Selain Enak Diminum, Inilah Beberapa Khasiat dan Cara Membuat Masker Yogurt Untuk Jerawat

Masker Yoghurt Masker Yoghurt

Masalah seperti jerawat mungkin kerap kali membutuhkan berbagai cara untuk menghilangkannya. Tindakan untuk mengobati serta mengatasinya, mulai dari perawatan hingga mendatangi klinik . Bagi Anda yang memiliki masalah jerawat dan ingin mencoba perawatan dengan alami, mungkin bisa mencoba yogurt. alami tersebut dapat Anda langsung, maupun dijadikan sebagai masker.

Yogurt adalah suatu olahan yang merupakan fermentasi dari susu yang telah lama dikenal dan memiliki rasa asam. Bahan tersebut dapat dibuat dari susu yang telah dihomogenisasi, susu berkadar lemak rendah atau susu skim dengan penambahan susu skim. Pendapat lain mengatakan bahwa yogurt adalah olahan susu dari hasil fermentasi kedua dari Bakteri Asam Laktat (BAL) sebagai starter, yaitu Streptococcus thermiphilus dan Lactobacillus bulgarius yang hidup bersimbiosis. Lama proses fermentasi akan berakibat pada turunnya pH yoghurt dengan rasa asam yang khas.

Bahan tersebut juga dapat menjadi minuman yang kaya akan gizi. Bila dilihat kandungan gizinya, yogurt tidak kalah dengan susu. Hal tersebut dikarenakan bahan dasarnya adalah susu, bahkan ada beberapa kelebihan pada yoghurt yang tidak dimiliki oleh susu murni, di antaranya dinilai cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif oleh susu. Apabila dikonsumsi secara rutin, dapat menghambat kadar kolesterol dalam darah, karena yogurt mengandung bakteri Lactobacillus, hal ini menjadikannya lebih segar daripada susu segar.

Yogurt dipercaya memiliki sifat anti bakteri dan jamur, sehingga bahan ini dianggap cocok untuk yang rawan terserang jerawat. Yogurt juga dinilai memiliki kandungan zinc yang diketahui dapat membantu menyembuhkan bekas jerawat. Selain itu, bahan tersebut juga dianggap dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat dan menjaga tetap segar dan bersih secara alami tanpa bahan-bahan kimia.

Masker Yoghurt - (Sumber: jprime.jp)

Masker Yoghurt – (Sumber: jprime.jp)

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan yoghurt dengan menjadikannya masker. Cara membuatnya pun tergolong mudah. Pertama, campurkan yogurt plain (tanpa rasa) dengan sedikit air dan campuran citrus apapun, seperti lemon atau jeruk nipis. Anda juga bisa menambahkan madu. Bahan lain yang juga bisa dicampurkan adalah oatmeal, yang akan menjadikan masker menjadi lebih kental.

Setelah bahan tercampur rata, Anda dapat menggunakannya dengan mengoleskan masker ke wajah, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, lalu bersihkan wajah dengan air hangat. Selain dicampurkan dengan buah citrus, Anda juga bisa menggunakannya tanpa campuran apapun, hanya yogurt plain saja.

Sebelum mengoleskan masker ke wajah, sebaiknya wajah Anda dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian, dalam posisi badan telentang, oleskan yoghurt ke seluruh wajah. Diamkan sekitar 15-20 menit. Lalu, bilas menggunakan air hangat untuk membersihkannya.

Apabila dirasa wajah Anda tidak ada reaksi negatif, seperti munculnya jerawat baru, bruntusan, wajah menjadi gatal, dan lainnya, Anda dapat menjadikan masker tersebut sebagai perawatan rutin. Hasil mungkin tidak bisa terlihat dalam waktu singkat, namun hasil yang maksimal dapat Anda dapatkan apabila dilakukan secara rutin (setidaknya 2-3 kali seminggu).

Campuran yoghurt dan lemon dianggap memiliki yang berbeda. Yogurt memiliki kandungan asam laktat, zinc, dan kalsium, yang ketiganya mempunyai khasiat, antara lain:

  • Pengelupasan kulit dari dalam dan menghilangkan sel kulit mati serta meregenerasi sel. Hal ini bisa membantu mengurangi kemerahan atau noda yang disebabkan karena paparan sinar matahari dan penuaan, sekaligus mengobati kulit yang teriritasi.
  • Mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dan membantu mengurangi garis halus dan keriput
  • Mengecilkan pori-pori dan melembapkan wajah
  • Melembutkan kulit dan merangsang produksi kolagen
  • Mengobati jerawat dan mengurangi komedo
  • Sementara itu, untuk lemonnya sendiri, tidak kalah dengan yoghurt, buah ini juga memiliki beragam khasiat bagi wajah, yaitu:
  • Membuang sel kulit mati dan mengurangi noda akibat penuaan dan sinar matahari
  • Meregenerasi sel kulit dan meningkatkan elastisitas kulit dengan menstimulasi produksi kolagen
  • Mencegah munculnya keriput

Sebagai masker wajah, selain mengatasi persoalan jerawat, komedo, tanda-tanda penuaan, yogurt juga dipercaya dapat mencerahkan kulit, membantu memudarkan lingkaran hitam di bawah mata. Selain dapat digunakan sebagai masker wajah, yoghurt juga bisa dijadikan sebagai masker rambut dan juga conditioner. di dalam yogurt dipercaya bagus untuk kulit kepala dan rambut. Bahan tersebut dapat menjadikan rambut bersinar, lembut, dan halus.

Yoghurt Sebagai Bahan Membuat Masker

Yoghurt Sebagai Bahan Membuat Masker

Anda dapat menggunakan yogurt tawar (plain) sebagai masker rambut ataupun kondisioner. Caranya adalah dengan meratakan yogurt ke seluruh rambut, dan gunakan juga untuk memijat kulit kepala Anda. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat. Hal tersebut dapat membantu mendinginkan kulit kepala, mengurangi kerontokan rambut dan mengatasi rambut bercabang.

Ada satu lagi manfaat dari yoghurt untuk kecantikan. juga bisa dijadikan sebagai scrub. Dengan kandungan lactic acid di dalamnya, hasil fermentasi susu tersebut dinilai dapat mengangkat sel kulit mati. Caranya adalah dengan mencampurkannya dengan gandum atau kulit jeruk kering. Setelah tercampur, Anda dapat menggunakannya sebagai scrub. Usapkan ke seluruh tubuh dengan gerakan melingkar. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air hangat atau dingin. Scrub dari yogurt ini juga dapat membuat kulit tubuh menjadi halus dan lembap. Anda juga bisa menggunakannya sebagai krim cukur.

Manfaat selanjutnya dari yogurt, kali ini menyangkut masalah kesehatan gigi. Yogurt dipercaya dapat menjadikan gigi tampak lebih putih. Caranya dengan menggosokkan sedikit yogurt ke gigi Anda sehari sekali. Dalam beberapa minggu, gigi akan terlihat lebih putih. Hal tersebut dinilai karena kandungan fosfor dan kalsium di dalamnya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: