Serba-serbi Tentang Serum Wajah

serum, kulit, wajah, kandungan, label, kemasan, jenis, kulit, kering, bahan-bahan, bukan, pelembap, krim, lotion, konsentrat, tinggi, keluhan, review, brand, retinoid, vitamin, C, kusam, hyaluronic acid, cara, memilih, menggunakan Kulit sehat, kencang, dan awet muda

Banyak hal membaik seiring bertambahnya usia, sayangnya, belum tentu terjadi pada kulit Anda. Kerutan, bintik-bintik coklat, dan kusam umumnya sering terjadi seiring tahun-tahun berlalu. Untuk mengatasi masalah itu, sebagian besar wanita mencoba melakukan perawatan dengan menggunakan serum kulit. Serum biasanya mudah diserap karena berbentuk cairan berbahan dasar minyak atau air yang bisa meresap di kulit Anda. Serum biasanya dikemas dalam botol kecil dengan pipet, dan Anda hanya perlu beberapa tetes untuk diaplikasikan ke seluruh wajah.

Menurut Dr. Abigail Waldman, instruktur dermatologi di Harvard Medical School. mengatakan bahwa serum kulit bukanlah pelembap, seperti lotion atau krim. Sebaliknya, serum adalah formulasi yang sangat terkonsentrasi yang dirancang untuk meresap ke dalam kulit dengan cepat, memberikan dosis bahan intensif yang dapat mengatasi keluhan kulit umum. Waldman merekomendasikan serum untuk siapa saja yang khawatir tentang tanda-tanda penuaan. Serum adalah cara yang sangat bagus untuk mendapatkan efek ekstra terhadap anti-penuaan, lebih dari pelembap dan tabir surya Anda.

Bagaimana cara memilih dan menggunakan serum kulit?

Menurut Dr. Maryam M. Asgari, profesor di departemen dermatologi di Harvard Medical School, serum biasanya diaplikasikan pada kulit setelah dibersihkan (sebelum pelembap). Beberapa serum memiliki satu bahan utama, sementara yang lain, termasuk yang khusus tanda-tanda penuaan merupakan formula kombinasi. Asgari merekomendasikan dan juga memakai serum yang memiliki kombinasi vitamin C, vitamin E, dan asam ferulat. Ada literatur yang menunjukkan bahwa vitamin C secara khusus dapat mencegah bintik-bintik coklat, membalikkan kerusakan dari sinar ultraviolet, dan merangsang pertumbuhan kolagen baru.

Pilihan serum kulit lain yang baik untuk mengatasi dan menangani keriput adalah yang mengandung antioksidan termasuk polifenol teh dan resveratrol. Retinol, untuk mengurangi peradangan, juga merupakan pilihan bagus seperti niacinamide.

serum, kulit, wajah, kandungan, label, kemasan, jenis, kulit, kering, bahan-bahan, bukan, pelembap, krim, lotion, konsentrat, tinggi, keluhan, review, brand, retinoid, vitamin, C, kusam, hyaluronic acid, cara, memilih, menggunakan

Ilustrasi: kulit wajah bermasalah (sumber: infoaging.org)

Jika Anda ingin melawan blotchiness dan perubahan warna, carilah formula yang dapat mencerahkan dan meringankan bercak gelap, termasuk asam kojic dan asam glikolat. Jika kulit Anda kering, kencang, dan terkelupas, temukan serum kulit yang mengandung vitamin E, niacinamide, dan asam glikolat. Juga bisa mencari kandungan ceramide, yang merupakan molekul lemak untuk membantu menahan kulit dan menjaga kelembapan. Pilihan lainnya adalah serum yang mengandung asam hyaluronic.

Baca juga:  Wardah White Secret Sebaiknya Untuk Umur Berapa?

Anda juga bisa memilih serum yang memiliki reputasi baik di pasaran, telah teruji secara klinis, dan melampirkan secara detail kandungan formula yang tertera pada kemasan. Selain itu, jangan lupa untuk merujuk ke kondisi kulit Anda. Jika kulit berminyak, pilihlah serum dengan kandungan salicylic acid atau glycolic acid.

Sedangkan jika memiliki kulit kering, gunakan serum dengan kandungan yang mampu menghidrasi kulit seperti hyaluronic acid. Jika kulit Anda kusam atau kombinasi, serum dengan kandungan retinoid dan vitamin C akan ampuh mengembalikan tampilan kulit cerah Anda.

Untuk kulit yang kering, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat kulit wajah tetap kencang dan awet muda di usia tua adalah dengan menggunakan serum yang dimulai sejak usia 20-an. Di pasaran, banyak jenis serum yang tersedia untuk berbagai jenis kulit dan memiliki kandungan sangat beragam. Semua serum di pasaran pasti memiliki keunggulannya masing-masing. Bagi pemilik kulit wajah kering, masalah yang sering dialami adalah kulit yang terasa kencang terutama setelah mandi atau cuci muka, mudah mengelupas, mudah timbul serpihan kulit kering, serta terlihat kusam sampai munculnya kerutan atau garis-garis halus jauh sebelum waktunya.

Kulit kering adalah kondisi umum yang sering dialami oleh seseorang di mana bagian lapisan terluar dari kulit kekurangan cairan. Untuk mengatasinya, Anda perlu memilih serum wajah yang bisa menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Selain itu, masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih serum wajah untuk kulit kering, beberapa di antaranya, yaitu:

Baca juga:  Tips dan Trik Pengaplikasian Lipstik Dari Penata Rias Profesional

Memilih serum yang mengandung bahan hidrator (memberikan hidrasi pada kulit)

serum, kulit, wajah, kandungan, label, kemasan, jenis, kulit, kering, bahan-bahan, bukan, pelembap, krim, lotion, konsentrat, tinggi, keluhan, review, brand, retinoid, vitamin, C, kusam, hyaluronic acid, cara, memilih, menggunakan

Ilustrasi: kulit sehat terhidrasi dengan baik (sumber: purplle.com)

Salah satu bahan yang dibutuhkan kulit kering adalah bahan yang mampu memberikan hidrasi pada kulit dan menjaga kadar air agar tidak terevaporasi dari dalam kulit. Salah satunya adalah glycerin dan hyaluronic acid. Kedua bahan tersebut mampu menjaga kulit tetap terasa lembap lebih lama.

Pilih serum wajah dengan kandungan antioksidan
Antioksidan berfungsi untuk melindungi kulit dari dari pengaruh buruk lingkungan seperti kotoran, debu, dan polusi. Kulit kering pun cenderung tidak memiliki lapisan yang melindungi lapisan kulit bagian dalam sehingga diperlukan antioksidan untuk melindungi lapisan kulit. Vitamin E adalah salah satu antioksidan yang banyak ditemukan pada produk perawatan kulit wajah. Pilihlah serum yang mengandung vitamin E untuk membantu melindungi kulit.

Membaca review

Tidak hanya untuk jenis kulit kering, ada baiknya sebelum memilih serum wajah, bacalah rekomendasi atau review dari orang yang sudah memakainya agar bisa menjadi penilaian sebelum menggunakannya. Apalagi dari pengguna yang juga tinggal di Indonesia karena minimal mengalami iklim yang sama.

Memilih serum berdasarkan serum berdasarkan reputasi brand

Memilih serum wajah untuk kulit kering haruslah berasal dari brand yang memiliki reputasi baik di pasaran, memiliki izin edar dari badan yang berwenang di Indonesia, dan mencantumkan secara detail kandungan formula yang terkandung dalam serum wajah pada kemasan. Memilih produk yang telah memiliki reputasi baik tentunya lebih menjamin daripada memilih serum yang belum jelas reputasinya.

Salah satu rekomendasi serum wajah yang bagus untuk kulit kering yang bisa Anda pilih dari The Body Shop, yaitu The Body Shop Vitamin E Intense Moisture Serum. Produk ini tidak hanya  merawat kulit yang kering, tapi juga menutrisinya secara maksimal. Serum berukuran 30 ml ini diformulasikan dengan antioksidan yang berasal dari vitamin E karena vitamin E mencegah terbentuknya lipofuscin, suatu lemak yang teroksidasi pemicu proses penuaan dini. Selain itu, vitamin E dan wheatgerm oil yang ada di dalamnya juga bisa memberikan dan menjaga kelembapan alami kulit.

serum, kulit, wajah, kandungan, label, kemasan, jenis, kulit, kering, bahan-bahan, bukan, pelembap, krim, lotion, konsentrat, tinggi, keluhan, review, brand, retinoid, vitamin, C, kusam, hyaluronic acid, cara, memilih, menggunakan

The Bodyshop Vitamin E Intense Moisture Serum (sumber: id.carousell.com)

Untuk mendapatkan The Body Shop Vitamin E Intense Moisture Serum, Anda bisa membelinya di gerai resmi The Body Shop atau melalui situs resminya di www.thebodyshop.co.id.

Baca juga:  Produk Garnier Cocok Digunakan Untuk Umur Berapa?

Apakah semua serum kulit diciptakan sama?

Mungkin tidak semua serum bekerja. Seberapa baik serum bekerja tergantung pada bahan aktif, formulasi, kendaraan, dan stabilitas senyawa. Hal itu dikatakan oleh Dr. Asgari. Harga serum bervariasi dari kurang dari $ 20 (sekitar Rp hingga ratusan dolar. Menurut Waldman, harga tidak membuat perbedaan. Hal yang lebih penting dari harga adalah bahan dalam serum. Jadi, sebelum membeli serum, sebaiknya biasakan membaca kandungan pada kemasan untuk menemukan formulasi terbaik untuk kebutuhan Anda.

Menurut  Dr. Asgari, bahan-bahan dalam serum yang kuat dapat mengiritasi kulit sensitif. Sebelum membeli serum, jika memungkinkan untuk dicoba, selalu uji area kecil (pada kulit wajah) sebelum Anda menerapkan serum kulit di seluruh wajah. Dan, berhati-hatilah ketika menggabungkan serum yang mengandung asam dengan produk lain yang juga mengandung asam. Misalnya, kulit Anda mungkin terganggu jika menggunakan serum dengan vitamin C (yang bersifat asam) dan juga krim retinol, atau jika Anda menggunakan serum retinol bersama dengan krim retinol resep.

Secara singkat, serum memang berguna dalam tahapan perawatan kulit wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perlu memerhatikan urutan pemakaian (sebelum serum). Setelah memakai serum, disarankan untuk mendiamkan sejenak. Anda bisa memilih serum sesuai dengan kebutuhan. Dan, untuk menjaga kandungan di dalam serum tetap bermanfaat, sebaiknya simpan di suhu ruangan sejuk (jangan terpapar sinar matahari secara langsung). Perlu diperhatikan juga bahwa serum mungkin diciptakan tidak untuk semua orang. Pasalnya, belum tentu semua orang cocok menggunakannya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: