Sushi, Pantangan Atau Anjuran Bagi Kehamilan Usia 3 Bulan?

Sushi - (Sumber: medicaldaily.com) Sushi - (Sumber: medicaldaily.com)

bergizi merupakan hal yang sangat penting bagi ibu . Hal ini dikarenakan asupan gizi ibu membutuhkan perhatian ekstra. Terlebih bagi ibu yang 3 bulan, atau biasa disebut masa trimester pertama.

Sayangnya, tidak semua makanan dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari, terutama untuk usia 3 bulan.

Sushi - (Sumber: medicaldaily.com)

Sushi – (Sumber: medicaldaily.com)

Salah satu makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil muda adalah ikan mentah. Biasanya ikan mentah ini ada dalam makanan seperti sushi. Jenis makanan seperti ikan mentah di dalam sushi seperti ini sebaiknya dihindari. Ikan mentah diklaim mengandung kadar merkuri yang berbahaya untuk kandungan.

Memang sebagian besar sushi terdiri dari ikan mentah. Namun ada pula sushi fushion yang berisi daging ikan yang telah dimasak. Seperti California Roll, yang berisi kepiting kukus, belut yang dimasak, atau udang yang dimasak. Jika memang ingin sekali sushi, pilihan ini dapat menjadi alternatif.

Dalam pemilihan daging ikan yang tersaji dalam sushi, ibu hamil dianjurkan menghindari ikan yang mengandung merkuri. Merkuri mempunyai meracuni syaraf dan menyebabkan kondisi yang disebut anisakidosis yang dapat menimbulkan alergi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari sushi dari ikan seperti Tilefish, Sword fish, Shark dan King mackerel.

Tidak ada salahnya jika ibu hamil menanyakan kepada restoran sushi mengenai ikan apa yang terdapat dalam hidangan. Hal ini dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti dikutip dari CNN, menurut ahli gizi, Inge Permadi mengatakan “Jadi pada orang hamil sebaiknya tidak (makan sushi) karena takutnya pada saat daya tahan tubuhnya lemah, makanan ini ada bakteri atau virus yang biasa menyebabkan .”

Sejalan juga dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Rochester University, Gary Myers. Ia mengikuti perkembangan lebih dari 1.200 ibu hamil sampai anak-anaknya berusia 20bulan di Republic Seychelles. Di bagian ini, penduduknya lebih banyak makan ikan dibanding yang dilakukan oleh orang Amerika Serikat.

Dilansir dari Liputan6, Gary Myers mengatakan, “Mereka tak makan sushi”. “Itu hal pertama yang saya katakan. Mereka cukup makan campuran ikan.”

Sementara itu, Teratologis, Robert Felix mengatakan bahwa hamil sebaiknya tidak makan ikan mentah atau kurang matang karena berbagai alasan. “Jika sushi tidak ditangani dengan benar, dapat menyebabkan infeksi parasit, terkontaminasi dengan bakteri atau zat lain yang mengandung merkuri tinggi.”

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan wanita hamil sebaiknya makan ikan yang dimasak pada suhu 145 derajat Fahrenheit.

Selain ikan mentah, di bawah ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, khususnya pada trimester pertama. Jenis-jenis makanan tersebut antara lain:

Buah Nanas

Buah Nanas - (Sumber: momjunction.com)

Buah Nanas – (Sumber: momjunction.com)

Ibu hamil muda sebaiknya menghindari mengonsumsi buah nanas. Dilansir dari Health, buah nanas mengandung bromelain yang bisa membuat leher rahim menjadi lunak dan memicu gangguan kehamilan seperti keguguran hingga persalinan dini.

Susu yang tidak dipasteurisasi

Susu yang tidak mengalami proses pasteurisasi rentan terhadap bakteri. Dilansir dari Kumparan, tumbuhnya bakteri pada susu jenis ini dapat menyebabkan keracunan. Risiko terkena infeksi listeriosis juga lebih besar. Hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan janin ibu hamil.

Telur mentah

Sama seperti susu yang tidak mengalami pasteurisasi, telur mentah juga rentan terjangkit bakteri. Telur mentah bisa saja terisi bakteri salmonella yang dapat menyebabkan keracunan. Sebaiknya ibu hamil juga menghindari olahan telur seperti mayonnaise, salad, atau saus yang terbuat dari telur mentah.

Kafein

Dilansir dari kumparan, asupan kafein seharusnya dibatasi selama kehamilan, karena terlalu banyak kafein dapat mengakibatkan bayi lahir dengan berat badan rendah bahkan keguguran. Ibu hamil boleh mengonsumsi kafein, namun sebatas 200 mg per hari.   lain yang juga perlu dibatasi konsumsinya adalah bersoda, kopi, atau teh yang mengandung kafein.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: