Seputar Eyelash Extension Beserta Kekurangan & Kelebihannya

ekstensi, bulu, mata, eyelash, extension, tempat, jasa, hal, teknik, tweezer, palsu, asli, buatan, tes, alergi, di, kekurangan, kelebihan, konsultasi, mahal, hemat, waktu, jam, bahan, lentik, tebal, panjang, perawatan Ilustrasi: bulu mata lentik

Apa yang Anda lakukan jika memiliki waktu setidaknya 5 menit untuk berdandan? Bagian mana yang paling membutuhkan riasan? Beberapa orang mungkin saja memilih area mata, tetapi ada juga yang berfokus pada alis, bisa jadi di area bibir, dan lainnya. Jika Anda termasuk yang lebih nyaman jika mata diberi riasan, mungkin penjelasan berikut akan membantu.

Area mata yang telah dirias akan membantu penampilan terlihat lebih ‘hidup’. Salah satunya adalah pemakaian maskara untuk membuat tampak lentik, panjang, hitam, dan tebal. Dengan begitu, penampilan Anda akan semakin menarik. Tetapi, mungkin hal itu tidak berlaku bagi siapa saja yang sudah memiliki yang sudah panjang, lentik, dan tebal secara alami.

Namun, bagaimana untuk orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk berdandan, walaupun hanya untuk pengaplikasian maskara? Salah satu solusinya adalah eyelash extension atau bulu mata. Dilihat dari namanya, eyelash berarti bulu mata, extension artinya perpanjangan. Maka, teknik itu merupakan menyambung bulu mata asli dengan bulu mata buatan. Alternatif bulu mata ini dinilai cocok bagi orang yang ingin bulu matanya terlihat lentik sepanjang waktu tanpa harus memakai maskara atau penjepit bulu mata.

Hal-Hal Seputar Ekstensi Bulu Mata (Eyelash Extension)

Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pemasangan bulu mata palsu dengan teknik ekstensi bulu mata, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Teknik ini tidak seperti memasang bulu mata palsu menggunakan lem khusus, tetapi lebih membutuhkan keterampilan dan ketelitian. Hal ini dikarenakan pemasangan bulu matanya dilakukan per helai, sehingga apabila tidak teliti (dan juga sabar), maka hasilnya tidak akan maksimal.

ekstensi, bulu, mata, eyelash, extension, tempat, jasa, hal, teknik, tweezer, palsu, asli, buatan, tes, alergi, di, kekurangan, kelebihan, konsultasi, mahal, hemat, waktu, jam, bahan, lentik, tebal, panjang, perawatan

Proses pemasangan ekstensi bulu mata (sumber: extensiontraining.com)

Sebelum bulu mata dipasang, mungkin Anda akan diberikan pilihan jenis bulu mata yang Anda mau. Apakah itu bahannya, panjang bulu matanya, dan lain-lain. Sebagian besar salon atau tempat pemasangan ekstensi bulu mata akan membantu Anda dan memberikan konsultasi dalam menentukan ekstensi bulu mata yang sesuai.

Menurut ahli ekstensi bulu mata, Clementina Richardson dari Envious Lashes mengatakan bahwa saat ini ada beberapa tekstur berbeda untuk ekstensi bulu mata. Anda bisa menggunakan bahan berupa bulu serat faux-mink premium yang fleksibel dan ringan. Anda juga bisa memilih bulu mata dari bahan ultra-sutra yang lembut tetapi dapat membuat tampilan lebih dramatis daripada serat faux-mink. Richardson menyarankan bagi Anda yang ingin tampilan alami supaya memilih satu set bulu mata palsu yang berisi sekitar 80-90 helai per mata dan tergantung pada ukuran kelopak mata.

Setelah Anda menemukan tampilan bulu mata sesuai keinginan, langkah selanjutnya adalah pengaplikasian. Tidak perlu membayangkan bahwa pengaplikasiannya dilakukan secara terburu-buru, karena pemasangan dilakukan dengan cara yang teliti. Teknisi atau orang yang memasangkan bulu mata akan menggunakan alat dengan tweezer dan berukuran kecil. Alat ini berfungsi untuk menempelkan helai demi helai dari bulu mata palsu. Teknisi akan merekatkan satu per satu bulu mata sesuai keadaan bulu mata asli masing-masing orang.

Pemasangan bulu mata biasanya memakan waktu sekitar 1 hingga 2 jam (atau bisa jadi lebih). Sehingga, bagi Anda yang ingin melakukan ekstensi bulu mata, diharapkan meluangkan waktu setidaknya 2 jam sehingga Anda tidak merasa terburu-buru pada saat teknisi melakukan pemasangan bulu mata. Pada waktu bulu mata dipasangkan, Anda memejamkan mata. Beberapa orang mungkin akan merasa kurang nyaman, namun cobalah untuk lebih rileks supaya hasil bisa maksimal.

Kekurangan Ekstensi Bulu Mata

ekstensi, bulu, mata, eyelash, extension, tempat, jasa, hal, teknik, tweezer, palsu, asli, buatan, tes, alergi, di, kekurangan, kelebihan, konsultasi, mahal, hemat, waktu, jam, bahan, lentik, tebal, panjang, perawatan

Ilustrasi: bulu mata lentik tambahan

Butuh Kesabaran

Dalam proses pemasangan ekstensi bulu mata, Anda diharuskan memejamkan mata selama kurang lebih 2 jam (tergantung pada ketebalan bulu mata yang diinginkan). Anda harus rela bersabar untuk diam memejamkan mata selama proses ini. Kalau Anda tipikal yang tidak betah diam, Anda mungkin akan merasa proses ini mungkin akan terasa tidak nyaman.

Perlu Ekstra

Dari mulai tidak boleh sembarang mengucek mata, dilarang menggunakan eye makeup remover berbahan minyak, tidak boleh pakai produk rias mata waterproof, harus berhati-hati saat mencuci , sampai tidak boleh tidur dengan menghadap bantal. Inilah beberapa aturan yang harus Anda perhatikan setelah melakukan proses eyelash extensions.

Lebih Mahal Dari Maskara/Produk Bulu Mata Palsu

Dengan hasil mata yang terlihat lebih hidup, Anda juga harus mengeluarkan bujet yang tidak sedikit. Ekstensi bulu mata memang akan menghemat waktu dalam berdandan, namun biayanya juga mungkin tidak terbilang sedikit. Biaya pemasangannya mungkin lebih mahal dari harga maskara atau produk bulu mata palsu.

Kelebihan Ekstensi Bulu Mata

ekstensi, bulu, mata, eyelash, extension, tempat, jasa, hal, teknik, tweezer, palsu, asli, buatan, tes, alergi, di, kekurangan, kelebihan, konsultasi, mahal, hemat, waktu, jam, bahan, lentik, tebal, panjang, perawatan

Ilustrasi: merias bulu mata

Hemat Waktu

Karena bulu mata sudah terlihat lentik, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu untuk menggunakan penjepit bulu mata, maskara atau menempelkan bulu mata palsu. Misalnya saja pada suatu ketika Anda bangun kesiangan padahal ada meeting, tidak perlu khawatir, cukup sapukan lipstik dan rapikan alis, maka penampilan tetap terlihat menarik. Dengan melakukan ekstensi bulu mata, rutinitas berdandan bisa dipangkas sekitar 10-15 menit lebih cepat. Anda juga bisa melewatkan proses membersihkan riasan mata sebelum tidur.

Mata Sudah Terlihat ‘Hidup’

Terkadang Anda membutuhkan bantuan makeup agar mata terlihat lebih ‘hidup’. Mungkin bisa dilakukan dengan cara memulaskan eyeliner, eyeshadow dan maskara. Dengan ekstensi bulu mata, Anda bisa melewatkan pengaplikasian produk-produk itu.

Sebelum melakukan ekstensi bulu mata, sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan ahlinya. Hal itu dikarenakan ada beberapa kondisi yang mungkin tidak disarankan melakukan teknik itu, seperti orang yang memiliki blepharitis dan ocular rosacea. Kedua penyakit ini menyerang daerah mata dan biasanya menyebabkan bengkak, gatal, dan kemerahan. Oleh karena itu, beberapa tempat biasanya menyediakan tes alergi sebelum dilakukan ekstensi bulu mata.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: