Waspada, Stres Bisa Menyebabkan Jerawat Tubuh

Ilustrasi: wanita bermasalah dengan jerawat (sumber: pinterest)Ilustrasi: wanita bermasalah dengan jerawat (sumber: pinterest)

Secara umum, jerawat muncul di permukaan kulit wajah, tetapi banyak juga orang yang mengalami jerawat badan. Jerawat tubuh biasanya muncul di area kulit yang berlemak dan berpori-pori besar, seperti di punggung, dada, lengan atas, dan pantat. Ada banyak penyebab jerawat bisa muncul di area berlemak, salah satunya karena stres.

Stres Penyebab Jerawat Tubuh

Jerawat tubuh tidak hanya dialami oleh mereka yang memiliki kulit sensitif atau berminyak. Banyak juga orang berkulit sehat dan normal yang mengalaminya. Bahkan, beberapa orang yang sebelumnya tidak pernah jerawatan, mengalami hal serupa. Tentunya, ini akan membuat mereka bingung dan menjadi tidak percaya diri.

Acne vulgaris atau lebih dikenal dengan jerawat adalah sebuah kondisi sekaligus penyakit kulit yang diakibatkan oleh penyumbatan pori-pori kulit dan menimbulkan bintik merah serta abses yang meradang.[1] Biasanya, sumbatan pori-pori ini berupa debu, kotoran, sisa make up, minyak atau sebum, dan kulit mati. Kebanyakan orang lebih sering mengalami jerawat akibat sebum dan minyak berlebih.

Ilustrasi: jerawat badan (sumber: honestdocs.id)

Ilustrasi: jerawat badan (sumber: honestdocs.id)

Dilansir dari allure, jerawat badan juga bisa disebabkan oleh periode stres yang berkepanjangan dan membuat individu mengalami peningkatan hormon stres (kortisol). Peningkatan hormon stres diketahui mampu meningkatkan kadar minyak dalam kulit dan menyebabkan sebum semakin menumpuk di pori-pori kulit, sehingga pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat.

Baca juga:  Studi: Minum Kopi Dapat Mengurangi Gejala Rosacea

Masih dilansir dari sumber yang sama, pemicu stres yang muncul baru-baru ini adalah kondisi ketika masyarakat diharuskan untuk menutup wajahnya dengan masker dan berada di rumah saja. Masa yang sulit seperti ini, tentu membuat aktivitas makin terbatas dan stres makin meningkat. Tak heran jika sebagian besar orang yang tak pernah berjerawat harus mengalami jerawat tubuh.

Menurut seorang dokter kulit bernama Dendy Engelman, jerawat badan yang diakibatkan oleh stres tidak seperti jerawat yang ada di wajah. Jerawat tubuh tidak muncul sesering jerawat wajah dan biasanya berbentuk seperti komedo atau kista. Jerawat seperti ini juga bisa disebut dengan folikulitis jika muncul di bagian dada dan punggung.

Jerawat ini mudah meradang dan ditandai dengan benjolan merah yang diakibatkan oleh sumbatan pada folikel rambut. Folikulitis juga bisa mengalami infeksi seperti jerawat yang ada di wajah. Secara umum, infeksi jerawat tubuh disebabkan oleh gesekan pakaian dan keringat berlebih.

Baca juga:  Beberapa Wanita Enggan Mengaku Alami Depresi Pasca Melahirkan, Mengapa?

Selain itu, jerawat tubuh akibat stres juga bisa infeksi jika Anda memiliki kebiasaan buruk seperti duduk selama berjam-jam. Jika Anda memiliki jerawat tubuh di bagian kaki, pantat, dan paha, tentunya akan berbahaya saat duduk berlama-lama. Celana yang Anda pakai akan menjadi lebih ketat saat duduk dan jerawat pada bagian tubuh ini akan tergencet dan beberapa mungkin ada yang pecah. Ini membuat bakteri di sekitar kulit Anda atau yang menempel pada kain akan tertransfer ke kulit yang berjerawat, sehingga jerawat semakin parah dan nyeri.

Ilustrasi: jerawat badan (sumber: verywellhealth.com)

Ilustrasi: jerawat badan (sumber: verywellhealth.com)

Supaya jerawat tubuh yang Anda miliki bisa diobati dan dihilangkan, sebaiknya Anda tidak melakukan kebiasaan duduk berjam-jam dan jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat. Selain itu, Anda bisa mengatasi dan menyembuhkan jerawat tubuh akibat stres dengan tips berikut.

Tips Mengobati Jerawat Badan

Cara mengobati jerawat tubuh yang paling ampuh adalah dengan meredakan stres Anda. Cobalah untuk tidak memikirkan kemungkinan negatif atau dampak dari social distancing. Dengan menghilangkan faktor utama penyebab stres, hormon stres Anda juga akan ikut menurun dan jerawat bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca juga:  Apakah Aspirin Bisa Menjadi Obat Kanker Payudara?

Sebagai tips untuk meredakan stres, Anda bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan, di antaranya bermain dengan anak, membeli hewan peliharaan, menghabiskan waktu untuk bersantai, dan memasak makanan kesukaan. Beberapa orang juga melakukan meditasi dan yoga untuk menenangkan pikiran mereka.

Jangan lupa juga untuk merawat kulit Anda yang berjerawat. Merawat kulit sangat penting supaya jerawat tidak meradang dan semakin parah. Anda bisa menggunakan produk skincare dengan bahan khusus anti jerawat, antara lain salicylic acid, green tea ekstrak, tea tree oil, dan grape seed ekstrak.

Supaya proses penyembuhan jerawat pada kulit semakin cepat, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin E dan C seperti buah dan sayur. Jika Anda kurang suka mengonsumsi dua makanan ini, Anda bisa mendapatkan vitamin E dan C dari suplemen yang beredar di pasaran.

[1] Meiching, G. Sampelan, Damayanti Pangemanan, Rina M. Kundre. 2017. Hubungan Timbulnya Acne Vulgaris dengan Tingkat Kecemasan pada Remaja di Smp N 1 Likupang Timur. e-Journal Keperawatan Universitas Sam Ratulangi, Vol. 5(1): 1-8.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: