Sepele Tapi Menguntungkan, Ini Tips Merintis Bisnis Persewaan Mainan Anak

Ilustrasi: ibu mengasuh sambil bekerja (sumber: workingmother.com)

Sebagai seorang ibu rumah tangga, tentunya para wanita ingin bisa membantu mendukung perekonomian dalam keluarga. Tidak harus dengan sesuatu yang sifatnya muluk-muluk, wanita pun bisa memulai bisnis atau usaha dari segala sesuatu yang ia sukai atau sesuatu yang ia mampu. Misalnya saja membuka bisnis pemesanan makanan tertentu atau bisa juga dengan merintis bisnis persewaan mainan anak.

Dewasa ini persewaan mainan anak rupanya menjadi usaha yang cukup populer dan banyak diminati oleh masyarakat, baik di daerah maupun di kota-kota besar. Perkembangan jenis mainan yang terus bertambah dan karakteristik anak yang seringkali mudah bosan terhadap mainan barunya tentu mendorong orang tua untuk terus menghemat pengeluaran. Alhasil jasa rental atau persewaan mainan anak pun kini semakin banyak dicari.

Dibandingkan membeli mainan sendiri yang usia pakainya mungkin tak terlalu lama, para orang tua kini mulai mempertimbangkan untuk menyewakan mainan bagi anak-anaknya. Terlebih karena beberapa mainan terbaru kini dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Nah, coba bayangkan saja jika yang menyewa mainan jumlahnya banyak dan intensitasnya sering. Tentu sudah bisa dibayangkan berapa banyak keuntungan yang masuk ke dompet Anda. Jika Anda tertarik memulai bisnis ini, Anda bisa menyimak ulasan lengkap seputar bisnis persewaan anak berikut ini!

Perhitungan Modal & Laba Bisnis Rental Mainan Anak

Modal AwalHarga
Koleksi aneka permainan anak-anakRp5.000.000
Rak-rak kayuRp1.000.000
TotalRp6.000.000
Ilustrasi: tempat rental permainan anak (sumber: anesanisa.com)

Ilustrasi: tempat rental permainan anak (sumber: anesanisa.com)

Seluruh peralatan atau permainan biasanya akan mengalami penyusutan setelah 4 tahun pemakaian dengan nilai residu sebesar Rp1.000. Jadi apabila dihitung biaya penyusutannya adalah: Rp6.000.000 – Rp1.000)/4 = Rp1.499.750 per tahun atau Rp125.000 per bulan. Berikut perhitungan keuntungan yang bisa Anda peroleh dari bisnis persewaan mainan.

Biaya Operasional per BulanRincian
Biaya telepon dan internetRp500.000
Biaya penyusutanRp125.000
Biaya lain-lainRp200.000
TotalRp825.000
Omzet:

Asumsi pendapatan per bulan (dengan harga sewa rata-rata @Rp200.000)

15 x Rp200.000

Rp3.000.000
Laba bersih per bulan

Rp3.000.000 – Rp825.000

Rp2.175.000

Tips Merintis Bisnis Persewaan Mainan Anak

Ilustrasi: tempat rental permainan anak (sumber: kakarental.com)

Ilustrasi: tempat rental permainan anak (sumber: kakarental.com)

Tempat

Menurut Kurniaini (2017), kelebihan bisnis ini adalah tidak membutuhkan show room untuk memajang koleksi mainan anak. Cukup sediakan foto semua permainan yang akan Anda gunakan untuk diunggah ke sosial media, website, flyer, atau brosur.

Menyediakan Aneka Mainan

Sebagai rental atau persewaan mainan, Anda tentunya juga wajib menyediakan koleksi permainan yang lengkap dan diklasifikasikan berdasarkan usia anak-anak. Sebagai permulaan, Anda bisa survei terlebih dahulu jenis permainan apa yang paling disukai oleh anak-anak. Jika sudah tahu, maka Anda bisa memperbanyak koleksi mainan tersebut.

Menentukan Harga Sewa

Anda bisa mulai menentukan tarif atau biaya sewa mainan berdasarkan jenis dan lama penggunaannya. Sebaiknya mainan yang Anda beli dengan harga mahal juga disewakan dengan tarif yang mahal pula. Anda bisa mematok tarif dengan hitungan per jam atau per putaran (untuk mainan kendaraan yang dapat dinaiki). Beberapa pemilik usaha rental mainan biasanya juga menerapkan sistem deposit sesuai kesepakatan. Uang deposit yang ditinggalkan sang penyewa ini akan dikembalikan setelah sewa permainan berakhir.

Pelayanan

Agar dapat bersaing dengan usaha sejenis, sebaiknya tawarkan pelayanan yang prima untuk para pelanggan. Anda bisa menyediakan paket-paket persewaan atau bahkan menawarkan promo diskon untuk penyewaan mainan pada durasi atau frekuensi tertentu supaya dapat menjaring lebih banyak pelanggan. Selain itu, cek kondisi mainan secara berkala. Karena dipakai oleh banyak orang, pastikan mainan yang Anda sewakan selalu dalam kondisi baik dan juga bersih supaya tidak mengganggu kenyamanan penyewa lainnya.

Supaya tidak merugi saat menjalankan bisnis persewaan mainan anak ini, Anda mungkin juga bisa menerapkan sistem denda bagi para penyewa yang terlambat mengembalikan mainan yang dipinjam atau denda untuk kerusakan mainan akibat kelalaian sang penyewa. Anda bisa menarik denda sesuai kesepakatan Anda dan juga pihak pelanggan.

Usahakan juga Anda selalu menyediakan mainan-mainan terbaru atau up-to-date yang mengikuti perkembangan zaman. Anda bisa selalu mengecek koleksi mainan terbaru yang sedang hits dengan melihat media sosial atau bahkan melalui situs e-commerce.

Referensi:

Kurniaini, Lily. 2017. 50 Ide Bisnis Bermodal 5 Jutaan. Dewi HP, editor. Yogyakarta (ID): Stiletto Book.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: