidak mampu menjalin hubungan interdependen

Hubungan yang baik adalah hubungan yang mandiri sekaligus tergantung satu sama lain. Setiap pasangan merasa didukung sebagai individu yang independen dan didorong untuk bergantung pada yang lain. Ketika salah satu aspek hubungan ini hilang, hubungan itu melemah dan kemungkinan akan memburuk seiring waktu.

tanda, hubungan, tidak, sehat, pasangan, komunikasi, komitmen, acuh, manipulatif, situasi, masalah, baik, belum, siap, mandiri, tergantung, waktu, terbaik, tidak, nyaman, kesehatan, emosional, diri, sendiri

Ilustrasi: pertengkaran pasangan

Hubungan menjadi tidak sehat ketika setidaknya pasangan atau Anda melawan yang lain dengan yang sangat kuat. Bisa jadi bahwa pasangan yang sangat tergantung akan mengakibatkan perilaku mereka menjadi terkontrol dan bahkan mungkin berlaku selayaknya penguntit.

Bagi pasangan yang sangat menghargai kemandirian, mungkin saja mereka tidak terlibat secara emosional untuk pasangan mereka, dan bahkan mungkin akan menjadi kritis atau merendahkan pasangan. Jika Anda berada pada titik ini, hubungan Anda mungkin tidak baik bagi Anda. Dan, apa yang tidak baik bagi kesehatan emosional, seringkali tidak baik pula bagi kesehatan fisik Anda.

Pasangan belum siap berkomitmen

Pasangan sering menjadi tidak sinkron satu sama lain pada waktu yang berbeda. Namun, jika Anda tetap berada dalam suatu hubungan untuk waktu yang lama, berharap bahwa pasangan Anda akan berubah pikiran, maka Anda mungkin menemukan bahwa itu sangat membebani Anda. Pada titik tertentu, Anda mungkin perlu memutuskan untuk melanjutkan hubungan atau tidak, terlepas dari seberapa peduli Anda.

Anda menghadapi masalah yang bahkan lebih sulit jika pasangan mengatakan ingin berkomitmen, tetapi tidak melakukan apa-apa. Mungkin mereka berjuang dengan rasa takut akan komitmen yang dapat Anda dukung untuk mereka lakukan. Atau, mungkin mereka mencoba menjaga atau menyembunyikan sesuatu tanpa memedulikan perasaan Anda. Hubungan seperti itu kemungkinan akan terus berlanjut sampai mungkin menjadi tidak sehat sehingga Anda akan mengalami kerugian bagi diri sendiri apabila hubungan tetap dilanjutkan.

Anda dan pasangan tidak berkomunikasi dengan baik

tanda, hubungan, tidak, sehat, pasangan, komunikasi, komitmen, acuh, manipulatif, situasi, masalah, baik, belum, siap, mandiri, tergantung, waktu, terbaik, tidak, nyaman, kesehatan, emosional, diri, sendiri

Komunikasi tidak berjalan dengan baik

Komunikasi yang baik adalah kunci dalam membantu pasangan untuk menjadi dekat secara emosional. Juga, ketika ketegangan atau pertengkaran muncul, menjadi penting bahwa Anda berdua dapat berbicara dengan baik. Percakapan tidak perlu berjalan dengan lancar, tetapi Anda harus bisa bekerja sama untuk menjaga percakapan tetap di jalur. Jika tidak, ketegangan dan tekanan dari hubungan Anda akan menciptakan situasi yang tidak sehat.

Pasangan manipulatif

Untuk mengetahui apakah pasangan Anda termasuk yang manipulatif, bisa dilihat dari berbagai ciri, antara lain Anda selalu menjadi pihak yang salah. Manipulator memiliki keterampilan untuk membuat Anda merasa bersalah bahkan ketika sebetulnya Anda sendiri tidak bersalah. Mereka akan memutar fakta untuk membuktikan diri mereka benar, menjadi tegas, dan menaruh seluruh kesalahan pada Anda. Selain itu, pasangan yang manipulatif akan tahu apa yang harus dikatakan untuk mengguncang tingkat kepercayaan diri kita.

Ciri selanjutnya adalah acuh. Orang yang manipulatif, pada dasarnya tidak peduli dengan masalah yang mendera pasangannya. Mereka biasanya akan membuat banyak alasan hanya untuk menghindari diri dari masalah yang sedang dialami pasangan, bahkan hanya untuk memutuskan komunikasi secara cepat, atau bisa juga dengan cerdiknya langsung bicara soal masalah mereka sendiri.

tanda, hubungan, tidak, sehat, pasangan, komunikasi, komitmen, acuh, manipulatif, situasi, masalah, baik, belum, siap, mandiri, tergantung, waktu, terbaik, tidak, nyaman, kesehatan, emosional, diri, sendiri

Pasangan beradu argumen hingga drama

Pasangan yang manipulatif bisa juga dilihat dari sikapnya ketika sedang kalah berargumen. Biasanya, tipikal orang manipulatif akan mulai bermain secara emosional atau menunjukkan drama. Mereka mengetahui titik lemah pasangan sekaligus apa yang akan mengalihkan perhatian dari masalah utama.

Manipulator juga biasanya akan memaksakan keputusan dan pilihan mereka kepada Anda, dan selalu menempatkan atau kepentingan mereka. Mereka akan berusaha meyakinkan Anda sebagai pasangan untuk menuruti kemauannya, misalnya pilihan film mereka, restoran favorit, dan pada kenyataannya, mereka akan merencanakan seluruhnya sesuai keinginannya sendiri.

Ciri terakhir yang bisa dirasakan dari seseorang yang manipulatif adalah mengetahui waktu dan celah yang tepat untuk membuat Anda terkesan. Seorang manipulator adalah perayu hebat dan dapat berpura-pura peduli terhadap situasi tertentu. Jika berada dalam situasi di luar kontrol, orang seperti ini tidak akan segan-segan memanggil Anda dengan nama manis, memuji, bahkan berbicara tentang sifat-sifat terbaik dari diri Anda.

Meskipun tidak ada hubungan yang sempurna, penting untuk membedakan antara kebutuhan untuk menyelesaikan beberapa masalah dan berada dalam situasi yang pada dasarnya tidak sehat. Cara untuk menilai bagaimana situasi hubungan Anda sekarang, bisa dengan menempatkan diri Anda pada posisi mampu memperbaiki atau mengubah yang tidak sehat, baik secara langsung dengan pasangan Anda atau melalui terapi pasangan. Atau, dapat diambil keputusan apakah Anda harus mengakhirinya. Pilihannya terserah Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: