Sehat & Murah, Begini Cara Membuat Rice Milk Sendiri di Rumah

Susu beras/rice milk (sumber: fabgoddess.com)Susu beras/rice milk (sumber: fabgoddess.com)

Susu merupakan sumber protein dan kalsium yang tinggi dan dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda. Sayangnya, tak semua orang bisa mengonsumsi susu hewani yang berasal dari sapi karena ada beberapa orang yang lactose intolerant atau alergi laktosa. Jika memaksakan diri untuk mengonsumsi sapi, maka akibatnya bisa buruk. Mulai dari menunjukkan beberapa reaksi alergi seperti diare, perut terasa kembung, sering buang angin, dan sebagainya. Oleh sebab itu, kini mulai bermunculan susu nabati yang terbuat dari biji-bijian seperti kedelai, almond, oat, hingga beras (rice milk) yang dapat dijadikan alternatif susu hewani.

Nah, dibanding soya (kedelai), almond, atau oat, rice milk alias susu beras kini mulai banyak diminati karena bahannya yang memang tergolong murah dan mudah ditemui di mana saja. Rice milk dapat dijadikan solusi untuk Anda yang alergi susu sapi atau bahkan kurang menyukai rasa susu kedelai. Bahkan saat ini juga sudah bermunculan rice milk dalam kemasan siap minum.

Menurut Tumiwa-Bachrens (2017), walau bagaimanapun juga, susu brown rice milk kemasan tetaplah makanan proses buatan pabrik yang mengandung gula tambahan (added sugar). Bila mau, buatlah susu beras cokelat atau merah sendiri, dari bahan beras cokelat atau merah yang sebenarnya, tanpa ditambahkan dengan gula atau madu ataupun pemanis lainnya.

Nah, selain memanfaatkan beras merah atau beras coklat, Anda juga bisa memanfaatkan beras putih di rumah. Namun usahakan menggunakan beras putih yang memang organik atau tanpa tambahan pemutih atau penggunaan pestisida supaya lebih aman untuk dikonsumsi sehari-hari. Tertarik membuatnya di rumah? Berikut ulasan lengkap resep dan cara membuat rice milk.

Bahan untuk Membuat Rice Milk

  • 175 gram beras putih
  • 480 gram air panas
  • 1/4 sdt (sendok teh) garam
  • 10 gram madu (opsional, boleh ditambahkan atau tidak)
Ilustrasi: proses pembuatan susu beras/rice milk (sumber: diet-health.info)

Ilustrasi: proses pembuatan susu beras/rice milk (sumber: diet-health.info)

Cara Membuat Rice Milk

  1. Rendam beras dengan air panas selama minimum 2 jam. Jika Anda menyukai susu beras yang bertekstur creamy atau kental, maka Anda bisa merendamnya lebih lama. Namun jika tidak suka rice milk yang terlalu creamy, maka Anda cukup merendam beras selama 2 jam saja.
  2. Setelah itu, saring beras dan masukkan ke dalam blender bertenaga tinggi. Selain blender, Anda juga bisa memanfaatkan chopper yang tenaga pisau atau blade-nya lebih besar. Jangan lupa tambahkan air biasa.
  3. Tambahkan pula garam dan madu. Lalu blender sampai semua bahan terblender hingga menyatu dan berwarna putih pucat.
  4. Jika sudah selesai, Anda bisa menuangkannya ke botol atau gelas. Susu beras atau rice milk pun siap untuk diminum. Karena dibuat tanpa bahan pengawet apapun, susu beras homemade ini hanya dapat bertahan hingga 4 hari apabila disimpan dalam kulkas dalam kemasan yang bersih dan tertutup rapat.

Sebagai informasi, kadar lemak yang terkandung dalam rice milk sekitar 3 gram per cangkir, sementara itu susu sapi kadar lemaknya sekitar 11 gram per cangkir. Oleh sebab itu, rice milk bisa menjadi alternatif susu non-dairy yang rendah lemak. Terlebih karena kalor di dalam rice milk hanya 140 saja, dibandingkan susu sapi dengan 185 kalori. Namun karena protein rice milk tak sebanyak susu sapi, maka Anda juga perlu mengimbangi asupan protein dari sumber makanan lainnya. 

Dilansir Detik, rice milk kabarnya tak akan berakibat buruk apabila dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa, kolesterol tinggi, maupun yang gula darahnya tinggi. Selain rendah lemak, rice milk pun memiliki kandungan karbohidrat lebih tinggi dibanding susu sapi. Rice milk juga mengandung beberapa zat seperti vitamin A, B, D, B12, antioksidan, niasin, dan zat besi.

Apabila ingin merasakan susu beras atau rice milk yang lebih sehat, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah tanpa diberi pemanis buatan yang berlebihan. Tetapi jika Anda bosan dengan rasa rice milk yang itu-itu saja, maka Anda juga bisa menambahkan perasa lain seperti pasta vanilla atau semacamnya ke dalam resep rice milk sesuai selera.

Referensi:

Baca juga:  Selain Mempunyai Buah Besar yang Segar, Lengkeng Hawai Mengandung Zat Anti Depresan

Tumiwa-Bachrens, Inge. Panduan Mudah Eating Clean: Makan Pintar Makan Benar. 2017. Najib A, editor. Jakarta (ID): Kawan Pustaka.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: