Jangan Buru-Buru Dibuang, Kulit Jeruk Ternyata Bisa Diolah Jadi Sambal yang Mantap!

Kulit jeruk (sumber: skinstore.com)Kulit jeruk (sumber: skinstore.com)

Jeruk dikenal sebagai buah yang memiliki perpaduan rasa manis dan asam yang begitu menyegarkan. Buah satu ini sangat mudah ditemui di mana saja dan jenisnya sangat beragam. Jeruk termasuk buah favorit masyarakat di Indonesia karena harganya pun relatif terjangkau. Apalagi buah satu ini juga menyimpan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Seperti dilansir dari buku Jeruk: Ensiklopedi Buah (2009), buah jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Selain itu, buah jeruk mengandung zat besi, kapur, dan fosfor yang baik untuk pertumbuhan tulang. Daun dan kulit jeruk memiliki kelenjar minyak yang mengandung zat bernama “citral” yang menghasilkan aroma khas jeruk.

Selama ini mungkin sebagian besar orang lebih mengenal dan lebih banyak mengonsumsi bagian buah dari jeruk. Padahal bagian kulitnya pun ternyata juga menyimpan beragam manfaat dan juga bisa diolah menjadi olahan lain yang tak kalah lezat, misalnya saja sambal.

Manfaat Kulit Jeruk

Masker kulit jeruk (youtube: Wise She Makeup)

Masker kulit jeruk (youtube: Wise She Makeup)

  • Mengurangi berat badan. Kulit jeruk bisa dikonsumsi untuk membantu diet penurunan berat badan Anda. Caranya, keringkan beberapa kulit jeruk organik. Lalu masukkan 1 sendok makan kulit jeruk kering dalam 1 cangkir air panas. Diamkan selama 10 menit, buang kulitnya. Lalu masukkan beberapa sendok madu dan minum2 cangkir per hari secara teratur untuk merasakan hasilnya.
  • Membersihkan pori-pori dan menghaluskan kulit. Sehabis makan jeruk, Anda bisa memanfaatkan kulit jeruk untuk menghaluskan kulit dengan cara mengusapkan kulit jeruk yang masih segar ke kulit tangan, wajah, dan kaki secara perlahan.
  • Menghilangkan ketombe. Caranya, haluskan kulit jeruk dan oleskan ke kulit kepala selama semalaman.
  • Menyehatkan pencernaan. Kulit jeruk dikenal mempunyai kandungan serat pangan tinggi. Setiap 100 gram kulit jeruk setidaknya mengandung 10,6 gram serat yang diklaim baik untuk pencernaan.
  • Menyembuhkan infeksi, flu, dan demam.
  • Mengatasi bau mulut.
  • Mencegah jerawat.
  • Mencegah dan mengatasi komedo.
  • Mencerahkan warna kulit.
  • Membersihkan talenan.
  • Bermanfaat sebagai pewangi ruangan.
  • Memutihkan gigi.

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, kulit jeruk pun bisa dikonsumsi dengan cara diolah menjadi sambal yang nikmat untuk pendamping makan nasi. Jadi, jika Anda memiliki buah jeruk di rumah dan telah menghabiskan buahnya, sebaiknya jangan buang bagian kulitnya. Olah kulit jeruk tersebut sebagai sambal yang nikmat. Berikut ulasan lengkap cara membuat sambal kulit jeruk.

Resep Sambal Terasi Kulit Jeruk Mudah & Cepat

Ilustrasi: menguleg sambal (sumber: beritagar.id)

Ilustrasi: menguleg sambal (sumber: beritagar.id)

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

Baca juga:  Masalah Kulit Yang Biasa Dialami Oleh Orang Dewasa
  • 1 buah kulit jeruk keprok atau kulit jeruk mandarin
  • 5 buah cabai rawit merah atau sesuai selera
  • Garam secukupnya
  • Terasi secukupnya

Cara Membuat Sambal Kulit Jeruk:

  1. Rendam kulit jeruk dengan air panas selama 10 menit.
  2. Haluskan atau ulek bahan-bahan seperti cabe, garam, dan terasi. Kemudian cicipi rasanya. Anda bisa menambahkan bahan agar sesuai dengan lidah Anda.
  3. Potong kulit jeruk tipis-tipis memanjang seukuran korek api.
  4. Lalu masukkan irisan kulit jeruk ke dalam sambal mentah yang telah Anda buat sambil diaduk agar lebih tercampur rata.

Anda bisa menikmati sambal kulit jeruk ini dengan sepiring nasi hangat dan juga bersama lauk-pauk lainnya seperti tahu, tempe goreng, ayam goreng, ikan goreng, ikan teri, telur, atau semacamnya. Jika ingin rasa sambal yang lebih mantap, Anda juga bisa menambahkan bawang putih, bawang merah, atau bahkan gula merah ke dalamnya supaya lebih gurih dan nikmat. Nah, bila ingin rasa yang lebih aromatik, Anda pun bisa menambahkan daun jeruk atau sedikit perasan air jeruk ke dalamnya.

Satu hal yang perlu Anda ingat, perpaduan sambal dengan kulit jeruk ini biasanya dapat menimbulkan rasa yang sangat pedas dan menggigit. Oleh sebab itu, jika Anda tidak kuat dengan sambal yang cita rasanya terlalu pedas, sebaiknya kurangi takaran cabai yang biasa Anda gunakan untuk membuat sambal biasa ketika hendak membuat sambal kulit jeruk ini. Bisa jadi karena perpaduan rasa asam yang dihasilkan oleh kulit jeruk membuat sambal terasa dua kali lipat lebih pedas dari biasanya.

Referensi:

Baca juga:  Cara Pakai Red Jelly Flawless Glow MS Glow untuk Kulit Wajah yang Sehat & Glowing

Mekarsari, Tim. 2009. Jeruk: Ensiklopedi Buah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: