5 Jenis Tanaman Hias Gantung Daun untuk Mempercantik Teras Rumah

tanaman hias gantung daun, petuniasumber: dekoruma.blog

Tanaman hias gantung kerap diminati oleh pemilik rumah, terutama di perkotaan. Menumbuhkan tanaman di perkotaan kini menjadi tren yang mulai meningkat. Sebab, makin besar kota yang ditinggali, makin tinggi pula polusi. Tentulah kita harus mencegah hal ini, agar tetap hidup sehat dan nyaman.

Salah satu cara paling mudah, ya, membuat rumah kita jadi lebih segar terlebih dulu. Semua dimulai dari dalam. Apabila rumah kita sudah hijau, segar, dan terasa sejuk tanpa AC, maka kita pun juga ikut merasakan manfaatnya. Asupan oksigen jadi lebih banyak sehingga pikiran juga jadi lebih tenang dan damai.

Nah, tanaman hias gantung bisa lho dijadikan penunjang oksigen. Sebab, tanaman ini mampu meningkatkan sirkulasi udara di dalam rumah. Lalu, apa saja jenis-jenisnya yang mudah ditanam di rumah? Mari kita mulai.

1. Sirih Gading

sirih gading

sumber: malangtoday.net

Sirih gading punya manfaat bukan hanya sebagai penghias ruang, tetapi juga untuk kesehatan. Sirkulasi udara dalam rumah akan jadi lebih lancar dan bersih. Sebab, tanaman sirih gading mampu menyerap zat-zat beracun yang ada di udara. Seperti misalkan, polusi udara akibat asap rokok atau asap dapur.

Baca juga:  Dengan Sensasi Rasa Segar, Olahan Kolang Kaling Banyak Diminati Masyarakat

Karena itu, tanaman ini sangatlah cocok dipasang di dalam rumah untuk menetralisir udara agar lebih bersih dan sehat. Untuk perawatannya, sirih gading bisa ditanam di dalam botol plastik. Media tanamnya bisa menggunakan tanah ataupun air. Cukup mudah dan praktis, juga bermanfaat untuk kesehatan kita.

2. Petunia

tanaman hias gantung daun, petunia

sumber: dekoruma.blog

Tanaman selanjutnya adalah bunga petunia. Bunga ini memiliki ukuran 15-30 cm untuk tingginya. Warna-warni bunga petunia menjadikannya khas dan terlihat cantik. Ada varietas yang beragam, seperti warna ungu, biru, kuning, putih, hingga merah. Mahkota bunganya berbentuk menyerupai terompet.

Bunga petunia sangat cocok apabila ditempatkan di luar rumah, karena mendapat sinar matahari yang cukup. Perawatan bunga ini cukuplah mudah, yakni ditempatkan dalam media tanam gantung, lalu disiram rutin tiap pagi dan sore hari. Namun sayangnya, tumbuhan ini apabila sudah berbunga sekali, maka tidak akan berbunga lagi.

Baca juga:  Sepele Tapi Menguntungkan, Ini Tips Merintis Bisnis Persewaan Mainan Anak

3. Anggrek

anggrek

sumber: satujam.com

Buat kamu yang ingin suasana rumah jadi lebih segar, maka tanaman hias bunga anggrek sangatlah cocok untuk ditanam. Bunga ini dapat hidup di dalam pot, atau juga bisa di pagar atau dinding. Namun untuk perawatannya, agaknya kita perlu sedikit intens merawat tanaman anggrek.

Sebab, bunga anggrek termasuk butuh perhatian khusus. Penyiraman dilakukan dua kali sehari, pagi dan sore, saat musim kemarau. Sementara saat musim hujan, sebaiknya diteduhkan karena akarnya yang sensitif apabila kebanyakan air. Begitu pula, bunga anggrek sebaiknya tidak terkena sinar matahari langsung.

4. Kaktus Anggur

kaktus anggur

sumber: dekoruma.blog

Tanaman yang bisa kamu koleksi selanjutnya adalah kaktus anggur. Dinamakan kaktus anggur karena daunnya yang mungil-mungil dan menggerombol. Gerombolan daun mungil ini menyerupai gerombolan buah anggur. Lucu dan menggemaskan sehingga menyedapkan pandangan.

Perawatan yang perlu dilakukan juga cukup mudah, tidak seperti anggrek yang butuh perhatian khusus. Tanaman ini termasuk ke dalam tanaman hias daun. Bisa ditanam dengan pot gantung yang akan mempercantik tampilan rumah. Perlu dicatat, tanaman ini tidak berbunga, dan hanya menampilkan keindahan daunnya.

Baca juga:  Buah Yang Termasuk Dalam Kelompok Berry, Dipercaya Mengandung Antioksidan Terbanyak

5. Begonia

begonia

sumber: dekoruma.blog

Begonia termasuk ke dalam tanaman hias yang mudah tumbuh di iklim tropis. Baik di dalam maupun luar ruang. Sehingga kamu bisa manfaatkan tanaman ini untuk mempercantik dan menyegarkan rumah. Bisa ditanam di dalam pot yang digantung, ataupun ditanam di lahan langsung. Semua sesuai selera kamu.

Namun kita kali ini bicara tentang tanaman gantung, maka bunga ini cocok diletakkan di kanopi garasi depan atau teras rumah. Perlu diperhatikan saat penyiraman tanaman. Saat musim kemarau, intensitas penyiraman naik. Apalagi saat tanaman ini berbunga dan tumbuh daun yang lebat.

Nah, itu dia tadi beberapa tanaman hias gantung yang bisa kamu koleksi di rumah. Jadikan rumah sebagai tempat pertama mendapatkan kesejukan. Jangan sampai, di kantor sudah jenuh, ditambah rumah yang panas dan tidak sejuk.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: