Sering Lupa? Intip Cara Untuk Meningkatkan Daya Ingat

Cara, meningkatkan, daya, ingat, kemampuan, memori, proses, penuaan, usia, kondisi, kesehatan, optimal, fungsi, efektif, latihan, mental, ingatan, trik, mengingat, strategi, ahli, saraf, catatan, lingkungan, berpikir, diet, sehat, olahraga, merokok, tekanan, darah, kolesterol, gula darah, efek samping, obat, Ilustrasi: mengingat-ingat kembali suatu hal

Kita semua memiliki saat-saat tentang di mana kita meletakkan kunci, mengapa kita masuk ke sebuah ruangan, atau benda apa yang baru saja disebut. Kemungkinan besar, ini mencerminkan perubahan yang berkaitan dengan dalam keterampilan berpikir.

“Dalam hal fungsi , setiap orang mengalami penurunan seiring waktu di semua area, dengan pengecualian kosakata,” kata Dr Joel Salinas, seorang ahli saraf yang mengkhususkan diri dalam neurologi perilaku dan neuropsikiatri di Harvard General Hospital yang berafiliasi dengan Universitas Harvard.

Cara kerja

Memori melibatkan tiga proses: penyandian, perekaman, dan pengambilan. Otak menerima dan mengodekan (mengambil) informasi baru; otak kemudian mencatat (menyimpan) informasi; Akhirnya, otak mengambil informasi saat Anda membutuhkannya.

Banyak wilayah otak yang terlibat dalam proses ini. Misalnya, korteks serebral – lapisan luar otak yang besar – memperoleh informasi baru sebagai masukan dari indera kita. Informasi tag amigdala sebagai layak penyimpanan. Di dekatnya, hippocampus menyimpan kenangan. Dan lobus frontal membantu kita secara sadar mengambil informasi.

Memori yang menua

Banyak orang melihat perbedaan dalam memori dimulai pada usia 50-an. Saat itulah perubahan kimia dan struktural yang berkaitan dengan usia dapat dimulai di daerah otak yang terlibat dengan pemrosesan memori, seperti hippocampus atau lobus frontal. Perubahan ini dapat memperlambat proses tersebut, sehingga tidak mudah untuk mengingat nama atau kata-kata akrab.

Cara, meningkatkan, daya, ingat, kemampuan, memori, proses, penuaan, usia, kondisi, kesehatan, optimal, fungsi, efektif, latihan, mental, ingatan, trik, mengingat, strategi, ahli, saraf, catatan, lingkungan, berpikir, diet, sehat, olahraga, merokok, tekanan, darah, kolesterol, gula darah, efek samping, obat,

Ilustrasi: membantu diri dengan mencatat hal-hal penting

Faktor-faktor lain mungkin bermain juga. “Memori kerja – lapisan gores mental yang memungkinkan kita untuk menggunakan informasi penting sepanjang hari – rentan terhadap depresi, kecemasan, dan stres,” jelas Dr. Salinas. “Dan kurang tidur dapat mempengaruhi retensi otak dan penggunaan informasi. “

Efek samping obat juga dapat memengaruhi memori. Misalnya, jika Anda menggunakan obat anti-kecemasan seperti clonazepam (Klonopin), efek samping penenangnya dapat membuat otak Anda kurang waspada dan lebih lamban. Ini pada gilirannya akan lebih menantang bagi otak Anda untuk melakukan pengodean penting, merekam, dan mengambil langkah-langkah memori. Dr. Salinas mengatakan bahwa mengatasi masalah-masalah ini terlebih dulu, seringkali dapat lebih membantu meningkatkan daya ingat.

Cara Tingkatkan Memori atau Daya Ingat

Cara lain untuk meningkatkan memori adalah dengan memanfaatkan cara kerjanya. Strategi berikut dapat membantu.

  • Ulangi apa yang Anda dengar dengan keras, seperti nama seseorang, atau alamat, atau ide baru. Pengulangan meningkatkan kemungkinan Anda akan merekam informasi dan dapat mengambilnya nanti. “Dengan setiap pengulangan, otak Anda memiliki kesempatan lain untuk menyandikan informasi,” jelas Dr. Salinas. “Koneksi antara sel-sel otak diperkuat, seperti membara di hutan. Semakin Anda berjalan di jalan yang sama, semakin mudah untuk berjalan di lain waktu.”
  • Buat catatan orang-orang yang perlu Anda hubungi, suruh untuk menjalankan, dan janji. “Kami jauh lebih baik dalam mengenali daripada mengingat,” jelas Dr Salinas. “Dengan pengakuan, seperti membaca daftar, Anda memiliki kait atau petunjuk tambahan yang membantu Anda menemukan informasi yang Anda cari.”
  • Buat asosiasi antara informasi lama dan baru. Hubungkan nama depan seseorang dengan sesuatu yang familiar. Misalnya, jika nama orang itu Sandy, bayangkan orang itu di pantai. Atau buat cerita seputar daftar belanja. “Otak kita bagus dalam urutan, dan menempatkan sesuatu ke dalam cerita membantu. Semakin konyol, semakin mudah diingat. Misalnya, jika daftar Anda adalah susu, telur, dan roti, ceritanya bisa jadi Anda sedang minum susu dengan Elvis menggunakan sandwich telur,” saran Dr. Salinas.
  • Bagilah informasi menjadi potongan-potongan, seperti mengambil nomor yang panjang dan mengingatnya lebih seperti nomor telepon. “Sulit untuk menyimpan bilangan yang panjang,” kata Dr. Salinas, “Tetapi lebih mudah menyimpan potongan kecil melalui memori kerja.” Jika Anda mencoba menghafal pidato untuk acara pesta perkawinan, fokuslah untuk hanya menjatuhkan satu kalimat atau ide pada satu waktu, bukan seluruh pidato dalam satu pengambilan.

Ketika trik tidak membantu

Cara, meningkatkan, daya, ingat, kemampuan, memori, proses, penuaan, usia, kondisi, kesehatan, optimal, fungsi, efektif, latihan, mental, ingatan, trik, mengingat, strategi, ahli, saraf, catatan, lingkungan, berpikir, diet, sehat, olahraga, merokok, tekanan, darah, kolesterol, gula darah, efek samping, obat,

Ilustrasi: kesulitan mengingat sesuatu

Melupakan sesuatu yang kecil dari waktu ke waktu mungkin normal. Hal ini menjadi tidak normal ketika perubahan memori mengganggu fungsi sehari-hari. Dr Salinas menyarankan Anda berbicara dengan dokter Anda jika Anda membuat lebih banyak kesalahan daripada biasanya di tempat kerja; kesulitan membayar tagihan; atau kesulitan menyelesaikan tugas, memasak, mengirim email, atau melakukan tugas-tugas. Tapi jangan panik. “Lebih sering daripada tidak, ada penyebab sementara atau reversibel di balik slip memori Anda. Setelah itu diurus, Anda dapat kembali ke mengingat diri Anda yang lebih biasa,” kata Dr Salinas.

Dalam banyak hal, kita membentuk siapa kita. Mereka membuat biografi internal kita — kisah-kisah yang kita ceritakan tentang apa yang telah kita lakukan dengan hidup kita. Mereka memberitahu kita siapa-siapa saja yang terhubung dengan kita, siapa yang telah kita sentuh selama hidup kita, dan siapa yang telah menyentuh kita. Singkatnya, kita sangat penting bagi esensi siapa kita sebagai manusia.

Itu berarti kehilangan memori yang berkaitan dengan usia dapat mewakili hilangnya diri. Itu juga mempengaruhi sisi kehidupan praktis, seperti berkeliling lingkungan atau mengingat cara menghubungi orang yang Anda cintai. Oleh karena itu, tidaklah mengherankan jika kekhawatiran tentang menurunnya kemampuan berpikir dan ingatan merupakan salah satu ketakutan teratas yang dimiliki orang-orang dengan bertambahnya usia mereka.

Apa yang menyebabkan sebagian orang kehilangan ingatan sementara yang lain tetap tajam sebagai taktik? Gen memainkan peran, tetapi begitu juga pilihan. Cara yang terbukti untuk melindungi ingatan termasuk mengikuti diet , berolahraga teratur, tidak merokok, dan menjaga tekanan darah, kolesterol, dan gula darah. Menjalani kehidupan yang aktif secara mental juga penting. Sama seperti otot yang semakin kuat dengan penggunaan, latihan mental membantu menjaga keterampilan mental dan ingatan dalam nada.

Apakah beberapa jenis ‘kerja otak’ lebih efektif daripada yang lain? Setiap latihan otak lebih baik daripada menjadi ‘Couch Potato’ alias hanya bermalasan-malasan tanpa melakukan apapun. Tetapi kegiatan dengan dampak paling besar adalah yang mengharuskan Anda bekerja di luar apa yang mudah dan nyaman. Bermain putaran solitaire tanpa akhir dan menonton maraton dokumenter terbaru di History Channel mungkin tidak cukup. Mempelajari bahasa baru, menjadi relawan, dan kegiatan lain yang membuat otak Anda menjadi lebih baik.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: