Sejumlah Treatment dan Prosedur Untuk Meremajakan Kulit Wajah

Kulit, wajah, prosedur, skin, care, treatment, meremajakan, teknologi, chemical, peeling, mikrodermabrasi, laser, perawatan, microneedling, botox, ahli, soft, tissue, filler, facelifts, kosmetik, dokter, awet, muda Kulit wajah kencang & bebas penuaan

Seiring bertambahnya usia, akan kehilangan elastisitas dan mengubah penampilan. Terlebih pada usia 40 tahun ke atas, perubahan pada biasanya sangat terlihat di sekitar wajah dan punggung tangan. Namun dengan berkembangnya teknologi, saat ini wanita bisa dengan mudah melakukan untuk menghapus beberapa garis halus, menyamarkan kerutan, dan beberapa prosedur untuk meremajakan yang disebabkan oleh efek buruk paparan sinar matahari.

Dr. Kenneth Arndt, profesor dermatologi Harvard Medical School and editor medis dari Harvard Special Health Report Skin Care and Repair mengatakan, saat ini telah banyak skin care yang menawarkan sejumlah terapi untuk mengatasi berbagai keluhan dan permasalahan kulit, khususnya untuk wanita.

Ia menambahkan, wanita yang sehat dan aktif, meskipun sudah berusia lanjut tetap bisa melakukan peremajaan kulit sehingga kulit nampak lebih halus dan waktu yang dibutuhkan lebih singkat ketimbang melakukan treatment facelifts atau tindakan operasi plastik lainnya. “Sangat penting untuk memilih perawatan Anda dengan hati-hati dan untuk memeriksa kembali reputasi dan akreditasi dokter yang melakukan prosedur kulit invasif,” kata Dr Arndt.

Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mempertimbangkan risiko dan kemungkinan manfaat dari berbagai perawatan. Prosedur tidak ditanggung oleh asuransi, sehingga mungkin juga merupakan faktor penting dalam memilih prosedur peremajaan kulit. Berikut ini adalah beberapa teknik yang sering digunakan untuk meremajakan , menghilangkan kerutan halus, bekas luka, pigmentasi tidak merata, dan ketidaksempurnaan lainnya, termasuk:

Botox

Kulit, wajah, prosedur, skin, care, treatment, meremajakan, teknologi, chemical, peeling, mikrodermabrasi, laser, perawatan, microneedling, botox, ahli, soft, tissue, filler, facelifts, kosmetik, dokter, awet, muda

suntik botox (sumber: allaboutvision.com)

Suntikan botulinum toxin – kategori yang mencakup Botox, Dysport, dan Xeomin dianggap relatif terjangkau, memiliki risiko sangat sedikit, dan tidak memerlukan waktu pemulihan. Treatment ini cukup efektif untuk menyempurnakan wajah, alis, atau leher yang keriput untuk sementara. Suntik botox merupakan jenis perawatan cukup populer dalam dunia . Berfungsi untuk membuat kulit jadi kencang, menghilangkan kerut dan tanda-tanda penuaan lain, membuat treatment yang satu ini cukup diminati banyak .

Prosedur botox sering dipilih sebagai alternatif terhadap prosedur face lift dan operasi plastik lain. Botox ini mau tidak mau harus disuntikkan ke otot yang mengatur ekspresi wajah. Penyuntik botox pun tidak boleh sembarangan, harus dokter yang ahli dan berpengalaman. Jika salah suntik, wajah malah jadi tidak simetris. Mulut jadi tidak simetris, alis terlalu naik dan sebagainya. Sejumlah ahli berpendapat botox adalah prosedur yang relatif aman. Sifatnya reversible alias bisa kembali ke posisi semula. Botox ini kemudian akan diserap dan dibuang lewat cairan tubuh dalam hitungan beberapa bulan.

Soft Tissue Filler

Soft Tissue Filler hadir di dunia kedokteran estetika masa kini, memberikan treatment yang aman untuk meremajakan kulit dan mengisi kekosongan wajah. Sehingga membuat pasiennya tampak segar dan muda tanpa berubah menjadi orang lain.

Kulit, wajah, prosedur, skin, care, treatment, meremajakan, teknologi, chemical, peeling, mikrodermabrasi, laser, perawatan, microneedling, botox, ahli, soft, tissue, filler, facelifts, kosmetik, dokter, awet, muda

Soft tissue filler pada bagian tulang pipi dan rahang

Suntikan soft tissue filler atau yang disebut pengisi jaringan lunak di bawah kulit dapat menambah tinggi ke tulang pipi, memperbaiki garis rahang, mengurangi jerawat atau bekas luka bedah, mengembalikan kepenuhan pada pipi cekung dan mata, mengisi garis-garis vertikal yang halus, melengkungkan bibir, dan mengisi lipatan nasolabial (bagian dalam) garis yang mengalir dari luar lubang hidung ke sudut mulut.

Beberapa filler, seperti asam hyaluronic dan asam poli-L-laktat, akhirnya diserap oleh tubuh. Lainnya mengandung bahan padat berukuran sangat kecil yang tersuspensi dalam gel. Gel diserap dari waktu ke waktu, dan partikel-partikel kecil tersebut akan membentuk rangka untuk pertumbuhan kolagen.

Chemical Peeling

Chemical peeling merupakan jenis perawatan kulit yang melibatkan pengelupasan pada lapisan kulit. Perawatan ini sering dilakukan untuk membersihkan dan memperbaiki kulit, serta menghilangkan bekas jerawat. Dalam proses perawatan ini, akan menghilangkan sel kulit mati sehingga kulit baru akan tampil lebih cerah.

Namun, setelah melakukan chemical peeling, kulit akan menjadi sangat sensitif dan terasa lebih kering. Untuk itu Anda dapat merawat kulit dengan menggunakan lotion atau krim pelembap yang dapat menghidrasi. Sebaiknya gunakan moisturizer dengan tidak menggosok kulit agar tidak terjadi iritasi pada kulit setelah chemical peeling.

Kulit, wajah, prosedur, skin, care, treatment, meremajakan, teknologi, chemical, peeling, mikrodermabrasi, laser, perawatan, microneedling, botox, ahli, soft, tissue, filler, facelifts, kosmetik, dokter, awet, muda

Metode chemical peeling (sumber: pria.com.br)

Paparan sinar matahari juga dapat membuat kulit menjadi kemerahan setelah melakukan chemical peeling. Maka sebaiknya Anda menggunakan tabir surya yang memiliki proteksi terhadap sinar matahari dengan SPF50 PA+++. Selain itu, perawatan chemical peeling juga dapat menyebabkan kemerahan, apalagi jika Anda sering menyentuh tekstur kulit wajah. Maka dari itu, jangan terlalu sering menyentuh wajah. Wajah yang memerah setelah chemical peeling biasanya terjadi selama 10 hari.

Mikrodermabrasi

Umumnya, istilah ini berkaitan erat dengan perawatan di klinik-klinik kecantikan sebagai salah satu prosedur populer yang cukup sering ditawarkan. Mikrodermabrasi adalah prosedur non-chemical dan non-invasive yang menggunakan butiran kristal berukuran sangat kecil (mikro) untuk mengangkat lapisan terluar kulit yang kering dan rusak sehingga meninggalkan Anda dengan kulit yang lebih sehat dan tampak lebih muda. Selain itu, prosedur ini juga mendorong produksi sel-sel kulit baru dengan kadar kolagen dan elastin yang lebih tinggi.

Dalam prosedur mikrodermabrasi, kulit akan dieksfoliasi menggunakan alat khusus mikrodermabrasi yang menyemprotkan butiran microcrystal untuk mengangkat lapisan terluar kulit. Kemudian, dilanjutkan dengan alat hisap yang akan menyedot sisa-sisa sel kulit mati yang telah tereksfoliasi dan butiran kristal pada kulit. Di Amerika Serikat, prosedur ini kerap disebut sebagai ‘lunch hour treatment’ karena membutuhkan waktu yang cukup singkat dan tidak menimbulkan rasa sakit. Setelah melakukan treatment ini, wajah akan memerah namun akan hilang dalam hitungan jam. Bahkan Anda bisa langsung mengaplikasikan makeup setelah prosedur ini.

Microneedling

Kulit, wajah, prosedur, skin, care, treatment, meremajakan, teknologi, chemical, peeling, mikrodermabrasi, laser, perawatan, microneedling, botox, ahli, soft, tissue, filler, facelifts, kosmetik, dokter, awet, muda

Metode microneeding dengan menggunakan dermaroller (sumber: rd.com)

Microneedling merupakan salah satu metode terbaru untuk menjaga wajah tetap awet muda. Dalam teknik ini, dokter akan menggunakan jarum-jarum halus yang ditusukkan ke kulit yang bertujuan untuk menimbulkan luka kecil yang merangsang produksi kolagen dan elastin. Zat-zat terapeutik, seperti asam hialuronat atau asam askorbat, dapat diaplikasikan sebelum atau sesudah tusuk jarum sehingga substansi menembus secara mendalam.

Microneedling biasa digunakan untuk memperbaiki dan mengatasi masalah kulit wajah seperti jerawat, garis dan kerut halus, kulit yang kendur, pori-pori yang besar, flek coklat, serta masalah pigmen kulit lainnya. Metode ini dikenal juga sebagai terapi induksi kolagen (collagen induction therapy/CIT), dan induksi kolagen perkutan (percutaneous collagen induction/PCI).

Hampir setiap orang dapat melakukan prosedur ini selama tidak memiliki luka terbuka atau masalah penyembuhan luka. Jika Anda memiliki jerawat, Anda mungkin harus menunggu hingga kulit Anda tenang terlebih dulu. Hal ini dikarenakan proses microneedling dapat menambah iritasi dan membuat inflamasi pada kulit Anda bertambah, serta memfasilitasi penyebaran bakteri pada kulit Anda. Prosedur ini relatif bebas risiko dan tidak mahal.

Terapi laser

Kulit, wajah, prosedur, skin, care, treatment, meremajakan, teknologi, chemical, peeling, mikrodermabrasi, laser, perawatan, microneedling, botox, ahli, soft, tissue, filler, facelifts, kosmetik, dokter, awet, muda

Terapi laser untuk mengencangkan kulit (sumber: health.com)

Laser dapat menghilangkan garis-garis sedang hingga kerutan dan secara signifikan memperbaiki warna kulit, tekstur, dan kekencangan. Kemampuan laser untuk menargetkan jenis sel tertentu di lapisan kulit yang berbeda memungkinkan mereka untuk mengobati beberapa kondisi menghilangkan pigmentasi di kulit, mengencangkan kulit wajah, menghilangkan bulu, pengencangan kulit tubuh, pelangsingan, mengatasi jerawat, pemancungan hidung, atau pelebaran mata.

Beberapa Perawatan Dilakukan di Rumah

Chemical Peeling dan Microdermabrassion kit yang bisa dilakukan di rumah umumnya memiliki bahan yang sama dengan penggunaan profesional medis, tetapi dalam konsentrasi yang lebih rendah. Ada juga berbagai roller microneedling yang dapat digunakan untuk mengirimkan retinol, pelembab, dan senyawa lain ke dalam kulit. Laser rumahan, lampu LED, dan perangkat ultrasound juga kurang kuat daripada peralatan profesional, tetapi mereka dapat efektif jika Anda memiliki kesabaran untuk melakukan perawatan secara rutin selama beberapa minggu atau bulan.

Produk dan perangkat ini dapat menghilangkan kulit mati dan mengurangi bekas luka dan garis halus dengan aman untuk sebagian kecil dari biaya perawatan profesional. Karena hasilnya kurang dramatis, opsi non-resep berfungsi paling baik untuk cacat kulit ringan. Pastikan untuk membaca dan mengikuti petunjuk untuk menggunakannya dengan aman.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: