Tak Perlu yang Mahal, Ini Cara Buat Lulur Alami Sendiri di Rumah

Luluran - aquaspawellness.com

Saat ini memang sudah banyak produk lulur atau scrub buatan pabrik yang dikemas dalam berbagai merek dan bentuk. Menggunakan lulur buatan pabrik memang relatif lebih praktis, karena cukup dioles saja ke seluruh tubuh. Namun bahan-bahan yang terkandung dalam lulur buatan pabrik tersebut tentunya sudah dicampur dengan bahan kimia tertentu untuk membuatnya lebih tahan lama.

Nah, bila Anda tak ingin menyiksa kulit Anda dengan penggunaan produk berbahan kimia secara terus-menerus, tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di dapur misalnya. Bahan-bahan alami seperti kunyit, beras, bengkoang, kopi, atau bahkan gula ternyata bisa Anda buat jadi lulur alami yang manfaatnya baik untuk kesehatan kulit Anda.

Luluran - ratululurspa.blogspot.co.id

Luluran – ratululurspa.blogspot.co.id

Aktivitas luluran ini juga akan terasa lebih menyenangkan jika Anda mengajak sahabat atau saudara Anda untuk luluran bersama. Terlebih Anda juga bisa saling meminta bantuan untuk mengoleskan lulur di area-area yang sulit dijangkau seperti di punggung atau sebagainya. Berikut ini informasi lengkap cara buat lulur alami yang bisa Anda coba di rumah.

Lulur Beras dan Madu

Beras ternyata memiliki sejumlah kebaikan selain untuk mengenyangkan perut Anda. Kandungan nutrisi pada madu dan beras ternyata dapat membantu memutihkan sekaligus menghaluskan kulit Anda.

Cara mengolah beras dan madu menjadi lulur pun cukup mudah, Anda bisa menggunakan tepung beras atau beras yang telah ditumbuk halus sebanyak setengah gelas, kemudian campurkan dengan beberapa sendok madu. Aduk kedua bahan ini agar tercampur rata dan teksturnya menyerupai pasta. Kemudian oleskan lulur alami tersebut ke seluruh badan hingga merata. Biarkan lulur mengering hingga 30 menit, lalu bersihkan tubuh Anda.

Lulur Gula

Mungkin selama ini Anda hanya memanfaatkan gula sebagai pemanis minuman, kue, atau sebagainya. Bahan yang hampir selalu ada di dapur ini ternyata dapat Anda fungsikan sebagai lulur alami lho! Wah, seperti apa ya caranya?

Anda cukup mencampurkan 5 sendok makan madu asli, 3 sendok makan gula putih kasar. Lalu aduk keduanya hingga tercampur rata dan gosokkan ke sekujur tubuh, terutama bagian siku, tumit, lutut, atau area lain yang membutuhkan perlakuan ekstra. Gosokkan lulur gula ke tubuh dengan gerakan memutar sembari dipijat lembut. Biarkan selama 30 menit, dan bilas tubuh Anda dengan air hangat.

Selain rasanya manis, gula memiliki manfaat untuk membuat kulit tampak lebih putih, halus, dan bersinar. Gula disebut-sebut mampu mengangkat sel kulit mati, menghaluskan kulit yang kasar, serta mengontrol produksi minyak pada kulit.

Lulur Kunyit

Bahan satu ini juga punya manfaat yang beragam untuk tubuh. Sejak dulu kunyit sudah banyak dipakai sebagai bahan perawatan oleh para putri keraton. Akan tetapi kini kunyit bisa digunakan siapa saja cukup dengan menyediakannya di rumah. Kunyit bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati, membuat tubuh Anda menjadi rileks karena memperlancar aliran darah, hingga menghaluskan badan, menghilangkan bau badan, dan menghilangkan gatal-gatal karena jamur.

Untuk membuat lulur alami dari kunyit, Anda cukup menyiapkan 2,5 sendok makan tepung beras, 3 ruas jari kunyit, 1 ruas jari kencur, 1 ruas jari temugiring, ΒΌ lembar daun pandan yang diiris tipis-tipis, serta air secukupnya. Blender atau haluskan semua bahan tadi hingga teksturnya berubah jadi pasta kental, lalu tuangkan dalam mangkuk kecil.

Oleskan lulur kunyit pada seluruh tubuh Anda secara merata, diamkan sampai setengah kering. Jika sudah setengah kering, Anda bisa menggosok lulur dengan gerakan memutar dan biarkan sel-sel kulit mati Anda rontok bersama dengan lulur yang telah mengering tadi. Jika sudah, Anda bisa membilas tubuh dengan air hangat.

Lulur Kopi

Kopi sejak lama dikenal sebagai bahan yang dapat mengurangi keriput, menghaluskan kulit, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan bau badan, dan meminimalisir produksi minyak di kulit. Tak heran jika kini sudah banyak produk perawatan tubuh maupun kulit yang memasukkan kopi di dalamnya

Nah, daripada membeli produk skincare buatan pabrik, tak ada salahnya untuk membuat sendiri lulur alami dari bahan kopi di rumah. Anda tinggal menyiapkan sebuah wadah bersih, kemudian masukkan 2 cangkir kopi bubuk, 3 sendok makan minyak zaitun, dan 1 cangkir oatmeal. Aduk ketiga bahan tersebut sampai merata dan wujudnya menyerupai pasta.

Kemudian oleskan lulur kopi ke seluruh tubuh sembari dipijat lembut dengan gerakan memutar agar kotoran yang tertinggal di kulit Anda pun bisa turut terangkat. Setelah dioleskan ke seluruh tubuh, biarkan lulur kering sampai 30 menit. Baru kemudian Anda bisa membilasnya dengan air hangat.

Lulur Kopi - meramuda.com

Lulur Kopi – meramuda.com

Lulur Kayu Manis

Kayu manis selama ini kerap dijadikan bahan pendamping untuk membuat kudapan atau minuman. Aromanya yang menenangkan ini rupanya juga bisa dimanfaatkan menjadi lulur alami yang manfaatnya baik untuk kulit Anda.

Anda cukup menyiapkan 1 sendok teh minyak sayur dan 1 sendok teh madu, lalu campurkan dengan 2 makan jahe bubuk, 2 sendok makan kayu manis bubuk, dan 1 sendok makan soda. Anda juga bisa menambahkan 5 sendok teh ekstrak vanila ke dalam campuran bahan tersebut. Aduk semuanya hingga tekstur berubah menjadi pasta.

Aplikasikan lulur kayu manis ini ke seluruh tubuh Anda dengan cara dioles, lalu diamkan sekitar 20 menit, dan bilas dengan air hangat. Lulur kayu manis ini dapat membantu Anda lebih rileks dan menghaluskan kulit sekaligus membuat kulit Anda lebih wangi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: