Rekomendasi Skincare untuk Hilangkan Lingkar Hitam di Mata

Ilustrasi: mata panda (unsplash: Luca Iaconelli)Ilustrasi: mata panda (unsplash: Luca Iaconelli)

Lingkaran hitam di bawah mata merupakan kelainan kulit dengan kegelapan relatif pada kelopak bawah yang disebabkan berbagai faktor, seperti anatomi wajah, perubahan jaringan lunak, serta kontribusi kulit sendiri.[1] Untuk menghilangkannya, sudah banyak skincare yang dijual dalam berbagai merk dagang dengan berbagai macam kandungan.

Dilansir dari HuffPost, munculnya lingkaran mata secara umum hanyalah masalah kosmetik dan tidak terikat dengan kondisi kesehatan yang serius, sehingga bisa diatasi dengan baik menggunakan bahan topikal. Sementara ada banyak produk eye cream atau eye gel untuk menghilangkan mata panda, Anda bisa mencoba skincare terbaik yang direkomendasikan oleh beberapa dermatologis seperti berikut.

The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%

The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10% (sumber: insomnia.net)

The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10% (sumber: insomnia.net)

Serum ini direkomendasikan oleh ahli kecantikan kulit bernama Hartman. The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10% diklaim cukup efektif untuk mengatasi perubahan warna pada kelopak mata bagian bawah. Tak seperti eye cream pada umumnya, sediaan skincare ini memiliki tekstur yang agak cair dan lembut sehingga dapat diserap kulit dengan cepat.

Dilansir dari website resminya, The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10% mengandung aqua (water), isodecyl neopentanoate, dimethicone, azelaic acid, dimethicone/bis-isobutyl ppg-20 crosspolymer, dimethyl isosorbide, dan hydroxyethyl acrylate/sodium acryloyldimethyl taurate copolymer. Selain itu, ada beberapa bahan aktif yang ada pada produk, antara lain polysilicone-11, isohexadecane, tocopherol, trisodium ethylenediamine disuccinate, isoceteth-20, polysorbate 60, triethanolamine, ethoxydiglycol, phenoxyethanol, chlorphenesin.

Baca juga:  Rekomendasi Concealer untuk Kulit Kering, Punya Sifat Coverage yang Bagus

Dengan komposisinya, krim mata ini diketahui bermanfaat untuk menghilangkan mata panda, melindungi kulit area mata dari paparan sinar UV, dan mencegah kerusakan kulit sekitar mata akibat kosmetik. Menurut review konsumen, produk ini memiliki efek yang lembap, tetapi tidak menyebabkan kulit berminyak setelah pemakaian.

Restorative Eye Treatment with TriHex Technology

Restorative Eye Treatment with TriHex Technology (sumber: alastin.com)

Restorative Eye Treatment with TriHex Technology (sumber: alastin.com)

Produk yang tak kalah saing manfaatnya dengan The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10% adalah Restorative Eye Treatment with TriHex Technology. Ini adalah krim mata yang diklaim ampuh menghilangkan lingkar hitam di mata akibat hiperpigmentasi dan penumpukan sel kulit mati.

Dilansir dari situs resminya, Restorative Eye Treatment with TriHex Technology harus dipakai setiap hari secara rutin untuk mengurangi munculnya bengkak, garis halus, dan kerutan di area mata. Selain itu, produk ini diketahui bisa meratakan warna kelopak mata bagian bawah.

Tidak mengandung parabean dan gluten, Restorative Eye Treatment with TriHex Technology terbilang aman untuk kulit sensitif. Menurut review konsumen yang memakainya, krim mata ini tidak hanya mampu menghilangkan mata panda, tetapi juga melembutkan dan melembapkan kulit di sekitar mata.

Baca juga:  Rekomendasi Skincare Pembasmi Maskne Paling Ampuh

RoC Retinol Correxion Eye Cream

RoC Retinol Correxion Eye Cream (sumber: 123requare.com)

RoC Retinol Correxion Eye Cream (sumber: 123requare.com)

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit mata gelap dan berkerut, saatnya Anda beralih ke produk skincare mata yang bisa mengatasi tanda-tanda penuaan seperti ini. Salah satu eye cream yang terbilang populer di kalangan wanita usia 30 tahunan adalah RoC Retinol Correxion Eye Cream.

Dilansir dari ULTRA BEAUTY, sediaan skincare ini mengandung water, glycerin, lactose, c12-15 alkyl benzoate, cetearyl ethylhexanoate, peg-100 stearate, glyceryl stearate, peg-8, stearyl alcohol, tromethamine, panthenol, carbomer, isopropyl myristate, dan methylparaben. Selain itu,  RoC Retinol Correxion Eye Cream mengandung disodium edta, bht, propylparaben, magnesium aspartate, zinc gluconate, chlorhexidine digluconate, retinol, polysorbate 20, dan copper gluconate.

Dengan semua kandungannya, eye cream ini konon bermanfaat untuk menghilangkan mata panda, menghilangkan kerutan dan garis halus, mengencangkan, dan menghaluskan kulit mata, sehingga Anda terlihat awet muda. Selain itu, menurut mereka yang pernah memakainya, RoC Retinol Correxion Eye Cream mampu menjaga kelembapan kulit mata dan membuat make up bertahan lebih lama.

Baca juga:  Kulit Kusam Karena Jerawat? Coba Garnier Pure Active Acne-Care Whitening Cream

Avène RetrinAL Eyes

Avène RetrinAL Eyes (sumber: beautyandthebeing.com)

Avène RetrinAL Eyes (sumber: beautyandthebeing.com)

Jika Anda kurang suka dengan produk perawatan mata yang terlalu padat dan creamy, Anda bisa mencoba memakai Avène RetrinAL Eyes. Ini adalah sediaan kosmetik berbentuk gel yang ringan dan dapat diserap dengan cepat pada kulit sekitar mata yang cenderung tipis serta tak berpori.

Dikuti dari situs resminya, Avène RetrinAL Eyes memiliki komposisi berupa avène thermal spring water, aluminum starch octenylsuccinate, glycerin, isodecyl neopentanoate, ppg-15 stearyl ether, cetyl alcohol, cetearyl alcohol, glyceryl stearate, peg-100 stearate, caprylic/capric triglyceride, dimethicone, dan 1,2-hexanediol. Selain itu, mengandung ascophyllum nodosum extract, bht, caprylyl glycol, ceteareth-33, disodium edta, retinal, sodium dextran sulfate, sodium hyaluronate, sodium hydroxide, tocopheryl acetate, dan xanthan gum.

Memiliki kandungan bahan aktif yang lengkap, Avène RetrinAL Eyes diketahui bermanfaat untuk menghilangkan lingkar hitam, mengencangkan kulit, dan mencerah kulit area mata. Menurut remaja yang pernah menggunakannya, Avène RetrinAL Eyes mampu menenangkan kulit mata yang terpapar sinar matahari seharian sekaligus mencegah hiperpigmentasi.

[1] Yenny, Satya Wydya & Sherly Birawati. 2020. Etiopatogenesis dan Terapi Topikal pada Lingkaran Hitam Bawah Mata. MDVI Universitas Andalas, Vol. 47(3): 157-161.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: