Studi: Nasihat dan Empati Dokter Sebagai Penunjang Pasien Dalam Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi: konsultasi masalah berat badan (sumber: cheatsheet.com) Ilustrasi: konsultasi masalah berat badan (sumber: cheatsheet.com)

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, dokter Anda dapat menjadi penghalang – ataupun sebaliknya, studi baru ditemukan, dan dianggap sangat membantu. Plus, jika dokter Anda memberi nasihat tentang menurunkan berat badan, jenis nasihat itu penting. Dan jika dokter Anda berempati tentang betapa sulitnya menurunkan berat badan, Anda cenderung lebih berhasil, para peneliti menemukan.

“Studi ini menunjukkan bahwa dokter dapat membantu pasien dalam menurunkan berat badan, tetapi mereka harus menasehati pasien mereka dengan cara yang sangat spesifik,” kata Gary Bennett, PhD, profesor psikologi di Duke University dan penulis senior studi tersebut. “Mereka tidak bisa hanya memberikan saran generik.” Sebaliknya, ia menemukan bahwa semakin spesifik saran dan rekomendasi, semakin sukses dalam penurunan berat badan.

“Pasien merespons dokter yang benar-benar menunjukkan banyak perawatan dan perhatian, dan terutama untuk sesuatu yang sulit seperti penurunan berat badan,” katanya. Studi ini dipublikasikan dalam Journal of General Internal Medicine.

Sementara pedoman tentang obesitas merekomendasikan bahwa dokter dan profesional perawatan kesehatan lainnya menasihati pasien untuk menurunkan berat badan, penelitian telah menunjukkan bahwa hanya memberitahu pasien untuk menurunkan berat badan, tanpa dukungan dari program penurunan berat badan yang komprehensif, biasanya tidak efektif, kata Bennett.

Dalam studi tersebut, para peneliti ingin melihat apakah jenis dokter konseling memberi pasien dalam program penurunan berat badan komprehensif yang disebut Track membuat perbedaan. Para peneliti juga bertanya kepada peserta bagaimana empati mereka merasa dokter mereka tentang upaya penurunan berat badan, untuk melihat apakah itu membuat perbedaan.

Baca juga:  Urutan Pemakaian Produk Acnes Treatment Series untuk Atasi Jerawat

Detail Studi

Ilustrasi: perut kegemukan

Ilustrasi: perut kegemukan

Tim Bennett mengundang 134 pria dan wanita, usia rata-rata 51 tahun, dengan indeks massa tubuh rata-rata (BMI) 36, yang dianggap obesitas, untuk berpartisipasi dalam program Track selama setahun.

Track mencakup komponen digital dan dukungan pribadi. Para peneliti memberi orang tujuan yang disesuaikan, seperti berjalan 10.000 langkah sehari. Sasaran berubah setiap 2 bulan.

Peserta juga menerima materi pendidikan dan mendapat telepon atau SMS setiap minggu untuk menanyakan kemajuan dan memberikan penguatan. Pelatih, termasuk ahli gizi dan mahasiswa pascasarjana psikologi, memanggil para peserta 18 kali selama setahun untuk mendapatkan dukungan tambahan.

64 dokter atau perawat praktisi dalam penelitian ini menerima catatan dalam catatan kesehatan elektronik dengan laporan tentang kemajuan pasien, termasuk perubahan berat badan dan kebiasaan.

Selama penelitian, peserta melaporkan apakah dokter atau praktisi perawat mereka memberi mereka saran penurunan berat badan secara umum atau saran khusus tentang program Track. Peneliti juga memeriksa untuk melihat apakah para profesional memberikan saran penurunan berat badan secara umum atau saran khusus kepada pasien selama kunjungan kantor.

Nasihat Khusus + Empati = Penurunan Berat Badan

Ilustrasi: konsultasi masalah berat badan (sumber: npr.org)

Ilustrasi: konsultasi masalah berat badan (sumber: npr.org)

Secara keseluruhan, orang-orang dalam studi ini kehilangan rata-rata 8,8 pound selama 12 bulan. Namun, saran dan empati khusus dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih, Bennett menemukan. “Orang yang menerima konseling spesifik kehilangan 8,8 pound lebih banyak daripada mereka yang tidak menerima konseling dan hampir 7 pound lebih banyak daripada mereka yang menerima konseling generik (seperti diberitahu untuk menurunkan berat badan, makan lebih baik),” katanya.

Baca juga:  Perbedaan Produk Tull Jye Merah Dan Hijau

“Orang-orang yang melaporkan dokter mereka sebagai yang paling empati kehilangan sekitar 7 pon lebih dari mereka yang dinilai paling tidak berempati,” katanya.

Mengapa Empati dan Nasihat Dapat Berpengaruh

“Apa yang terjadi di sini, kami pikir, adalah bahwa dokter dapat meminta pertanggungjawaban pasien,” kata Bennett, dengan membuat saran konkret seperti menerima telepon dari pelatih penurunan berat badan. Dia mengatakan penelitian lain telah menunjukkan, misalnya, jika seorang dokter merekomendasikan obat tertentu, ”seorang pasien kemungkinan akan meminumnya.”

Dan empati? “Ketika penyedia memberi sinyal kepada pasien bahwa penurunan berat badan adalah kondisi yang sangat menantang untuk berubah, pasien dapat naik ke kesempatan itu,” kata Bennett. “Begitu banyak orang perlu menurunkan berat badan.” Dia menduga dokter yang tidak menunjukkan empati kepada pasien mereka yang kelebihan berat badan mungkin tanpa sadar mengirim pesan untuk mempermalukan pasien.

Ilustrasi: dokter sedang memberikan empati

Ilustrasi: dokter sedang memberikan empati

Baik saran spesifik atau menunjukkan empati tidak memakan banyak waktu, kata Bennett. Terkadang, ini hanya beberapa kata saja.

Baca juga:  Macam Masker Garnier Yang Diklaim Dapat Membantu Untuk Memutihkan Kulit Wajah

Hasilnya masuk akal bagi Katrina Hartog, seorang ahli diet dan manajer nutrisi klinis terdaftar di Lenox Hill Hospital di New York. Dia meninjau temuan dan sering menasihati pasien di Lenox Hill tentang penurunan berat badan.

Memberikan instruksi spesifik membuat orang bertanggung jawab, katanya, dan itulah kuncinya. Dalam praktiknya, ia menemukan, rekomendasi yang lebih spesifik lebih baik. Alih-alih menyuruh orang makan lebih sedikit, katanya, lebih baik untuk menentukan tujuan kalori harian, misalnya.

Sedikit empati dari seorang profesional perawatan kesehatan sangat membantu karena beberapa alasan, katanya. “Jika Anda dapat terhubung lebih banyak dengan seseorang, itu meningkatkan hubungan dan membuka dialog lebih lanjut. Kemudian pasien merasa lebih nyaman mendiskusikan perjuangan mereka atau akan memberi tahu Anda di mana mereka membutuhkan lebih banyak bimbingan.”

Dan jika dokter seseorang tidak memiliki saran khusus penurunan berat badan? “Mereka selalu dapat meminta dokter untuk rujukan ke ahli diet terdaftar,” katanya. Di sana, orang tersebut dapat memperoleh informasi spesifik yang menurut peneliti bermanfaat, seperti asupan kalori harian.

Sebagai informasi, studi ini didanai oleh National Institutes of Health. Bennett berada di dewan penasihat WW (sebelumnya Weight Watchers), anggota dewan direksi untuk Girl Trek dan memegang ekuitas di Coeus Health, LLC.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: