Selain Wortel, 10 Makanan Ini Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Wortel, makanan, untuk, menjaga, kesehatan, mata, katarak, vitamin, A,C, E, seng, zinc, zeaxanthin, asam, lemak, omega 3, bermanfaat, konsumsi, paprika, biji, bunga, matahari, sayuran, hijau, kacang, olahraga, periksa, dokter, labu, brokoli, buah, sayur, anak, gaya, hidup, penglihatan, jenis, penelitian Jaga kesehatan mata dengan makanan bernutrisi

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang cukup vital. Maka dari itu, sudah selayaknya setiap individu menjaga kesehatan matanya. Karena jika tidak dirawat dengan baik, akan timbul banyak gangguan yang dapat merusak mata kita. Makanan yang paling dikenal manfaatnya untuk kesehatan mata adalah wortel, yang selama ini kita tahu. Namun, tidak hanya wortel atau vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata Anda. Makanan lain dengan kandungan zat gizi lain juga bermanfaat untuk kesehatan mata.

Jenis makanan yang mengandung vitamin C dan E, seng (zinc), lutein, zeaxanthin, dan asam lemak omega-3 juga berperan dalam menjaga kesehatan mata Anda. Semua zat gizi ini dapat membantu mencegah katarak dan degenerasi makula yang disebabkan karena faktor usia (membuat ketajaman penglihatan Anda menurun). Nah, selain wortel, berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata yang perlu Anda konsumsi.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Paprika Merah Mentah

Paprika memberi Anda vitamin C paling banyak per kalori. Itu bagus untuk pembuluh darah di mata Anda, dan sains menunjukkan itu bisa menurunkan risiko Anda terkena katarak. Kandungan vitamin ini juga ditemukan dalam banyak sayuran dan buah-buahan, termasuk bok choy, kembang kol, pepaya, dan stroberi. Konsumsi paprika dalam keadaan mentah karena kadar vitamin C masih utuh. Paprika berwarna cerah juga mengemas vitamin A dan E yang baik untuk kesehatan mata.

Biji Bunga Matahari dan Kacang-kacangan

Satu ons biji bunga matahari atau almond memiliki setengah dari jumlah vitamin E yang direkomendasikan USDA untuk orang dewasa setiap hari. Sebuah penelitian besar menemukan bahwa vitamin E, bersama dengan nutrisi lain, dapat membantu memperlambat degenerasi makula terkait usia (Age-related Macular Degeneration) menjadi semakin buruk. Ini juga dapat membantu mencegah katarak. Hazelnut, kacang tanah (kacang polong secara teknis), dan selai kacang juga merupakan sumber vitamin E yang baik.

Baca juga:  Beberapa Penelitian Patahkan Mitos Makan Malam Bikin Gemuk

Sayuran Hijau

Kale, bayam, dan collard hijau, misalnya, kaya akan vitamin C dan E. Jenis sayuran hijau ini juga memiliki karotenoid lutein dan zeaxanthin. Bentuk vitamin A nabati ini menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang, termasuk AMD dan katarak.

Wortel, makanan, untuk, menjaga, kesehatan, mata, katarak, vitamin, A,C, E, seng, zinc, zeaxanthin, asam, lemak, omega 3, bermanfaat, konsumsi, paprika, biji, bunga, matahari, sayuran, hijau, kacang, olahraga, periksa, dokter, labu, brokoli, buah, sayur, anak, gaya, hidup, penglihatan, jenis, penelitian

Bayam mengandung vitamin A nabati yang baik untuk mata

Ikan salmon

Retina Anda membutuhkan dua jenis asam lemak omega-3 untuk bekerja dengan benar: DHA dan EPA. Anda dapat menemukan keduanya dalam ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan ikan trout, serta makanan laut lainnya. Omega-3 juga tampaknya melindungi mata Anda dari AMD dan glaukoma. Tingkat rendah asam lemak ini telah dikaitkan dengan mata kering.

Ubi jalar

Buah-buahan dan sayuran berwarna oranye – seperti ubi jalar, wortel, blewah, mangga, dan aprikot – tinggi akan beta-karoten, suatu bentuk vitamin A yang membantu penglihatan pada malam hari, kemampuan mata Anda untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan. Satu ubi jalar juga memiliki lebih dari setengah vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari dan sedikit vitamin E.

Daging Unggas dan Daging Tanpa Lemak

Baca juga:  Merk Lip Balm yang Diklaim Bagus Untuk Bibir Hitam

Zinc membawa vitamin A dari hati Anda ke retina Anda, di mana itu digunakan untuk membuat melanin pigmen pelindung. Tiram memiliki lebih banyak zinc per porsi daripada makanan lainnya, tetapi Anda tidak harus menjadi pencinta kerang untuk mendapatkan kandungan tersebut. Daging sapi, babi, dan ayam (khususnya bagian dada) adalah sumber yang baik.

Kacang dan Legum

Lebih suka vegetarian, rendah lemak, pilihan serat tinggi untuk membantu menjaga penglihatan Anda tajam di malam hari dan memperlambat AMD? Buncis juga mengandung zinc tinggi, seperti kacang polong hitam, kacang merah, dan kacang lentil. Satu kaleng kacang panggang akan menjaga kesehatan mata Anda.

Telur

Zinc dalam sebutir telur akan membantu tubuh Anda menggunakan lutein dan zeaxanthin dari kuning telurnya. Warna kuning-oranye dari senyawa ini menghalangi cahaya biru berbahaya yang bisa merusak retina Anda. Senyawa ini membantu meningkatkan jumlah pigmen pelindung di makula, bagian dari mata Anda yang mengontrol penglihatan sentral.

Labu

Tubuh Anda tidak bisa membuat lutein dan zeaxanthin sendiri, tetapi Anda bisa mendapatkannya dari labu sepanjang tahun. Labu musim panas juga mengandung vitamin C dan seng. Sementara lebu jenis musim dingin akan memberi Anda vitamin A dan C serta asam lemak omega-3 juga.

Wortel, makanan, untuk, menjaga, kesehatan, mata, katarak, vitamin, A,C, E, seng, zinc, zeaxanthin, asam, lemak, omega 3, bermanfaat, konsumsi, paprika, biji, bunga, matahari, sayuran, hijau, kacang, olahraga, periksa, dokter, labu, brokoli, buah, sayur, anak, gaya, hidup, penglihatan, jenis, penelitian

Labu mengandung zeaxanthin, salah satu sumber vitamin A nabati (sumber: landlord.ua)

Brokoli

Sayuran ini terkait dengan kombinasi nutrisi lain: vitamin A (seperti lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten), vitamin C, dan vitamin E. Semua vitamin ini merupakan antioksidan yang melindungi sel-sel di mata Anda dari radikal bebas, sejenis molekul tidak stabil yang memecah jaringan sehat. Retina Anda sangat rentan terkena radikal bebas.

Baca juga:  Premenstrual Dysphoric Disorder, Bentuk Kelainan PMS dengan Gejala yang Lebih Berat

Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan mata, gaya hidup juga berperan penting untuk menjaga mata agar tidak terkena katarak dan gangguan akibat faktor usia.

Tua, muda, pria, wanita harus rutin memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya 2 tahun sekali agar penglihatan selalu sehat dan terlindungi. Orang dewasa yang sudah berumur lebih dari 40 tahun bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali. Ini berguna untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan penambahan usia, seperti glaukoma dan katarak. Bahkan pada usia antara 6-12 bulan, mata anak sudah harus diperiksa untuk mendeteksi masalah penglihatan yang mungkin dapat mempengaruhi kemampuan belajarnya. Penelitian juga mengungkapkan jika olahraga mungkin dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan penyempitan atau pengerasan pembuluh darah.

Cara menjaga kesehatan mata pun dapat dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Jika terasa seperti ada butiran pasir di mata, bilas dengan air bersih. Dan jika mata terasa gatal atau berubah merah, atasi dengan obat tetes mata atau kompres dingin. Segera periksakan ke dokter mata jika gejala seperti di atas terus berlanjut. Atau jika mata terasa sakit, bengkak, sensitif terhadap cahaya, seperti ada bintik-bintik gelap mengambang ketika melihat, atau setiap kali Anda tidak dapat melihat secara normal.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: