Tanda-tanda Anda Memiliki Gangguan Kecemasan yang Patut Diwaspadai

Gangguan Kecemasan - (Sumber: lampung.tribunnews.com) Gangguan Kecemasan - (Sumber: lampung.tribunnews.com)

Secara Psikologi, cemas dan khawatir merupakan hal yang normal dirasakan oleh semua orang, utamanya pada saat kita mengalami atau banyak beban pikiran. Namun, banyak hal yang diperhatikan dari rasa khawatir dan cemas berlebihan, baik rasa khawatir yang merupakan masalah pribadi seperti masalah pekerjaan maupun , hingga kekhawatiran terkait dengan isu-isu yang lebih besar seperti konflik politik atau bencana alam.

Sementara kecemasan memiliki fungsi yang baik untuk menghadapi sebuah ketidakpastian dan suatu hal yang membahayakan, tetapi terus-menerus merasa khawatir dan gugup mungkin merupakan tanda dari kecemasan umum.

Mungkin saja seseorang memiliki gangguan kecemasan umum ketika masih kanak-kanak atau ketika mereka sudah dewasa. Gangguan kecemasan umum memiliki gejala yang mirip dengan gangguan panik, obsesif-kompulsif, dan jenis lain dari kecemasan, tapi kondisi-kondisi ini cenderung berbeda.

Hidup dengan gangguan kecemasan umum ini dapat menjadi masalah jangka panjang, dan dalam kaitannya dalam berhubungan terhadap sesama. Beberapa kasus, gangguan kecemasan umum disertai dengan rasa cemas dan gangguan mood atau mood disorder.

Anda akan membutuhkan bantuan Anda untuk tahu pasti, tapi sementara jenis gangguan kecemasan yang timbul dari situasi tertentu, gangguan kecemasan umum ditandai oleh melemahkan khawatir dan gelisah tentang hal yang tidak terlalu penting bahkan tidak penting sama sekali.

Orang dengan gangguan kecemasan umum cenderung khawatir tentang hal-hal dalam kehidupan sehari-hari. Mereka tidak bisa menyingkirkan perasaan bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi dan mereka tidak akan siap. Mungkin wajar jika mereka khawatir untuk tidak bisa menepati janji,  kehilangan pekerjaan, atau mengalami kecelakaan. Beberapa orang dengan gangguan kecemasan umum terlalu sering mengkhawatirkan banyak hal.

Gejala fisik juga umumnya terjadi seperti jantung berdebar,mulut kering, sakit perut, ketegangan otot, berkeringat, gemetar, dan lekas marah. Ungkapan-ungkapan pada tubuh ini memberikan bukti bahwa kecemasan dapat memiliki efek negatif pada kesehatan fisik. Misalnya, orang dengan gangguan kecemasan umum berada pada risiko lebih besar untuk mendapatkan serangan jantung dan masalah kardiovaskuler lainnya.

Jika Anda memiliki gangguan kecemasan umum, dapat diatasi melalui terapi-terapi perilaku terutama perilaku kognitif atau konseling psikologis atau psikoterapi. Gangguan ini juga dapat membaik dengan menggunakan obat. Bagi beberapa orang, obat-obatan dapat menjadi bagian penting dari perawatan.

Obat-obatan sering diresepkan termasuk antidepresan, inhibitor reuptake serotonin selektif (seperti Prozac atau Zoloft) atau ganda serotonin dan norepinefrin reuptake inhibitor (seperti Effexor atau Cymbalta). Obat ini memakan waktu lebih lama untuk bekerja daripada obat anti-kecemasan tradisional, tetapi juga dapat memberikan gejala yang lebih besar dari waktu ke waktu.

Perasaan Cemas - (Sumber: life.viva.co.id)

Perasaan Cemas – (Sumber: life.viva.co.id)

Gejala gangguan kecemasan umum dapat bervariasi. Gejalanya dapat berupa:

  1. Kekhawatiran konstan atau obsesi terhadap hal (kecil atau besar) yang dikhawatirkan.
  2. Gelisah dan perasaan tegang.
  3. Kelelahan.
  4. Kesulitan berkonsentrasi atau pikiran ‘menjadi kosong’.
  5. Iritabilitas.
  6. Ketegangan otot atau nyeri otot .
  7. Gemetar, merasa gugup atau mudah kaget .
  8. Sulit tidur.
  9. Berkeringat, mual atau diare.
  10. Sesak napas atau detak jantung yang cepat.

Hal yang dapat meningkatkan gangguan kecemasan umum di antaranya:

  1. Berjenis kelamin perempuan. Perempuan yang didiagnosis dengan gangguan kecemasan umum memiliki jumlah dua kali lebih banyak daripada laki-laki dengan kondisi serupa.
  2. Trauma masa kanak-kanan. Anak-anak yang mengalami pelecehan atau trauma, atau menyaksikan peristiwa traumatis, berada pada risiko lebih tinggi terkena gangguan kecemasan umum.
  3. Penyakit. Memiliki kondisi kesehatan kronis atau penyakit serius, seperti kanker, dapat menyebabkan kekhawatiran konstan mengenai masa depan, dan keuangan anda.
  4. Stres. Sebuah peristiwa besar atau sejumlah kecil situasi stres dapat memicu kecemasan yang berlebihan.
  5. Kepribadian. Orang dengan tipe kepribadian tertentu lebih rentan terhadap gangguan kecemasan daripada yang lain. Selain itu, beberapa gangguan kepribadian seperti gangguan kepribadian borderline, juga sering dikaitkan dengan gangguan kecemasan umum.
  6. Genetika. Gangguan kecemasan umum dapat berjalan dalam keluarga (bersifat genetik)
  7. Penyalahgunaan zat. Penyalahgunaan narkotik atau alkohol dapat memperburuk gangguan kecemasan umum. Kafein dan nikotin juga dapat meningkatkan kecemasan.

Sebagian orang dengan gangguan kecemasan umum membutuhkan psikoterapi dan obat obatan untuk mengontrol kecemasan merak, namun perubahan gaya hidup dianggap penting dan mampu mengatasi permasalahan dengan baik. Olahraga adalah peredam stres yang efektif, dapat meningkatkan mood, dan dapat membuat anda sehat. Akan sangat baik jika anda dapat berolahraga secara rutin atau beraktivitas fisik di luar ruangan hampir setiap hari. Mulailah olahraga dalam jangka waktu yang lambat dan secara bertahap, anda dapat meningkatkan jumlah dan intensitas latihan.

Selain olahraga, dianjurkan untuk memiliki tidur dengan kualitas yang baik. Anda harus memastikan akan mendapatkan kualitas tidur yang cukup dengan melakukan apapun yang anda bisa. Menghindari alkohol dan obat penenang juga dianggap baik karena kedua obat tersebut dapat memperburuk gangguan kecemasan. Konsumsi makanan yang sehat dan hindari lemak, makanan bergula dan makanan olahan. Bisa juga untuk menyertakan makanan yang kaya akan omega 3, asam lemak dan vitamin B.

Anda juga dapat bekerjasama dengan penyedia kesehatan mental anda untuk mencari tahu apa yang membuat anda cemas dan kemudian, mengatasinya. Misalnya, jika keuangan adalah kekhawatiran anda, maka anda dapat berupaya untuk menyusun anggaran.

Bergabung dengan kelompok pendukung, karena bersama dengan kelompok pendukung, anda dapat menemukan kasih sayang, pengertian dan berbagi pengalaman. Anda dapat menemukan kelompok dukungan di sekitar lingkungan anda, dan ada juga beberapa kelompok dukungan yang tersedia di Internet.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: