Sederet Makanan Rendah Kalori yang Mengenyangkan, Cocok Untuk Diet

Ilustrasi: mengonsumsi makanan sehat untuk diet Ilustrasi: mengonsumsi makanan sehat untuk diet

Kalori adalah bahan bakar yang dibutuhkan oleh tubuh ketika beraktivitas. Jika jumlah asupan kalori didalam tubuh jauh lebih besar dibandingkan jumlah seharusnya, maka tubuh akan menyimpannya sebagai cadangan dalam bentuk lemak. Nah, lemak ini akan tersimpan di bawah kulit, dan membuat seseorang terlihat gemuk. Semakin banyak lemak yang menumpuk maka akan semakin gemuk juga tampilan seseorang, sehingga terkadang membuatnya jadi terlihat kurang elok.

Nah, jika Anda merasa dan berniat untuk menurunkan , hal pertama yang mesti dilakukan apalagi jika bukan berolahraga. Namun, asupan makanan yang dimakan juga ikut menentukan, terutama dengan mengurangi makanan berkalori atau berlemak tinggi dengan makanan rendah kalori atau lemak. Jenis makanan inilah yang akan sangat membantu menurunkan Anda di samping berolahraga.

Makanan Rendah Lemak dan Kalori Yang Baik Untuk

Ada berbagai jenis makanan rendah lemak dan kalori yang mengenyangkan, agar dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan menu makanan yang baik untuk , sekaligus membantu menjaga berat badan yang ideal. Adapun daftar makanan rendah lemak atau kalori antara lain:

Kentang Rebus

Kentang rebus (sumber: foodnetwork.com)

Kentang rebus (sumber: foodnetwork.com)

Sebagian orang ada yang menghindari kentang saat mencoba menurunkan berat badan, karena menganggap kandungan karbohidratnya tinggi, hal ini tidak sepenuhnya benar. Mengapa? karena kentang sarat dengan vitamin, serat dan penting lainnya, serta mengandung beberapa jenis pati yang disebut pati tahan cerna atau pati resisten (resistant starch).

Jenis pati ini mengandung setengah kalori dari pati biasa dan bekerja seperti serat larut dalam sistem pencernaan, sehingga akan terasa lebih cepat mengenyangkan. Menariknya, mendinginkan kentang setelah dimasak dapat meningkatkan kandungan pati resistennya.

Dalam sebuah penelitian yang mengukur kemampuan 38 makanan untuk memuaskan rasa lapar, kentang rebus menduduki peringkat tertinggi. Jadi jangan ragu apalagi menghindari kentang ketika Anda sedang menjalani diet.

Aneka sayuran (sumber: horticulture.com.au)

Aneka sayuran (sumber: horticulture.com.au)

Sudah tak asing lagi rasanya jika membahas sayuran sebagai makanan yang sehat dan baik untuk tubuh. Ya jelas saja, karena sayuran memiliki berbagai vitamin dan nutrisi yang amat baik bagi kesehatan, ditambah lagi sayuran memiliki lemak yang rendah (kalori rendah).

Rasanya aneh dan mustahil jika Anda sampai tak memasukkan sayuran sebagai daftar menu makanan sehat. Terlebih jika ingin menurunkan berat badan, wajib rasanya memasukkan sayuran dan buahan ke dalam menu diet.

Jika ingin cara mudah dalam menikmati sayuran, Anda cukup mengolahnya menjadi salad sayur. Salad sayur merupakan jenis salad yang dibuat dari berbagai jenis sayuran segar yang disatukan.

Beberapa ahli kesehatan bahkan sangat menyarankan untuk mengonsumsi salad sayur segar ini setiap hari, terutama bagi Anda yang memiliki kelebihan berat badan. Namun perlu diingat, untuk menjaga agar salad tetap rendah kalori, hindari penambahan bahan atau bumbu lain yang berkalori tinggi. Penggunaan mayonaise pada salad sayuran atau buahan, lebih baik diganti dengan minyak zaitun yang lebih menyehatkan.

Telur

Telur

Telur

Telur menjadi makanan lain yang dipandang ‘kurang baik’ pada sebagian orang yang menjalani diet. Padahal kenyataannya telur sangatlah sehat dan memiliki beberapa nutrisi penting dalam jumlah besar.

Sebagian besar nutrisi, termasuk sekitar setengah dari protein telur, ditemukan pada kuning telur. Telur juga merupakan sumber protein lengkap, yang mengandung sembilan asam amino esensial.

Bahkan beberapa penelitian pun telah membuktikan bahwa orang yang memilih telur untuk sarapan merasa lebih kenyang dan lebih sedikit mengonsumsi kalori sepanjang hari daripada mereka yang memilih roti untuk sarapan paginya.

Ditambah lagi pada penelitian lain membuktikan bahwa, mereka yang mengonsumsi telur dapat menurunkan indeks massa tubuh (IMT) dan berat badan yang lebih banyak daripada mereka yang makan roti ketika sarapan pagi.

Oatmeal

Varian menu oatmeal (sumber: cookingclassy.com)

Varian menu oatmeal (sumber: cookingclassy.com)

Oatmeal seringkali dikonsumsi untuk sarapan pagi dalam keadaan hangat. Makanan rendah lemak nan sehat ini juga termasuk dalam daftar makanan yang mengenyangkan dan menempati peringkat ketiga pada indeks kekenyangan makanan (satiety index). Hal ini terutama karena kandungan seratnya yang tinggi dan kemampuannya untuk menyerap air.

Oat adalah sumber serat larut baik yang disebut beta-glukan, yang membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. Bila dibandingkan dengan sarapan siap saji lainnya, oatmeal jauh lebih baik dalam hal menekan nafsu makan, meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori sepanjang hari. Jadi mulailah untuk mencoba sarapan pagi dengan oatmeal, jika Anda ingin menjaga kesehatan sekaligus berniat mengecilkan perut.

Apel

Semua orang pasti tahu bahwa buah merupakan bagian penting dari makanan sehat. Namun secara khusus dalam indeks kekenyangan makanan (satiety index), apel mendapatkan skor yang sangat tinggi, sehingga membuktikan bahwa buah ini sangat cocok dikonsumsi bagi seseorang yang ingin melakukan diet sehat.

Buah apel

Buah apel

Apel mengandung pektin, yaitu serat larut yang secara alami dapat memperlambat pencernaan, serta ada lebih dari 85% kandungan air didalamnya sehingga akan membantu meningkatkan rasa kenyang tanpa perlu menambahkan kalori ke dalam tubuh.

Namun perlu diingat, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah apel ini, harus dikonsumsi langsung (beserta kulit luarnya) bukan dengan diolah menjadi jus, saus apel atau lainnya.

Pada apel yang dimakan langsung mengandung 91 kalori lebih sedikit dibandingkan dengan saus apel dan 150 kalori lebih sedikit daripada jus apel. Apel juga masuk dalam daftar makanan pembakar lemak yang baik untuk diet menurunkan berat badan.

Tips Memilih Bahan Makanan Saat Diet Rendah Kalori

Saat melakukan pengurangan asupan kalori, satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah tubuh tidak boleh kekurangan asupan gizi dan vitamin. Hal ini menjadikan kita juga harus mampu memilih mana saja bahan makanan yang rendah kalori, namun tetap memiliki kandungan gizi yang tetap dibutuhkan tubuh.

Bahan makanan yang rendah kalori, umumnya adalah bahan makanan yang berasal dari tanaman, atau plant based food. Tidak hanya rendah kalori, makanan dari tanaman juga memiliki banyak memiliki kandungan serat yang bisa memberikan efek berupa rasa kenyang dalam tubuh.

Makanan dari tanaman pun dilengkapi dengan asupan vitamin dan mineral yang tetap bisa memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh. Sehingga, sebagian besar bahan makanan yang bisa dipilih untuk dikonsumsi untuk diet rendah kalori dan tetap mengenyangkan adalah makanan yang berasal dari tanaman.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: