Tanda Jerawat Akan Sembuh dan Proses Hilangnya Jerawat

Tanda, proses, jerawat, akan, sembuh, ciri, hilang, bekas, luka, bopeng, radang, kulit, wajah, wanita, obat, produk, cara, penyebab, muncul, masalah, flek, hitam, noda, penghilang, khasiat, komedo, Jerawat mulai sembuh dan berangsur-angsur hilang

merupakan satu masalah yang meski umum terjadi namun tetap saja mengganggu. Tidak hanya membuat menjadi tak nyaman karena rasa nyeri yang ditimbulkan, akan tetapi juga membuat penampilan wajah menjadi kurang enak dilihat. Bahkan jika yang diderita sudah cukup parah, bisa meninggalkan bekas berupa flek hitam atau bopeng. Hal ini tentu akan menurunkan tingkat kepercayaan diri.

Seringkali orang mempercayai mitos yang berkembang di masyarakat yang mengaitkan jerawat dengan masalah kebersihan atau akibat banyak mengonsumsi makanan berlemak. Pada dasarnya jerawat muncul akibat adanya sumbatan di saluran kelenjar minyak yang kemudian terinfeksi bakteri propionibacterium acnes. Kemudian terjadilah proses inflamasi atau peradangan, sehingga timbul jerawat,

Sementara jerawat yang kemudian tampak, baik itu yang berukuran kecil tanpa peradangan (komedo), yang meradang dan bernanah di puncaknya, hingga yang sebesar biji jagung atau umumnya disebut jerawat batu (cystic acne), pada dasarnya memiliki penyebab yang sama. Hanya tingkat keparahannya saja yang berbeda. Dan tingkat keparahan ini yang disumbang oleh berbagai latar belakang.

Penyebab Munculnya Masalah Jerawat

Terjadinya jerawat pada umumnya disebabkan oleh sejumlah faktor antara lain akibat adanya sumbatan, produksi minyak berlebih, atau infeksi bakteri. Namun, beberapa kondisi lain juga bisa memicu terjadinya jerawat. Terutama sangat berkaitan dengan kondisi tubuh dan perlakuan terhadap kulit wajah.

Faktor keturunan umumnya menjadi penyebab orang bisa berjerawat parah. Secara genetik, peluang berjerawat dapat diturunkan melalui sifat-sifat gen yang mempengaruhi kondisi kulit sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya jerawat. Misalnya, kelenjar minyak kulit yang overaktif dan perbedaan kemampuan regenerasi kulit yang tidak normal. Regenerasi sel kulit yang tidak normal menyebabkan penumpukan sel kulit mati pada pori. Kondisi ini tentu memperbesar kemungkinan terjadinya penyumbatan pada saluran kelenjar minyak kulit dan peradangan, karena aktivitas bakteri yang memang menyukai tumpukan lemak.

Tanda, proses, jerawat, akan, sembuh, ciri, hilang, bekas, luka, bopeng, radang, kulit, wajah, wanita, obat, produk, cara, penyebab, muncul, masalah, flek, hitam, noda, penghilang, khasiat, komedo,

Jerawat bermunculan akibat berbagai sebab (soymoda.net)

Faktor hormonal juga dapat memicu makin parahnya jerawat. Aktivitas hormonal yang meningkat seperti menjelang menstruasi atau di masa memasuki usia pubertas, membuat kelenjar minyak kulit menjadi overaktif. Namun hal ini hanya terjadi pada orang-orang tertentu yang kondisi kulitnya sangat berminyak. Jadi, perubahan hormonal tidak selalu menyebabkan seseorang jadi berjerawat.

Kemudian, konsumsi obat kortikosteroid (baik oral maupun topikal) yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga dapat menyebabkan jerawat mudah timbul karena aktivitas bakteri kurang baik yang meningkat. Nah, selain faktor-faktor internal tadi, jerawat juga bisa diperparah atau dipacu oleh faktor eksternal. Pada , penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation dapat memicu munculnya jerawat. Penggunaan kosmetik atau produk seperti pembersih wajah yang terlalu berminyak (mengandung minyak) dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Begitu juga penggunaan bedak yang mengandung foundation. Foundation yang terkandung pada bedak, menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

Cara Mengatasi Masalah Jerawat

Begitu banyak obat ataupun produk untuk menghilangkan jerawat yang ada di pasaran. Serangkaian produk tersebut tentu menawarkan berbagai keunggulan serta khasiatnya. Namun sayang, jika tak tahu dengan benar bagaimana cara ada apa yang diperlukan oleh masalah kulit kita, mengobati jerawat pun bisa menjadi tak efektif. Meskipun yang digunakan adalah produk dengan harga mahal.

Maka dari itu penting bagi Anda untuk memahami terlebih dulu apa kandungan setiap produk dan apa fungsinya untuk Anda. yang perlu diketahui juga adalah tidak semua obat atau produk khusus untuk jerawat berupa obat topikal, pasalnya meskipun jerawat merupakan masalah yang terjadi di permukaan kulit, Anda tetap membutuhkan perawatan secara oral atau obat jerawat yang diminum.

Tanda Jerawat Akan Sembuh dan Proses Hilangnya Jerawat

 

Tanda, proses, jerawat, akan, sembuh, ciri, hilang, bekas, luka, bopeng, radang, kulit, wajah, wanita, obat, produk, cara, penyebab, muncul, masalah, flek, hitam, noda, penghilang, khasiat, komedo,

Memencet jerawat hanya akan memperparah

Menghadapi masalah jerawat memang tak jarang membuat wanita cemas. Beberapa orang bahkan punya rasa ketakutan jerawatnya akan semakin meradang. Lalu malah buru-buru memencet jerawat. Padahal jika dipencet sembarangan justru bisa membuat infeksi dan berbekas. Seharusnya tak perlu khawatir berlebihan menghadapi jerawat, karena sebenarnya jerawat bisa sembuh dengan sendirinya, akan tetapi memang membutuhkan waktu cukup lama, hingga 2 minggu.

Apabila Anda belum sempat untuk bekonsultasi pada dokter perihal menyembuhkan jerawat sebaiknya biarkan saja dan jangan memegang atau memencetnya. Perlahan jerawat akan sembuh dan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi, menggunakan obat-obatan untuk mengatasi jerawat pun tak ada salahnya, karena dapat berfungsi meredakan keluhan yang menyertai jerawat. Namun sekali lagi, pahami betul kebutuhan akan jenis obat yang tepat.

Dari awal muncul, jerawat semakin lama akan semakin membesar karena kuman dan bakteri di dalamnya yang juga semakin banyak. Biarkan jerawat tumbuh membesar hingga akhirnya berhenti dan tidak bertambah besar lagi. Tanda awal jerawat akan sembuh adalah jika jerawat sudah berhenti membesar. Tetapi ukuran jerawat yang segera sembuh biasanya sangat besar seperti bisul dan mengganggu penampilan. Bersabarlah sebentar saja, karena dalam 1 atau 2 hari jerawat akan sembuh dan hilang.

Tanda lainnya adalah adanya rasa perih seperti luka yang terbuka. Rasa perih ini tentunya membuat Anda tidak nyaman. Namun, rasa perih ini juga muncul sebagai pertanda jerawat sudah matang, jerawat siap untuk sembuh dan hilang dalam waktu dekat. Selain itu, ciri lain jerawat akan segera sembuh adalah rasa gatal pada jerawat yang biasanya disebabkan oleh jumlah bakteri yang semakin banyak. Rasa gatal ini hanya perlu didiamkan. Karena pada fase ini kulit akan lebih sensitif sehingga Anda tak perlu tergoda untuk menyentuhnya, karena justru akan menimbulkan bekas luka berwarna hitam.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: