Rekomendasi Skincare dengan Formula Anti Blue Light

Ilustrasi: paparan sinar blue light ke wajah dari layar gawai (sumber: pcrevolution.co)Ilustrasi: paparan sinar blue light ke wajah dari layar gawai (sumber: pcrevolution.co)

Blue light dikatakan memiliki beberapa dampak negatif untuk kesehatan tubuh, terutama kulit. Meskipun efek samping cahaya biru tidak bisa terlihat secara langsung, tetapi kerusakan pada sel kulit akibat blue light tidak bisa disembuhkan dengan cepat. Untuk itu, Anda bisa memakai skincare dengan formula anti blue light yang saat ini dijual dalam berbagai merek.

Pada umumnya, blue light dengan kadar tertentu dipakai untuk terapi kesehatan. Secara alami, blue light mampu mengatasi gejala penyakit kuning pada bayi atau dikenal dengan hiperbilirubinemia. Penyakit tersebut diidap oleh sekitar 50-70% pada bayi cukup bulan serta 80-90% pada bayi prematur.[1]

Meskipun memiliki dampak yang baik untuk pengobatan, blue light yang diserap oleh tubuh secara berlebihan juga tidak baik. Dilansir dari allure, cahaya biru yang berasal dari laptop atau smartphone bisa menyebabkan penuaan dini. Untuk mencegah sekaligus mengatasinya, Anda bisa mencoba menggunakan beberapa produk skincare berikut.

SkinCeuticals C E Ferulic

SkinCeuticals C E Ferulic (sumber: skincare.com)

SkinCeuticals C E Ferulic (sumber: skincare.com)

SkinCeuticals C E Ferulic adalah serum yang dikemas dalam botol pipet sederhana berwarna gelap. Produk tersebut konon adalah skincare favorit para dokter sebagai perawatan kecantikan untuk mencegah efek samping blue light. Selain itu, produk ini juga dipercaya mampu menunda gejala penuaan yang timbul, seperti keriput dan flek hitam.

Baca juga:  Info Kandungan & Manfaat Sabun Pepaya untuk Kulit

Manfaat SkinCeuticals C E Ferulic tentu tidak jauh dari kandungannya. Dalam satu tetes serum ini, sudah mengandung l-ascorbic acid, alpha tocopherol, dan ferulic acid. Semua kandungan tersebut mampu menetralkan radikal bebas dan sinar UV pada blue light sebelum membuat kerusakan pada kulit.

Eucerin Photoaging Control Sun Fluid

Eucerin Photoaging Control Sun Fluid (sumber: shopee)

Eucerin Photoaging Control Sun Fluid (sumber: shopee)

Tabir surya adalah produk wajib yang tak boleh dihindari saat Anda keluar rumah. Salah satu produk tabir surya yang dinilai mampu menangkal sinar UV sekaligus blue light, yaitu Eucerin Photoaging Control Sun Fluid. Produk tersebut dikemas dalam wadah botol pump, sehingga mudah diaplikasikan.

Dalam satu botol Eucerin Photoaging Control Sun Fluid, mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari stres oksidatif akibat cahaya biru. Selain itu, produk juga memiliki formula Licochalcone A dan asam glycyrrhetinic yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker kulit dan gejala penuaan dini.

Solara Suncare Time Traveler Ageless Daily Face Sunscreen

Solara Suncare Time Traveler Ageless Daily Face Sunscreen (sumber: beauty-heroes.com)

Solara Suncare Time Traveler Ageless Daily Face Sunscreen (sumber: beauty-heroes.com)

Solara Suncare Time Traveler Ageless Daily Face Sunscreen merupakan produk tabir surya yang dipercaya mampu menangkal radiasi UV. Anda bisa mengaplikasikannya secara langsung di wajah atau tangan. Formulanya yang tidak terlalu padat, membuat produk tersebut bisa diserap kulit dengan cepat dan tidak menimbulkan efek lengket di kulit.

Baca juga:  Apakah yang Dimaksud Susu Formula Bayi Hypoallergenic?

Dalam satu kemasan Solara Suncare Time Traveler Ageless Daily Face Sunscreen, mengandung bahan seng oksida sebagai segel pelindung kulit dengan cara memantulkan blue light. Sehingga, cahaya biru tidak bisa meradiasi kulit Anda dan tidak akan menyebabkan kerusakan di kulit.

Dermalogica Invisible Physical Defense SPF 30

Dermalogica Invisible Physical Defense SPF 30 (sumber: gloskinbody.com)

Dermalogica Invisible Physical Defense SPF 30 (sumber: gloskinbody.com)

Jika Anda masih belum yakin dengan dua sunscreen di atas, Anda bisa mencoba memakai Dermalogica Invisible Physical Defense SPF 30. Ini merupakan salah satu produk sunscreen yang dinilai mampu melindungi kulit Anda dari kusam dan gejala penuaan dini akibat blue light. Dengan SPF yang rendah, Anda juga tidak perlu khawatir dengan efek kulit terbakar seperti ketika Anda memakai sunblock yang mengandung SPF tinggi.

Dermalogica Invisible Physical Defense SPF 30 juga dilengkapi dengan zinc oxide yang cukup untuk melindungi kulit Anda dari paparan cahaya biru dalam kapasitas besar. Selain itu, produk tersebut memiliki formula yang berukuran kecil dan bisa menjadi tipis saat dipakai, sehingga mudah diserap oleh kulit.

Baca juga:  Kegunaan Wardah Purifying Moisturizer Gel dengan Varian Terbaru Witch Hazel

SkinBetter Alto Defense Serum

SkinBetter Alto Defense Serum (sumber: insideoutaesthetics.com)

SkinBetter Alto Defense Serum (sumber: insideoutaesthetics.com)

SkinBetter Alto Defense Serum adalah produk serum wajah dari New York yang terbilang efektif untuk menangkal blue light. Selain itu, produk ini juga diklaim memiliki perlindungan yang lebih baik dibandingkan tabir surya dan dapat membuat kulit menjadi lebih lembap dan halus.

Semua manfaat SkinBetter Alto Defense Serum tentunya tidak lepas dari kandungan di dalamnya. Skincare ini sudah diperkaya dengan antioksidan, vitamin, c, vitamin E, ekstrak kunyit, ekstrak biji anggur, dan anti UV.

Itulah beberapa rekomendasi produk yang dapat Anda pakai untuk menangkal sinar biru yang ada pada gadget Anda. Untuk hasil pemakaian tiap produk tentu dapat berbeda, ini tergantung dari kondisi kesehatan kulit masing-masing.

[1] Santiari, Dewa Ayu Sri & Putu Agus Mahadi Putra. 2018. Kajian Area Penyinaran dan Nilai Intensitas pada Peralatan Blue Light Therapy. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, Vol. 17(2): 279-286.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: