Mana yang Lebih Sehat? Frozen Yogurt atau Es Krim?

Frozen yogurt (kiri) dan es krim (kanan)Frozen yogurt (kiri) dan es krim (kanan)

Fro-yo, atau biasa dikenal dengan frozen yogurt, memiliki tekstur yang hampir mirip dengan es krim, namun rasa dan bahan yang digunakan berbeda. Tingkat konsumsi fro-yo dan es krim untuk saat ini bersaing ketat. Konsumennya tidak hanya datang dari anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Meskipun begitu, banyak juga orang mempertanyakan, antara frozen yogurt dan es krim, mana yang lebih sehat?

Perbedaan Frozen Yogurt dan Es Krim

Seperti yang kita ketahui, kedua makanan tersebut berbahan dasar susu dan buah yang memiliki kandungan nutrisi baik untuk kesehatan. Cara pengolahannya pun hampir sama, perlu dibekukan untuk mendapatkan tekstur yang lembut dan dingin dengan citarasa yang lezat. Meskipun begitu, tetap saja yogurt dan susu itu jenis bahan yang berbeda, sehingga keduanya juga memiliki takaran nutrisi yang berbeda. 

Menurut Gabby Geerts, RD, ahli diet di Green Chef, setengah porsi sajian yogurt beku memiliki sekitar 110 kalori, 3 gr lemak, dan 17 gr karbohidrat. Itu adalah takaran secara umum. Secara spesifik, sebenarnya takaran pada produk fro-yo tergantung dari merek dan rasanya. “Satu ons, yogurt beku memiliki sekitar 25 kalori lebih sedikit daripada es krim dan hanya sepertiga dari lemak dan lemak jenuh,” katanya.

Sementara itu, es krim yang terbuat dari krim atau lemak susu, memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih tinggi. Menurut FDA, ada baiknya jika Anda mengonsumsi es dengan kandungan lemak susu yang pas, yaitu es krim yang mengandung minimal 10 persen lemak susu.

Perbedaan lainnya, yogurt merupakan bahan makanan yang terbuat dari susu fermentasi. Susu difermentasikan menggunakan kultur yogurt, sehingga ia memiliki kadar lemak jenuh yang lebih sedikit dibanding es krim. Sayangnya, kebanyakan produk fro-yo yang beredar di luar sana menambahkan gula buatan untuk mengimbangi rasa dan tekstur adonan agar tidak terlalu kental. 

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai perbedaan kandungan nutrisi pada frozen yogurt dan es krim, berikut adalah data kandungan nutrisi setengah porsi kedua makanan tersebut. Data tersebut dirangkum dari database nutrient USDA.

Kandungan Nutrisi Setengah Porsi Frozen Yogurt dan Es Krim

Es krim (sumber: friendlys.com)

Es krim (sumber: friendlys.com)

Jenis NutrisiTakaran Nutrisi Frozen YogurtTakaran Nutrisi Es Krim
Kalori114137
Protein2,88 gr2,31 gr
Lemak4,03 gr7,26 gr
Lemak jenuh2,46 gr4,48 gr
Karbohidrat17,4 gr15,6 gr
Serat0 gr0,46 gr
Gula17,3 gr14 gr
Kalsium103 mg84,5 mg
Zat Besi0,216 mg0,059 mg
Sodium62,6 mg52,8 mg

Berdasarkan data di atas, tentunya Anda sudah mengerti jenis makanan beku mana yang lebih baik di antara keduanya. Meskipun secara data terlihat lebih baik frozen yogurt daripada es krim, namun secara fakta yang ada di lapangan belum bisa dibuktikan bahwa frozen yogurt lebih baik dengan susu.

Mengapa Frozen Yogurt Tidak Lebih Sehat?

Frozen yogurt (sumber: friendlys.com)

Frozen yogurt (sumber: friendlys.com)

Seperti data yang telah disebutkan, frozen yogurt memiliki kandungan gula lebih banyak daripada es krim. Meskipun rasanya asam, bisa jadi ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi frozen yogurt, akan meningkatkan risiko terkena diabetes. Selain itu, kandungan gula berlebihan juga dapat memicu risiko berat badan berlebih. 

Secara teori, memang frozen yogurt memiliki manfaat yang baik, apalagi untuk kesehatan usus Anda. Meskipun begitu, tak sedikit yang suka menggunakan beragam topping dengan berbagai jenis yogurt. Ada baiknya jika Anda mementingkan kesehatan pencernaan, mengonsumsi jenis yogurt plain. Yogurt rendah kalori seperti yogurt plain dapat menjaga pencernaan Anda lebih sehat, dengan kadar gula rendah.

Dilansir dari Women’s Health, jenis yogurt yang baik untuk kesehatan adalah jenis yogurt Yunani yang sehat dan tidak berlemak. Tidak sulit mendapatkan produk tersebut, sudah banyak toko dan minimarket yang menjualnya dalam berbagai macam merek dan kemasan. Anda bahkan bisa membelinya secara online.

Selain itu, alasan kenapa frozen yogurt tidak lebih sehat daripada es krim, yaitu banyak orang yang tidak paham mengenai takaran dan cara konsumsi yang benar. Frozen yogurt tidak bisa dikonsumsi secara sering dengan takaran yang banyak. Paling tidak, minimal sehari Anda hanya bisa menghabiskan 1 hingga 2 kemasan frozen yogurt.

Setiap produk yang beredar di pasaran tentunya memiliki rasa yang berbeda, dengan bahan campuran yang berbeda pula. Anda juga perlu memperhatikan hal ini, untuk mengetahui apakah frozen yogurt tersebut sehat untuk dikonsumsi atau tidak. Pasalnya, beberapa jenis produk memiliki bahan campuran berupa krim, kental manis, cokelat, dan beberapa bahan lain yang dapat menambah lemak, gula, serta kalori frozen yogurt Anda.

Penambahan topping dan bahan yang sembarangan tersebut dapat menurunkan kualitas kesehatan produk yang Anda konsumsi. Sebaiknya, Anda memilih produk frozen yogurt dengan satu jenis topping dan satu varian rasa. Pilih juga produk yang tidak memiliki banyak kandungan krim dan lemak susu. Memang, produk seperti ini akan sulit ditemukan, mengingat banyak produk yang lebih mengandalkan rasa dibanding kualitas.

Jika Anda kesulitan menemukan produk frozen yogurt yang sehat, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Gunakan yogurt rendah lemak dan kalori, seperti plain yogurt. Untuk rasa, Anda bisa menambahkan sedikit irisan buah. Setelah itu, masukkan ke dalam cetakan atau kantong plastik dan bekukan. Tidak ada salahnya juga jika Anda kesulitan menemukan produk frozen yogurt, untuk mengonsumsi es krim. Es krim baik untuk kesehatan, namun dengan takaran konsumsi yang pas dan tidak menggunakan topping yang berlebihan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: