Rekomendasi Produk Skincare yang Mengandung Retinol untuk Perawatan Kulit Sejak Dini

Ilustrasi: aplikasi skincare (sumber: cumberlandskin.com)Ilustrasi: aplikasi skincare (sumber: cumberlandskin.com)

Bertambahnya usia terkadang menjadi momok bagi hampir sebagian besar wanita. Pasalnya, garis dan kerutan di wajah akan tampak semakin jelas. Untuk mencegah penuaan dini terjadi, biasanya para wanita akan rutin mengenakan skincare, khususnya pada produk-produk tertentu yang mengandung retinol.

Retinol atau retinoid terbagi menjadi beberapa jenis. Ada yang bernama tretinoin, adapalene, tazarotene, alitretinoin, hingga bexarotene. Semua jenis tersebut sama-sama mengandung vitamin A yang membantu mengatasi masalah kulit lainnya. Bahan aktif anti aging-nya mampu mengurangi kerutan dan memperbaiki produksi kolagen pada kulit untuk mempercepat proses regenerasi sel.

Para peneliti telah mempelajari khasiat retinol untuk mencegah penuaan dini. Awal tahun 1970-an, zat yang terbuat dari vitamin A ini digunakan hanya sebatas obat jerawat saja. Namun, karena kandungannya yang begitu efektif menjaga kekencangan kulit wajah, maka para peneliti mulai meramunya ke dalam produk-produk skincare. Berikut merek skincare yang dapat Anda coba karena kandungan retinol dalam produknya.

The Inkey List Retinol Face Serum

Serum wajah dari brand drugstore, The Inkey List ini diformulasikan dengan kandungan 1% Retinol dan 0,5% HPR, serta squalene yang berfungsi untuk membantu kulit agar tetap lembap. Produk ini tampaknya cukup terkenal di Inggris dan Amerika Serikat karena banyak review positif setelah pemakaian. Serum yang dijual seharga Rp200 ribuan ini juga cocok digunakan bagi Anda yang memiliki kulit dengan undertone pink.

Baca juga:  Minim Modal, Inilah Sekilas Tentang Bisnis Jilbab Murah Dengan Sistem Dropship
The Inkey List Retinol Face Serum (sumber: gemmaetc.com)

The Inkey List Retinol Face Serum (sumber: gemmaetc.com)

Murad Retinol Youth Renewal Night Cream

Memiliki kandungan retinol tri-active, yaitu retinoid, retinol yang dirilis perlahan dan bertahap di kulit, dan retinol booster ini bekerja seperti sihir saat digunakan sebelum tidur. Ekstrak bunga sweetie dan ganggang merah akan bekerja meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit wajah Anda. Produk ini dijual seharga Rp234 ribu.

Murad Retinol Youth Renewal Night Cream (sumber: thebeautyinformer.com)

Murad Retinol Youth Renewal Night Cream (sumber: thebeautyinformer.com)

The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane

Tak berhenti dengan formula skincare lama, kini The Ordinary juga meluncurkan formula baru yakni Granactive Retinoid. Kandungan ini diklaim mampu mengurangi tanda-tanda penuaan dini lebih baik, terlebih tanpa iritasi pada kulit. Harga jual produk ini sekitar Rp452 ribu.

The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane (sumber: pinterest)

The Ordinary Granactive Retinoid 2% in Squalane (sumber: pinterest)

SkinMedica Retinol 0.25 Complex

Bagi Anda yang mencari krim malam, produk ini juga dapat dicoba. Terlebih kandungan retinol rendah, yaitu 0,25%, produk dari SkinMedica ini mampu membantu membangun kekebalan retinol. Dilengkapi dengan niacinamide yang mampu melindungi kulit dari oxidative stress dan sun damage, sekaligus meredakan inflamasi dan mengecilkan tampilan pori. Formulasi lengkap dalam satu krim akan Anda dapatkan dari produk seharga Rp530 ribu.

SkinMedica Retinol 0.25 Complex (sumber: amazon)

SkinMedica Retinol 0.25 Complex (sumber: amazon)

Dr. Dennis Gross Skincare Ferulic + Retinol Wrinkle Recovery Overnight Serum

Produk yang dijual dengan harga sekitar Rp575 ribu ini memiliki kandungan yang dikombinasikan dari ferulic acid dan retinol. Keduanya begitu ampuh untuk melembutkan kerutan wajah Anda. Mulai dari proses eksfoliasi kulit dengan lembut yang dilanjutkan dengan detoks kulit dari radikal bebas dan polusi.

Dr. Dennis Gross Skincare Ferulic + Retinol Wrinkle Recovery Overnight Serum (sumber: millionidole.com)

Dr. Dennis Gross Skincare Ferulic + Retinol Wrinkle Recovery Overnight Serum (sumber: millionidole.com)

La Roche-Posay Redermic R

Bagi para pemula, Anda dapat mencoba produk skincare ini karena kandungan retinolnya yang hanya 0,3%. Produk ini tanpa bahan pengawet, pewarna, paraben dan fragrance dan terbilang ringan dan tidak lengket di kulit, sehingga cocok untuk kulit sensitif. Tak hanya menyamarkan kerutan, krim seharga Rp825 ribu ini diklaim mampu meratakan warna kulit.

La Roche-Posay Redermic R (sumber: manface.co.uk)

La Roche-Posay Redermic R (sumber: manface.co.uk)

Sunday Riley A+ High Dose Retinoid Serum

Bila Anda ingin memiliki serum dengan konsentrasi retinoid yang tinggi, maka Sunday Riley A+ High Dose Retinoid Serum dapat dijadikan pilihan. Face serum ini memiliki kandungan retinoid sebesar 6,5% yang terdiri dari 1% Retinol, 5% Hydroxypinacolone Retinoate, dan 0,5 alga extract yang berfungsi seperti retinoid. Serum wajah yang diklaim cruelty free dan vegan ini nyatanya mampu membantu memperbaiki tekstur kulit Anda. Tentu saja, untuk mendapatkan produk ini, Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam, yakni sekitar Rp1,2 jutaan.

Baca juga:  Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation Shade No 3 Nude Silk, Untuk Tampilan Flawless
Sunday Riley A+ High Dose Retinoid Serum (sumber: misterwharff.com)

Sunday Riley A+ High Dose Retinoid Serum (sumber: misterwharff.com)

Skinceuticals Retinol Cream 1.0

Satu lagi produk skincare yang mengandung retinol dengan harga yang cukup mahal yakni sekitar Rp1,5 jutaan. Anda tak rugi membeli produk dengan perawatan retinol yang efektif, karena kandungan retinol 1% dan tepat digunakan untuk Anda.

Anda mungkin akan mengalami proses kemerahan hingga pengelupasan setelah pemakaian pertama. Namun setelah proses usai, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Bagi kulit sensitif, disarankan memakai produk skincare dengan kandungan yang rendah sekitar 0,3%.

Skinceuticals Retinol Cream 1.0 (twitter: @skinceuticals)

Skinceuticals Retinol Cream 1.0 (twitter: @skinceuticals)

Cara Tepat Memakai Produk Skincare yang Mengandung Retinol

Anda harus menyesuaikan penggunaan produk skincare dengan jenis kulit Anda. Ada baiknya, Anda meminta saran dokter untuk proses perawatan dan pemilihan produk yang cocok untuk kulit. Perhatikan konsentrasi retinol pada setiap produk skincare yang Anda beli.

Baca juga:  Rangkaian Perawatan Wajah Whitening Series & Complete Face Care Mustika Ratu

Sebagai tahap perkenalan, gunakan retinol dengan konsentrasi rendah sekitar 0,3% lalu ditingkatkan 0,5% sampai 1%. Anda dapat menggunakan produk satu sampai dua kali seminggu dan pelan-pelan tambah frekuensinya menjadi tiap hari. Hindari daerah mata saat mengaplikasikan produk.

Jika Anda ingin menambahkan pelembab, tunggu tiga menit setelah pemakaian skincare. Namun, Anda tidak disarankan menggunakan tabir surya SPF 30 karena retinol dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap bahaya sinar UV matahari.

Tak hanya untuk produk skincare, ternyata retinol juga dapat digunakan untuk mengobati kutil. Cara kerja krim ini yakni dengan mengganggu pertumbuhan sel kutil. Tentu saja, dalam perawatannya diperlukan resep dokter dan perlu waktu beberapa bulan hingga kutil menghilang.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: