Nutrilon Royal vs Bebelac, Mana Susu Formula yang Terbaik untuk Buah Hati?

Ilustrasi: konsumsi susu formula untuk bayi (sumber: thatsfarming.com)Ilustrasi: konsumsi susu formula untuk bayi (sumber: thatsfarming.com)

Susu bayi dikenal juga dengan sebutan susu formula, karena berasal dari susu sapi yang diformulasi sedemikian rupa sehingga komposisinya mendekati ASI (Adriani & Wirjatmadi, 2012). Merk susu formula di Indonesia cukup banyak dan mungkin membuat para ibu kebingungan. Masih menurut sumber yang sama, dijelaskan bahwa susu formula di Indonesia terbagi menjadi 3 golongan sebagai berikut.

Jenis-Jenis Susu Formula

Susu Formula Adapted

Adapted berarti disesuaikan dengan keadaan fisiologis bayi. Susu formula ini memiliki komposisi yang sangat mendekati ASI, sehingga cocok untuk digunakan pada bayi baru lahir hingga usia 4 bulan. Susu formula adapter yang beredar di Indonesia misalnya Vitalac, Nutrilon, Nan, Bebelac, Dumux sb, dan Enfamil.

Susu Formula Complete Starting

Susu formula ini susunan zat gizinya lengkap dan dapat diberikan sebagai formula permulaan. Berbeda dengan susu formula adapted, kadar protein dan mineral susu formula ini lebih tinggi dan harganya lebih murah dibandingkan dengan susu formula adapted. Untuk menghemat, biasanya bayi diberi formula adapted sampai berumur 3 bulan, kemudian dilanjutkan dengan susu formula ini. Susu formula complete starting yang beredar di Indonesia antara lain SGM 1, Laktogen 1, dan New Camelpo.

Susu Formula Follow-Up

Pengertian follow-up dalam susu formula jenis ini adalah lanjutan, yakni berfungsi menggantikan susu formula yang sedang digunakan dengan susu formula ini. Susu formula follow-up diperuntukkan bayi berumur 6 bulan ke atas. Umumnya mengandung protein dan mineral yang lebih tinggi dari susu formula yang sebelumnya. Contohnya, Laktogen 2, SGM 2, Chilmil, Promil, Nutrima, dan Enfapro.

Nah, dari sekian banyak merek sufor (susu formula), para ibu mungkin kebingungan ketika harus dihadapkan pada pilihan mana susu formula yang paling bagus untuk buah hatinya. Ada 2 brand yang mungkin cukup membuat ibu bimbang, yakni Nutrilon Royal dan Bebelac. Kedua brand ini sebenarnya berasal dari produsen yang sama, yakni Nutricia. Agar lebih paham, simak ulasannya berikut ini!

Nutrilon Royal vs Bebelac

Nutrilon vs Bebelac

Nutrilon vs Bebelac

Perbedaan mendasar dari Nutrilon Royal dan Bebelac ternyata kandungan di dalamnya. Lewat akun Facebook resminya, Nutriclub Indonesia menjelaskan bahwa Bebelac 3/4, Nutrilon 3/4 dan Nutrilon Royal 3/4 sama-sama dilengkapi dengan prebiotik FOS & GOS hanya kadar prebiotiknya berbeda. Pada Nutrilon Royal 3/4 terdapat complete immunity yang mengandung nucleotida, tinggi DHA, terdapat Vitamin A, C, E, dan selenium.

Sebagai informasi, susu Bebelac mengandung berbagai nutrisi yang diklaim baik untuk anak. Bahkan pada produk terbarunya, yakni Bebelac Gold diperkaya Advansfiber, minyak ikan, dan tinggi serat pangan yang diklaim ramah untuk pencernaan anak. Bebelac tersedia mulai usia bayi 0 bulan hingga 3 tahun ke atas. Jika dibandingkan dengan Nutrilon Royal, harga Bebelac relatif lebih terjangkau karena tersedia dalam kemasan kotak mulai dari ukuran 400 gram hingga 1.800 gram.

Akan tetapi ada kekurangan yang paling mendasar dari Bebelac, yakni produk susu formula ini kurang cocok bagi anak yang menderita alergi susu sapi. Kemudian Bebelac juga hanya menyediakan varian susu sesuai umur anak, mulai dari Bebelove, Bebelac 3, dan Bebelac 4.

Kemudian untuk Nutrilon tersedia dalam berbagai varian sesuai usia, misalnya Nutrilon 1 untuk usia 0-6 bulan, Nutrilon 2 untuk usia 6-12 bulan, Nutrilon 3 untuk usia 1-3 tahun, dan susu Nutrilon 4 diperuntukkan anak usia 3 tahun ke atas. Dibandingkan Bebelac, varian Nutrilon dikenal lebih lengkap karena ada varian khusus untuk anak yang alergi terhadap susu sapi, yakni varian Nutrilon Soya.

Sayangnya, brand Nutrilon selama ini identik dengan produk yang “mahal” karena harganya yang terpaut lebih tinggi dari Bebelac. Selain itu, untuk produk kemasan kotak hanya tersedia dalam ukuran 400 gram, sedangkan yang beratnya 800 gram dikemas dalam tin (kaleng).

Meski masing-masing produk susu formula memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, pemilihan susu formula untuk bayi Anda sebaiknya didasarkan atas kecocokan sang bayi dengan produk itu sendiri. Sebaik-baiknya susu formula, tetaplah ASI (Air Susu Ibu) yang menjadi sumber nutrisi terbaik bagi buah hati Anda. Sebelum memberikan susu formula pada buah hati, Anda mungkin dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Referensi:

Baca juga:  Tidak Perlu Mahal, Inilah Menu Cemilan Sehat Untuk Bayi 9 Bulan

Adriani, Merryana, Bambang W. 2012. Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Jakarta: Kencana.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: