Tak Hanya Sekadar Penyakit Kulit, Psoriasis Bisa Sebabkan Masalah Serius?

Gejala, penyebab, masalah, kulit, gatal, bercak, merah, kondisi, kesehatan, fisik, mental, obesitas, perokok, olahraga, jenis, sendi. Jantung, pasien, rumah, sakit, perawatan, inap, gangguan, depresi, stres, diagnosis, survei, ras, etnis, diet, gemuk, nyeri, Harvard, Medical, SchoolPsoriasis pada lutut membuat gatal (sumber: health.com)

Rasa gatal, terbakar atau nyeri, bercak merah pada kulit disertai dengan adanya sisik keperakan, sendi bengkak dan kaku, kulit menebal, kuku menjadi kasar, kulit kering dan pecah-pecah yang bisa berdarah, adalah ciri-ciri klasik tentang gangguan bernama psoriasis.

Psoriasis sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti kondisi gatal atau bersisik. Akan tetapi psoriasis kadang-kadang bisa mengambil bentuk yang berbeda, lebih serius, dan telah dikaitkan dengan masalah kesehatan fisik dan mental lainnya.

Menurut sebuah laporan dalam edisi Juli American Journal of Preventive Medicine, psoriasis adalah masalah kesehatan masyarakat yang besar, yang mempengaruhi hampir 7 juta orang dewasa di Amerika Serikat. Laporan itu, berdasarkan survei terhadap 10.676 orang dewasa, menemukan bahwa kulit putih non-Hispanik jauh lebih mungkin memiliki psoriasis daripada kelompok ras atau etnis lain. Orang yang lebih tua, obesitas, dan mantan perokok juga lebih mungkin memiliki diagnosis psoriasis.

Kebanyakan orang — 82% — mengatakan bahwa mereka hanya memiliki sedikit atau hanya bentuk psoriasis ringan, yang berarti bahwa 2% atau kurang dari permukaan tubuh mereka terpengaruh (area yang ditutupi oleh telapak tangan Anda sama dengan sekitar 1% dari permukaan tubuh Anda). Sekitar 18% melaporkan penyakit sedang hingga berat, yang didefinisikan sebagai menutupi 3% atau lebih dari permukaan tubuh Anda. Namun dalam beberapa kasus yang parah, sebanyak setengah dari permukaan tubuh seseorang dapat dilibatkan. Dan hampir sepertiga orang dengan psoriasis mengembangkan psoriatic arthritis, yang menyebabkan kaku, nyeri sendi dan gejala melemahkan lainnya.

Baca juga:  Produk La Tulipe Cover Foundation For Oily Skin, Alas Bedak Yang Tahan Air

Orang dengan psoriasis juga secara signifikan lebih memiliki ‘tekanan mental’ dan sekitar 1,5 kali lebih mungkin untuk melaporkan depresi ringan hingga berat dibandingkan mereka yang tidak menderita penyakit. Tapi masalah suasana hati ini bisa lebih dalam dari sekadar tidak senang memiliki penyakit kulit yang tak sedap dipandang, kata Dr. Suzanne Olbricht, sebagai profesor dermatologi di Harvard Medical School.

“Dua puluh tahun yang lalu, kami menganggap psoriasis sebagai penyakit kulit yang kadang-kadang mempengaruhi sendi. Namun dalam lima tahun terakhir ini, menjadi sangat jelas bahwa psoriasis adalah kondisi peradangan, ”kata Dr. Olbricht.

Gejala, penyebab, masalah, kulit, gatal, bercak, merah, kondisi, kesehatan, fisik, mental, obesitas, perokok, olahraga, jenis, sendi. Jantung, pasien, rumah, sakit, perawatan, inap, gangguan, depresi, stres, diagnosis, survei, ras, etnis, diet, gemuk, nyeri, Harvard, Medical, School

Ilustrasi: dokter ahli penyakit kulit

Orang dengan psoriasis lebih cenderung memiliki kondisi lain yang terkait dengan peradangan, termasuk penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan penyakit radang usus seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. “Jika Anda memiliki penyakit yang menciptakan peradangan yang cukup yang mempengaruhi hati Anda, juga sangat sulit bagi otak Anda untuk berfungsi dengan baik,” kata Dr. Olbricht. Depresi yang orang dengan psoriasis sering alami bukan hanya akibat tidak menyukai penampilan mereka, dia percaya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penurunan berat badan dan olahraga berat, yang keduanya membantu memerangi peradangan, dapat membantu menggagalkan psoriasis. Tahun lalu, sebuah studi di JAMA Dermatology menemukan bahwa wanita gemuk dengan psoriasis yang kehilangan berat badan pada diet rendah kalori melaporkan iritasi kulit yang lebih sedikit dan kualitas hidup yang lebih baik.

Baca juga:  Obsesi Miliki Kulit Putih, Produk Masker Pemutih Wajah Laris di Pasaran

Data dari Nurses ‘Health Study menemukan bahwa wanita yang berolahraga dengan penuh semangat jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan psoriasis daripada mereka yang berolahraga pada tingkat sedang atau lebih rendah (olahraga yang berat sama dengan 105 menit berlari atau 180 menit berenang atau bermain tenis per minggu). Studi yang dipublikasikan dalam Archives of Dermatology pada 2012, dipimpin oleh profesor dermatologi Harvard Medical School, Dr. Abrar Qureshi.

Bahkan jika Anda tidak dapat mengatur tingkat intensitas itu, jumlah olahraga apapun akan bermanfaat. Olahraga dan pilihan gaya hidup lainnya, seperti menghindari tembakau, mengambil langkah untuk mengurangi stres, dan makan makanan sehat, dapat membantu menjaga kulit Anda tetap sehat — dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, serta kesejahteraan dalam hidup.

Jenis Psoriasis Berdasarkan Bentuk dan Luas Sebaran

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh autoimun, atau kondisi sel kekebalan tubuh menyerang sel yang sehat. Secara umum, ditandai dengan munculnya bercak merah di kulit. Ada beberapa jenis psoriasis yang dibagi berdasarkan bentuk maupun luas sebarannya, seperti dipaparkan dr. Githa Rahmayunita, SpKK kepada Kompas pada peringatan Hari Psoriasis Sedunia.

Gejala, penyebab, masalah, kulit, gatal, bercak, merah, kondisi, kesehatan, fisik, mental, obesitas, perokok, olahraga, jenis, sendi. Jantung, pasien, rumah, sakit, perawatan, inap, gangguan, depresi, stres, diagnosis, survei, ras, etnis, diet, gemuk, nyeri, Harvard, Medical, School

Psoriasis vulgaris (sumber: psoriasis.nl)

Psoriasis vulgaris

Vulgaris merupakan tipe psoriasis berupa plak yang paling sering ditemui. Tanda-tandanya berupa bercak merah, bersisik kasar, bercak merah yang tebal, atau warna putih transparan. Ukuran bercak merah yang muncul bervariasi, mulai dari sebesar biji jagung hingga telapak tangan.

Baca juga:  ‘Body-focused Repetitive Behaviors’, Kebiasaan Buruk yang Mengganggu Kesehatan

Lokasi psoriasis bisa di kulit kepala, siku, dan lutut dengan jumlah hanya satu atau bahkan tidak terhitung. Biasanya juga disertai rasa gatal yang ringan. Bisa muncul di kepala dulu selama bertahun-tahun, kemudian muncul di daerah lain.

Psoriasis gutata

Psoriasis ini lebih sering menyerang anak-anak. Bentuknya seperti tetesan atau disebut guttate, berbentuk bulat atau lonjong, dan berdiameter 2-6 mm. Psoriasis ini bisa muncul di badan, lengan, dan kaki. Sering kali, namun tidak selalu, tipe ini dipicu infeksi bakteri streptococcus grup A.

Psoriasis inversa

Psoriasis jenis ini memiliki ciri bercak merah yang munculnya di lipatan-lipatan kulit, seperti selangkangan, ketiak, dan leher. Selain bercak merah, bisa juga terlihat seperti berkilat, dan bersisik. Psoriasis tipe ini terkadang tak disadari karena secara fisik tidak terlalu terlihat.

Psoriasis pustulosa

Psoriasis ini berbentuk seperti jerawat atau berupa lenting yang berisi nanah. Ada dua tipe psoriasis pustulosa. Pada tipe lokalisata, lenting muncul di telapak tangan maupun kaki. Jenis ini tidak disertai demam atau menggigil. Kedua, yaitu tipe generalisata. Tipe ini berupa bercak merah berisi nanah dan munculnya hampir di seluruh tubuh. Juga ada rasa nyeri terbakar. Biasanya pasien perlu rawat inap.

Eritroderma psoriatika

Ini adalah jenis psoriasis yang paling berat. Muncul bercak kemerahan dan bersisik di seluruh tubuh. Pasien juga akan mengalami demam dan menggigil. Pasien psoriasis jenis ini biasanya membutuhkan perawatan inap di rumah sakit.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: