Seorang Ayah Dipenjara Karena Bahayakan Anaknya Demi Popularitas di Medsos

Foto selfie yang dikecam netizen dan menjadi viral [foto: Facebook/Yahoo]

Demi mendapatkan ribuan like di Facebooknya, seorang ayah  di Algeria, melakukan aksi yang membahayakan nyawa seorang anak kecil.  Ia tampak memegang baju bagian belakang anak itu di tangan kiri, dan memposisikan seakan-akan ia akan menjatuhkan si anak dari bangunan setinggi 15 lantai (sekitar 50m dari permukaan tanah).

Nampaknya, pria itu memegang kamera di tangan kanannya untuk mengambil gambar selfie tersebut. Di foto itu tampak tulisan, “berikan 1.000 like atau aku jatuhkan anak ini”, begitu tulisnya. Anak kecil dalam foto itu terlihat sangat ketakutan karenanya.

Menanggapi adanya foto tersebut, sebagian besar orang mengecam dan melaporkan pria tersebut melalui jalur hukum karena telah membahayakan nyawa orang lain. Tindakan yang terpublikasi secara viral itu menarik intervensi dari pihak keamanan setempat.

Jaksa dalam perkara yang kemudian disidangkan itu mengungkapkan bahwa lelaki itu melakukan tindakan yang membahayakan itu semata-mata demi mendapatkan Facebook engagement di akun pribadinya. Sesuai dengan hukum yang berlaku di negara setempat, pria tersebut diputuskan dikenai sanksi 2 tahun penjara pada Senin (19/06) atas tuduhan child abuse.

Baca juga:  Pentingnya Komunikasi Keluarga & Hubungannya Terhadap Kecenderungan Anak Konsumsi Zat Terlarang

Menurut pengamat, keinginan mendapatkan perhatian atau popularitas di media sosial merupakan dampak negatif dari tindakan selfie. Saat seseorang mengirimkan sesuatu di media sosial pribadinya, ada keinginan untuk menarik perhatian orang lain melalui kirimannya tersebut. Hal ini secara tidak langsung akan memicu ketergantungan terhadap ponsel mereka.

“Menurut saya, kita harus berpikir ini mirip dengan bentuk lain dari ketergantungan,” kata Phil Reed, profesor psikologi di Swansea University. “Anda harus mencari tahu penyebab kecanduan,” tambahnya. Ia menunjukkan bahwa beberapa orang yang kecanduan ponsel, hanya dikarenakan mereka menyukainya, sementara yang lain mungkin melihatnya sebagai cara untuk melarikan diri dari permasalahan hidupnya.

Selain ingin mendapatkan popularitas, ketergantungan terhadap ponsel dan media sosial akan membuat Anda menjadi lebih sering untuk tidak acuh terhadap orang lain ketika dalam suatu lingkungan sosial.

Baca juga:  Sederet Artis Korea yang Diisukan Lakoni Operasi Plastik (Oplas) Total

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: