Sederet Manfaat Ajaib Kolagen untuk Kecantikan Wajah yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Kolagen untuk Kecantikan Wajah

Kolagen adalah salah satu protein yang jumlahnya cukup melimpah dalam tubuh kita. Kabarnya sekitar 25-30% dari semua protein di tubuh terbuat dari kolagen, yang banyak ditemukan pada jaringan konektif seperti tulang rawan dan tendon. Tak hanya untuk persendian saja, kolagen juga berperan cukup penting untuk kulit.

Kolagen merupakan komponen pembangun utama pada dermis, yakni salah satu lapisan terendah pada kulit. Protein tersebut yang dinilai penting untuk menjaga kulit Anda supaya tetap kencang dan lentur. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, kolagen dalam tubuh Anda jumlahnya akan berkurang. Faktor pertama tentu saja disebabkan oleh pertambahan usia. Ketika kulit Anda masih sehat, helaian kolagen akan meluncur dengan mudah satu sama lain sehingga kulit Anda bisa kembali normal usai tersenyum atau mengerutkan dahi. Namun saat kolagen mulai melebur, kulit Anda akan kehilangan elastisitasnya.

Manfaat Kolagen untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Kolagen untuk Kecantikan Wajah

Oleh sebab itu, kita selalu membutuhkan suplai kolagen dalam jumlah yang cukup. Sayangnya sejak menginjak umur 25 tahun rupanya tubuh akan mulai kehilangan kolagen sebanyak 1,5% setiap tahunnya. Saat itu pula kulit Anda mungkin akan terlihat mulai keriput. Lalu apa saja sebenarnya manfaat kolagen untuk wajah? Berikut ulasan lengkapnya.

Manfaat Kolagen untuk Wajah dan Kulit

Membantu Menyamarkan Tanda-Tanda Penuaan
Kolagen disebut-sebut memiliki manfaat untuk meningkatkan kelenturan atau elastisitas kulit, menjadikan terlihat lebih muda, dan sehat. Akan tetapi perlu diketahui bahwa seiring bertambahnya usia biasanya produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang. Hal itu pula yang disebut-sebut dapat mengakibatkan munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit seperti kerutan dan menjadikan kulit Anda terlihat mulai mengendur. Di samping itu, kulit yang kekurangan kolagen biasanya akan terlihat kering.

Oleh sebab itu saat ini banyak produk perawatan kulit yang diklaim mengandung kolagen. Fungsinya untuk menambah asupan kolagen yang mulai berkurang seiring pertambahan usia. Jika Anda sering bepergian ke klinik kecantikan pun biasanya akan kerap menemukan beberapa klinik yang menyediakan treatment suntik kolagen yang fungsinya mirip filler serta diklaim dapat mengembalikan tekstur dan kepadatan kulit. Akan tetapi sebelum mencoba suntik collagen, ada baiknya Anda melakukan uji kecocokan terlebih dahulu, terutama jika kolagen yang dipakai berasal dari sapi.

Melembutkan Kulit Wajah
Tak hanya bermanfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan di wajah Anda, kolagen ternyata diklaim bisa membantu melembutkan kulit dan mengangkat kulit wajah yang terlihat kusam. Fungsinya tersebut juga diklaim mampu menyamarkan lingkar hitam di bawah mata alias mata panda.

Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
Bagi sebagian orang, memiliki luka mungkin bisa hilang dalam waktu sekejap jika lukanya tidak terlalu dalam. Tetapi bagi sebagian yang lain, bekas luka bisa bertahan bertahun lamanya, bahkan hampir seumur hidup. Kolagen sendiri rupanya disebut-sebut berperan dalam mempercepat proses penyembuhan luka dengan mendorong pertumbuhan jaringan kulit baru.

Meski demikian, rupanya hanya ada beberapa jenis luka saja yang kabarnya dapat diatasi dengan memberikan kolagen, misalnya luka kronis yang tak membaik dengan pengobatan lain, luka dengan permukaan yang tidak rata atau bergranula, luka yang membusuk atau disertai dengan kematian jaringan, hingga luka bakar derajat 2. Namun kolagen tidak dianjurkan untuk pasien dengan luka bakar derajat 3 dan Anda yang alergi terhadap produk olahan atau yang berasal dari sapi.

Menyamarkan Selulit
Selulit tentunya menjadi momok bagi para wanita karena dianggap akan mengurangi keindahan tampilan tubuhnya. Selulit sendiri biasanya berwujud seperti gumpalan-gumpalan kecil pada permukaan kulit yang muncul di daerah-daerah yang rentan tertimbun lemak seperti pinggul, paha, dan bokong. Selulit muncul lantaran dorongan lapisan lemak pada jaringan ikat di bawah kulit. Walaupun kabarnya tak terlalu berbahaya, kemunculan selulit seringkali membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri. Nah, kolagen rupanya disebut-sebut bisa membantu menyamarkan selulit dan memperbaiki tekstur kulit Anda.

Manfaat Kolagen untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Kolagen untuk Kecantikan Wajah

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, kolagen ternyata diklaim memiliki sederet manfaat lainnya, seperti meningkatkan sirkulasi darah untuk membantu meningkatkan aliran darah dari dan menuju jantung. Kemudian kolagen juga diklaim dapat meringankan nyeri rematik karena bisa meningkatkan kelancaran mobilitas sendi dan mengurangi rasa sakitnya, hingga meningkatkan kesehatan rambut Anda.

Nah, meskipun jumlah kolagen dalam tubuh Anda bisa berkurang, rupanya Anda tak perlu terlalu khawatir. Pasalnya kolagen juga bisa diperoleh dari luar tubuh, baik melalui makanan, suplemen, hingga produk perawatan kulit. Jika menambah asupan kolagen dari menu makanan, maka ada beberapa nutrisi dalam makanan yang disebut-sebut mampu mendorong tubuh memproduksi makanan, misalnya seperti Vitamin C yang banyak terdapat dalam buah-buahan yang rasanya asam seperti jeruk, stroberi, atau sayuran paprika merah, kale, brokoli, dan sebagainya.

Selain itu, ada pula nutrisi Proline yang merupakan jenis asam amino yang bisa Anda temukan dalam putih telur, produk olahan susu, jamur, dan asparagus. Lalu Glycine yang bisa ditemukan pada kulit ayam, kulit babi, hingga gelatin. Terakhir adalah tembaga (copper) yang bisa Anda temukan dalam biji wijen, bubuk cokelat, kacang mede, dan daging.

Sementara itu, untuk konsumsi suplemen yang mendorong produksi kolagen sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Anda bisa mencoba produk suplemen dengan kandungan peptida kolagen terhidrolisis (hydrolyzed collagen peptides). Tipe kolagen tersebut terdiri dari asam amino yang telah dipecah, sehingga dikenal lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Sedangkan untuk produk perawatan kini sudah banyak pilihan produk yang diklaim mengandung kolagen, baik dalam wujud cream wajah, sabun collagen, dan masih banyak lagi.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: