Sekilas Tentang Diet Mayo & Contoh Menu Buka Puasa Yang Dianjurkan

menu, buka, puasa, diet, mayo, sahur, berbuka, jam, asupan, kalori, berat, badan, turun, jenis, populer, garam, olahraga, menit, sehat, sayur, buah, katering, rujak, fase, lose it, live it, wanita, pria, sumber, protein Menu diet mayo penuh buah dan sayuran

Ingin berat badan turun? Lakukan diet. Hal itu mungkin yang terpikir di sebagian besar orang jika mendengar kata turun berat badan. Di samping untuk menurunkan berat badan, biasanya diet ditujukan demi mendukung pola hidup sehat dengan mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang memiliki dampak kurang menguntungkan bagi kesehatan.

Dari sekian banyak jenis diet, diet mayo merupakan salah satu jenis diet yang populer. Diet mayo dilakukan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat dan garam. Para pengikut diet ini akan diberikan menu yang harus dikonsumsi selama kurang lebih 13 hari (ada yang berpendapat 14 hari).

Diet tersebut didasarkan pada buku terbitan Mayo Clinic. bertujuan untuk memperbaiki pola hidup dan menurunkan risiko diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan gangguan tidur. Selain dilakukan dengan pengaturan makanan, diet mayo juga ditunjang dengan aktivitas olahraga setiap hari secara bertahap.

Ada dua fase dalam diet mayo, yaitu:

Fase lose it

Fase ini dimulai dengan tujuan penurunan berat badan yang diharapkan sebanyak 2-5 kg dalam waktu 2 minggu. Pada fase ini, Anda akan mulai menerapkan kebiasaan untuk melakukan pola hidup sehat. Misalnya, kebiasaan makan yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan berlemak, camilan manis, makan sambil menonton televisi, diganti dengan sarapan sehat, empat porsi sayur, dan tiga porsi buah per hari.

Dalam diet mayo, sayur dan buah menjadi makanan yang paling banyak dikonsumsi. Lalu disusul dengan asupan karbohidrat, daging, produk susu, serta lemak. Dan, yang tidak boleh ketinggalan adalah olahraga secara rutin selama 5-10 menit setiap hari (ditingkatkan bertahap). Rekomendasi dari diet mayo sendiri adalah olahraga dengan intensitas sedang sekitar 30 menit per hari. Hal ini dimaksudkan supaya membantu tubuh membakar kalori.

menu, buka, puasa, diet, mayo, sahur, berbuka, jam, asupan, kalori, berat, badan, turun, jenis, populer, garam, olahraga, menit, sehat, sayur, buah, katering, rujak, fase, lose it, live it, wanita, pria, sumber, protein

Mengonsumsi makanan sehat

Fase live it

Setelah melewati fase lose it, dilanjutkan dengan fase ini, di mana target penurunan berat badan adalah 0,5-1 kg/minggu dengan komitmen terhadap diet yang sudah dijalankan agar menjadi diet jangka panjang.

Pada fase live it, Anda harus semakin meningkatkan waktu olahraga sekaligus membuat pilihan makanan, ukuran porsi, perencanaan menu yang tentunya harus berpegang pada kebiasaan yang sehat. Fase ini akan membantu Anda mempertahankan target badan secara permanen.

Dikarenakan termasuk diet dengan banyak peminat, beberapa orang melihatnya sebagai peluang usaha, sehingga saat ini tidak sulit untuk menemukan menu diet mayo di usaha-usaha katering. Asupan dalam menu diet mayo yaitu untuk wanita di bawah berat badan 110 kg, asupan yang disarankan adalah 1200 kalori per hari. Untuk berat badan 110-135 kg, diperlukan sekitar 1400 kalori per hari. Sedangkan untuk yang memiliki berat badan di atas 140 kg disarankan mengonsumsi 1600 kalori per hari.

Tidak hanya untuk wanita, diet mayo juga bisa dilakukan oleh kaum pria. Untuk kaum pria, asupan kalori yang harus dikonsumsi lebih besar dibanding wanita. Bagi pria yang memiliki berat badan di bawah 110 kg, jumlah kalori yang dibutuhkan sekitar 1400 kalori. Untuk berat badan antara 110-135 kg, perlu 1600 kalori. Sementara, untuk berat badan lebih dari 135 kg, akan membutuhkan kalori sebanyak 1800 per hari.

Sebagai gambaran, asupan kalori sebanyak 1200 kalori terdiri dari 4 porsi sayur atau lebih, 3 porsi buah atau lebih, 4 porsi karbohidrat, 3 porsi protein atau susu, dan 3 porsi lemak. Menu diet mayo didominasi dengan jenis makanan yang diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Biasanya tidak ada nasi, hanya ada sayur-sayuran dan sumber protein. Tentunya, makanan yang disajikan diolah tanpa menggunakan garam.

Ketika berpuasa, Anda bisa saja melakukan diet mayo, dengan syarat tidak sampai membuat badan menjadi lemas. Untuk kegiatan olahraga, sebaiknya dilakukan saat mendekati waktu buka puasa, yaitu 2-3 jam sebelum jam berbuka.

menu, buka, puasa, diet, mayo, sahur, berbuka, jam, asupan, kalori, berat, badan, turun, jenis, populer, garam, olahraga, menit, sehat, sayur, buah, katering, rujak, fase, lose it, live it, wanita, pria, sumber, protein

Berolahraga untuk menurunkan berat badan sebelum berbuka

Pada saat berbuka, ada beberapa anjuran menu buka puasa bagi mereka yang menjalankan diet mayo. Menu yang bisa dipilih antara lain makanan dengan kandungan pemanis alami misalnya kurma atau jus buah tanpa gula, minum air putih (minimal 8 gelas yang terbagi saat sahur dan berbuka).

Selain itu, Anda juga bisa memilih rujak buah sebagai menu buka puasa diet mayo. Buah-buahan yang digunakan antara lain ½ nanas, 1 buah belimbing, 3 buah jambu air, 1 buah timun, 50 gram selada, 1 sendok makan (sdm) bubuk cabai, 1 buah jeruk nipis, 8 sdm gula merah cair, dan 20 gram keju parut.

Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu:

  • Potong nanas, timun, belimbing, dan jambu air.
  • Sobek kecil daun selada.
  • Buat saus mayones yang berisi campuran bubuk cabai, saos mayones, dan jeruk nipis.
  • Setelah itu, tata buah yang sudah dipotong di atas piring. Siram dengan gula merah cair.
  • Taburi rujak dengan keju parut.
  • Rujak siap dinikmati.

Setelah menyantap rujak, sebaiknya beri jeda sekitar 1-2 jam setelah berbuka, baru dilanjutkan dengan makan malam sehat. Menu diet mayo bisa diterapkan saat puasa asalkan Anda sudah terbiasa atau telah masuk dalam fase live it. Agar lebih aman, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan ahli gizi sebelum mulai menjalankan puasa dengan diet mayo.

Jika Anda masih bingung menentukan menu diet saat puasa, untuk sahur atau buka, sekarang sudah banyak jasa katering yang menawarkan pilihan menu. Anda bisa mencarinya melalui media sosial seperti Instagram.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: