Tak Perlu Khawatir Akan Layu, Ini Cara Mudah Mengawetkan Bunga Potong

Bunga anggrek segar Bunga anggrek segar

Menghiasi ruangan di rumah dengan aneka biasanya dilakukan pada momen tertentu, misalnya hari raya, dan pertunangan. Sayangnya dalam hitungan hari, bunga potong tersebut akan layu dan mengering. Daripada dibuang percuma, Anda bisa membuat tampilan bunga potong tetap segar dengan cara mengawetkannya.

Mengawetkan bunga potong bisa dilakukan dalam berbagai cara. Agar tidak layu dan bisa disimpan selama berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, bunga harus diawetkan dengan bahan-bahan khusus.

Seniman bunga, Andy Djati Utomo mengatakan, ada dua cara untuk mengawetkan bunga. Kedua cara itu di antaranya preserved flowers (bunga yang diawetkan) dan dried flowers (bunga yang dikeringkan).

Preserved flowers biasanya masih memiliki tekstur asli bunga. Namun, dan aroma aslinya akan pudar dan menghilang. Sementara dried flowers adalah bunga yang dikeringkan dengan menghilangkan kadar airnya sehingga tekstur yang dimiliki cenderung crispy dan mudah hancur ketika dipegang.

Waktu paling tepat untuk mengawetkan bunga adalah ketika bunga hendak mekar penuh. Nah, pada saat proses pengawetan, jauhkan bunga dari sinar matahari.

Meletakkan bunga di tempat yang sejuk dan jauh dari aliran udara, secara signifikan sudah cukup membantu. Untuk hasil terbaik, tambahkan asam dan gula pada wadah/vas bunga, dan jaga agar wadah tetap bersih serta membebaskannya dari bakteri dan jamur menggunakan pemutih atau mikrobisida (kuman penghancur mikroba) jenis lain.

Cara Mengawetkan Bunga Potong

Gliserin

Anda juga dapat mengawetkan bunga potong dengan menggunakan gliserin agar bunga lebih awet. Caranya, ketuk ujung batang bunga menggunakan martil. Langkah ini dilakukan untuk membuat bisa menyerap gliserin secara maksimal.

Ilustrasi: pengawetan bunga dengan gliserin

Ilustrasi: pengawetan bunga dengan gliserin

Siapkan beberapa bahan, seperti bunga potong segar, gliserin, palu, dan wadah sekali pakai (misalnya kardus bekas). Untuk gliserin, Anda bisa membeli bahan kimia ini dari toko bahan kimia atau apotik terdekat.

Gliserin dapat mengawetkan bunga dengan tetap mempertahankan warna, bentuk dan tekstur bunga seperti semula. Bunga mawar sangat mudah menyerap gliserin, sehingga meski mengering, tekstur kelopak bunganya tidak berubah sama sekali.

Langkah pertama, potong bunga segar di pagi hari. Potong batang bunga minimal 15 sentimeter atau lebih sesuai selera Anda. Kemudian buka kelopak bunga ke posisi yang ideal agar tampak bagus ketika dikeringkan. Untuk hasil terbaik, segera keringkan dengan gliserin karena bunga layu tampak kurang bagus jika dikeringkan.

Kemudian, palu ujung batang bunga menggunakan martil. Langkah ini dilakukan untuk membuat tanaman bisa menyerap gliserin secara maksimal. Buat campuran air hangat dan gliserin. Buat rasio air dan gliserin dua berbanding satu. Kemudian panaskan cairan ini dengan suhu rendah di atas kompor dan rebus sampai gliserin larut.

Tuang larutan air gliserin ini ke dalam wadah sekali pakai, misalnya kardus susu bekas. Rendam batang bunga ke dalam larutan air gliserin dengan kedalaman setidaknya enam inci. Jika jumlah larutan berkurang karena diserap bunga, tambahkan lagi larutan ke dalam wadah. Anda harus sabar menunggu setidaknya enam minggu hingga larutan gliserin menyerap sempurna ke dalam bunga.

Sembari proses ini berlangsung, batang dan bunga akan berubah warna menjadi cokelat secara perlahan. Pada bagian kelopak, warna merah mawar biasanya tidak berubah, hanya menjadi sedikit gelap. Tekstur kelopak juga akan nampak sedikit lunak seperti lilin.

Gantung bunga dengan posisi terbalik ketika larutan gliserin terserap sempurna. Posisi terbalik ini akan menarik bunga dengan gaya gravitasi ke bawah. Dengan demikian gliserin akan semakin menyerap sempurna ke seluruh kelopak bunga dan mencegah kelopak menjadi keriting.

Hairspray

Selain gliserin, ternyata spray rambut juga memiliki fungsi ganda untuk menjaga bunga potong tampak segar. Akan tetapi, daya tahannya tidak sepanjang jika menggunakan gliserin. Hairspray hanya menambah usia bunga lebih panjang beberapa hari. Kesegaran bunga akan tetap terjaga jika Anda rutin menyemprot bunga dengan hairspray.

Ilustrasi: semprot bunga dengan hairspray (sumber: instructables.com)

Ilustrasi: semprot bunga dengan hairspray (sumber: instructables.com)

Pertama, siapkan bunga potong segar dan hairspray. Kemudian semprot bunga dengan jarak sejauh beberapa sentimeter dari permukaan. Jangan terlalu dekat, karena bahan kimia yang terkandung dalam hairspray dapat merusak bunga.

Kemudian, gantung bunga dengan posisi terbalik hingga hairspray mengering sempurna. Gantung di lokasi yang mendapat asupan angin cukup. Terakhir, rangkai bunga di dalam vas dan Anda bisa mengulang langkah tersebut setiap beberapa hari sekali untuk menjaga bunga tampak segar.

Pengeringan beku (freeze drying)

Prinsip pengeringan beku adalah menghilangkan kandungan air dalam suatu bahan yang telah membeku tanpa tahapan fase cair, melainkan dengan sublimasi. Anda bisa membawanya ke perusahaan yang memiliki alat untuk pengeringan beku ini.

Proses ini memang rumit dan mahal, tapi hasilnya akan sangat memuaskan karena bunga bakal tetap hidup dengan tampilan, warna, dan aroma yang tidak berubah. Sayangnya, kondisi bunga beku yang rapuh dan mudah rusak membuat Anda perlu memberikan perhatian ekstra.

Benda berat

Letakkan kertas penyerap di sekitar bunga, lalu taruh di tengah buku yang tebal (buku telepon atau ensiklopedi). Lantas, tekan bunga dengan buku dan beberapa benda berat lain selama 2-4 pekan. Jangan lupa untuk membingkai bunga agar tetap . Metode ini sangat mudah dilakukan dan cocok untuk bunga yang kecil serta tipis. Bunga pun akan mempertahankan warna dan teksturnya. Hanya saja, pengawetan dengan cara ini membuat bunga lebih tipis.

Gula

Gula juga bisa membuat bunga bertahan lebih lama, terutama bunga mawar. Boleh dibilang bahwa gula adalah pupuk alami meskipun jika dipakai berkali-kali bisa menimbulkan jamur pada bunga. Cara menggunakan gula sebagai pengawet bunga alami adalah tambahkan ¼ sendok teh gula ke dalam vas berisi air dan bunga. Jika ingin mengganti air bunga, ganti saja dan tambahkan lagi ¼ sendok teh gula ke dalam vas tersebut. Cara membuat bunga agar awet dengan gula ini cukup ampuh dan murah karena bunga bisa bertahan hingga 9 hari dengan metode ini.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: