Jangan Asal, Kapan dan Seberapa Sering Harus Cuci Muka?

Ilustrasi: mencuci wajah (sumber: dove)Ilustrasi: mencuci wajah (sumber: dove)

Mencuci wajah tidak hanya dilakukan untuk menyegarkan kulit, tetapi juga membersihkan kulit dari kotoran yang bisa menyebabkan jerawat atau acne vulgaris. Sayangnya, tak sedikit orang yang memahami cara tepat mencuci wajah. Beberapa di antaranya bahkan tidak tahu kapan dan seberapa sering harus cuci muka.

Jerawat atau acne vulgaris merupakan peradangan kronis pada permukaan kulit dan bisa timbul di daerah yang mudah berminyak atau kering seperti wajah.[1] Biasanya, jerawat mulai muncul pada masa pubertas dan salah satu cara mencegahnya adalah dengan rajin membersihkan muka.

Dilansir dari HuffPost, apapun jenis kulit Anda, mulai dari kering, berminyak, kombinasi, hingga sensitif, cuci muka adalah hal wajib yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Meskipun pakai tabir surya sangat penting, Anda tidak boleh melewatkan cuci wajah.

Menghilangkan kotoran dan minyak dengan mencuci wajah adalah langkah awal terpenting untuk setiap perawatan kulit. Ini membuat bahan kosmetik maupun skincare bisa terserap hingga ke pori-pori wajah dengan baik. Kendati demikian, ketahui seberapa sering Anda harus melakukannya.

Seberapa Sering Harus Cuci Muka?

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam rutinitas cuci muka, termasuk jenis kulit, kondisi lingkungan, dan tingkat aktivitas fisik. Namun, secara umum, sebagian besar ahli merekomendasikan untuk mencuci muka sekali di pagi hari dan sekali di malam hari. Secara khusus, dokter kulit Geeta Yadav merekomendasikan pembersihan ringan di pagi hari dan pembersihan menyeluruh di malam hari.

Baca juga:  Rekomendasi Produk Pembersih Wajah Untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat

“Bagi mereka yang memiliki kulit sangat berminyak atau berjerawat, cuci muka sebaiknya dilakukan dua kali sehari. Lebih baik lagi jika Anda telah diresepkan sabun wajah dengan persentase bahan aktif yang tinggi seperti benzoil peroksida,” kata Yadav. “Jenis kulit yang lebih kering mungkin mendapat manfaat dari cuci muka yang lebih jarang, meskipun pembersihan ringan pagi hari dan pembersihan menyeluruh malam hari kemungkinan akan efektif.”

Kondisi cuaca dapat menyebabkan perubahan pada kulit Anda. Ahli kecantikan selebriti Shani Darden mengatakan bahwa cuaca yang kering dan dingin serta penggunaan pemanas dan air panas selama musim dingin dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Namun, dia tetap merekomendasikan cuci muka tiap pagi dan malam. Kuncinya adalah memperhatikan suhu air yang Anda gunakan dan menjaga kelembapan kulit.

Ilustrasi: mencuci muka (sumber: allure)

Ilustrasi: mencuci muka (sumber: allure)

“Sementara itu, ketika cuaca sedang panas dan lembap, seringlah cuci muka. Keringat, minyak, dan kotoran dapat menumpuk lebih cepat di kulit, yang dapat menyebabkan pori tersumbat dan jerawat,” kata Yadav. “Coba tingkatkan rutinitas pembersihan Anda menjadi tiga kali sehari jika Anda melihat kulit Anda menjadi lebih berminyak.”

Baca juga:  Cara Merawat Gigi Implan Agar Lebih Tahan Lama

Namun, hindari mencuci muka secara berlebihan, karena bisa menyebabkan kulit kering, terlalu berminyak, pori-pori melebar, iritasi, dan hipersensitif terhadap sinar matahari. Lalu, ketahui juga alasan harus cuci muka di pagi dan malam hari.

Mengapa harus Cuci Muka di Pagi dan Malam Hari?

Cuci muka di pagi hari adalah kunci kulit yang bersih dan segar. Ini adalah aktivitas pertama sebelum menggunakan skincare. Namun, Anda harus mencuci muka dengan lembut dan tidak boleh terlalu banyak menggunakan sabun.

“Saya merekomendasikan menggunakan micellar water sebelum cuci muka dengan sabun,” kata Yadav. “Bakteri dan kotoran bisa menumpuk saat Anda tidur, terutama jika sarung bantal Anda tidak cukup bersih, tetapi micellar water cukup untuk membersihkan wajah dari segala kotoran, serta minyak berlebih yang mungkin dihasilkan kulit Anda saat Anda tidur.”

Baca juga:  Tampil Cantik dengan Alas Bedak & Bedak dari Inez Kosmetik

“Cuci muka pagi juga diketahui akan membantu produk perawatan kulit Anda yang lain bekerja dengan lebih baik. Jika Anda tidak memulai hari Anda dengan kulit yang baru dibersihkan, itu dapat memengaruhi kemanjuran serum antioksidan dan tabir surya Anda,” kata Darden. “Jika kondisi kulit kurang bersih, lalu ditimpa kosmetik atau skincare, justru bisa menyebabkan jerawat.”

Sementara cuci muka pagi Anda dapat membantu menciptakan kulit yang segar dan bercahaya untuk produk skincare Anda yang lain, cuci muka malam Anda sangat penting untuk membersihkan kotoran, minyak, dan kulit mati saat Anda tidak memakai riasan.

“Malam adalah waktu paling penting untuk membersihkan kulit Anda, terlepas dari apakah Anda memakai riasan atau tidak,” kata Yadav. “Tentu saja, riasan dapat membuat kulit menjadi bervolume, tetapi itu juga bisa menumpuk bakteri dan minyak.”

[1] Sole, Fifin R. T., dkk. 2020. Hubungan antara Mencuci Wajah dengan Kejadian Akne Vulgaris pada Remaja Laki-laki di Manado. Jurnal UNSRAT Vol, 8(1): 158-162.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: