Bagaimana Tahapan Make Up Artist yang Benar untuk Pemula?

Tahapan Make Up Artist - www.tspasanjose.com Tahapan Make Up Artist - www.tspasanjose.com

Bagi kaum Hawa, make up bukan lagi hal yang bisa dianggap remeh. Bisa dibilang, semakin bagus tampilan make up yang digunakan, maka semakin tinggi pula harga diri wanita tersebut. Untuk mendapatkan hasil riasan yang berkualitas, biasanya para wanita akan pergi ke salon atau menggunakan jasa make up artist (MUA). Sebagai make up artis profesional, tentunya memiliki cara merias wajah dengan tahapan khusus dan tidak bisa sembarangan.

Dalam merias wajah, para make up artist akan menggunakan berbagai macam peralatan serta kosmetik. Kosmetik sendiri merupakan bahan yang digunakan untuk mengubah atau memperbaiki tampilan wajah, agar terlihat lebih segar dan cantik. Dengan wajah yang terlihat lebih cantik, seorang wanita bisa meningkatkan daya tariknya dan lebih percaya diri.[1]

Selain menggunakan berbagai macam peralatan dan kosmetik, para make up artist juga memiliki berbagai macam teknik untuk merias wajah Anda. Secara umum, teknik merias wajah dibagi menjadi beberapa tahap yang dimulai dari menyiapkan wajah, mengaplikasikan kosmetik di wajah, hingga finishing.

Menyiapkan Wajah

Tahap pertama dimulai dari mempersiapkan wajah klien yang ingin dirias. Agar wajahnya siap di-make up, wajah harus dibersihkan terlebih dahulu. Biasanya, sebelum memakai kosmetik, Anda akan dianjurkan menggunakan sabun wajah terlebih dahulu oleh make up artist. Selain itu, ada beberapa MUA yang menyarankan untuk menggunakan milk cleanser dan toner sebelum dirias agar wajah bersih dan sedikit lembap.

Baca juga:  Proyeksi Keuntungan Jualan Bisnis Sosis Bakar Dengan Omzet Fantastis

Tujuan membersihkan wajah ini, yaitu agar kosmetik yang dipakai dapat menempel sempurna di wajah. Selain itu, wajah yang bersih tidak akan dilapisi oleh sel kulit mati atau kotoran. Sehingga ketika dirias, tidak akan mudah berjerawat atau berkomedo.

Make Up Artist yang Benar - www.startribune.com

Make Up Artist yang Benar – www.startribune.com

Menggunakan Kosmetik Mata

Ada beberapa MUA yang mengaplikasikan kosmetik mata setelah tahap shading, dan ada pula yang sebelum proses make up. Namun, kebanyakan make up artis lebih suka memakaikan kosmetik mata pada pelanggannya sebelum proses make up. Ini bertujuan untuk mempermudah proses perbaikan atau penggantian jika terjadi kesalahan. Beberapa macam kosmetik mata yang harus diaplikasikan, seperti pensil alis, eyeshadow, eyeliner, pemasangan bulu mata, dan maskara.

Memperbaiki Wajah

Tahap berikutnya setelah wajah bersih dan kering, oleskan primer secara merata di permukaan wajah, terutama pada bagian kulit yang dirasa kurang sempurna. Primer ini berfungsi untuk melembapkan wajah sekaligus membuat tampilan pori-pori menjadi lebih kecil atau hilang. Selain primer, MUA biasanya juga mengaplikasikan pelembap di bagian wajah yang cenderung memiliki kulit mudah kering.

Baca juga:  Harga dan Fungsi Produk Cream Qyara

Setelah menggunakan primer, untuk menutupi kekurangan pada kulit, seperti bekas jerawat, kemerahan pada wajah, flek hitam, dan kerutan, MUA biasanya mengoleskan concealer. Concealer akan membuat tampilan wajah Anda menjadi lebih sempurna dan tidak memiliki noda atau kerutan.

Mengaplikasikan Kosmetik Dasar

Kosmetik dasar digunakan untuk membuat tampilan wajah menjadi lebih halus, sekaligus meratakan warna wajah dengan kulit tubuh bagian leher. Pada tahap awal, MUA biasanya akan mengoleskan foundation dengan warna yang sedikit terang dan pucat ke wajah Anda. Ini akan membuat kulit wajah menjadi lebih cerah.

Lapisan make up dasar selanjutnya, yaitu mengaplikasikan BB cream atau cushion yang berfungsi sebagai penambah warna pada kulit wajah. Sehingga, warna kulit yang tadinya pucat akibat foundation, menjadi lebih segar.

Make Up Artist untuk Pemula - austinkade.com

Make Up Artist untuk Pemula – austinkade.com

Tahap Shading

Tahapan terpenting dalam make up artist yang tidak bisa ditinggalkan, yaitu shading. Teknik ini adalah penentu keberhasilan riasan sekaligus berfungsi untuk mengubah bentuk wajah menjadi lebih tirus dan menonjolkan beberapa bagian wajah agar terkesan natural dan lebih cantik.

Baca juga:  Tips Rambut Sehat Saat Disanggul ala Meghan Markle

Shading dilakukan dengan memakai jenis kosmetik dekoratif. Untuk shading hidung dan pipi, biasanya MUA akan menggunakan concealer dengan warna yang gelap atau menggunakan pensil alis. Selain itu, shading juga dilakukan di sekitar daerah mata menggunakan pallete yang berisi berbagai macam warna. Sehingga, mata akan terlihat lebih besar dan tajam.

Finishing

Tahap akhir setelah shading selesai, yaitu mengaplikasikan blush on pada bagian tulang pipi atas dan meratakan warna pada wajah dengan bedak tabur. Bedak tabur ini juga berfungsi untuk membuat tampilan make up lebih matte dan tahan lama. Setelah itu, baru menggunakan lipstik dan produk setting spray.

Tahapan make up artist di atas tentunya tidaklah sulit. Anda bahkan bisa mempraktikkannya sendiri di rumah dengan peralatan rias dan bahan kosmetik yang Anda miliki. Namun, untuk hasil make up, setiap orang akan berbeda, tergantung cara bermake up dan kosmetik yang digunakan.

[1] Herasafitri, Dea Febrinda dkk. 2016. Wake Up and Make Up: Efek Kosmetik Wajah dan Waktu Pemaparan terhadap Attractiveness. MEDIAPSI, Vol. 2(2): 30-37.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*