Sama-Sama Kolam, Apa Sih Beda Whirlpool dan Jacuzzi?

Bathtub - media.rooang.com Bathtub - media.rooang.com

Selama ini banyak orang Indonesia yang kerap salah kaprah mengartikan whirlpool dan jacuzzi. Sebagian orang ada yang berkeyakinan bahwa whirlpool dan jacuzzi adalah hal yang sama, dan ada pula yang justru beranggapan jika whirlpool dan jacuzzi merupakan 2 hal yang berbeda. Lalu apa sebenarnya beda serta persamaan dari whirlpool dan jacuzzi?

Untuk Anda ketahui, baik Whirlpool maupun Jacuzzi merupakan nama . Jacuzzi Brands Corp merupakan perusahaan Amerika yang memproduksi whirlpool bathtub dan hot tub . Sedangkan Whirlpool juga sama-sama perusahaan asal AS namun fokus memproduksi perangkat seperti kulkas, oven, dishwasher, hingga mesin cuci.

Pada perjalanannya, whirlpool menjadi suatu istilah yang menggambarkan kolam atau bathtub yang mengalirkan air secara terus-menerus dan memiliki efek semprotan atau tekanan. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang rancu terhadap istilah bathtub, jacuzzi, dan juga whirlpool. Terlebih karena orang Indonesia juga memiliki kebiasaan ‘buruk’ untuk menyebut suatu benda berdasarkan nama mereknya. Misalnya saja menyebut semua air mineral dengan sebutan ‘Aqua’ atau menyebut semua pasta gigi dengan sebutan ‘Odol’. Padahal baik Aqua dan Odol adalah nama merk, bukan nama barang.

Oleh sebab itu, jika Anda kebetulan memiliki keperluan atau sedang bercakap-cakap dengan orang lain mengenai whirlpool dan jacuzzi, Anda perlu memahami terlebih dahulu konteks dan ruang lingkup pembicaraannya. Sebagian besar orang di Indonesia meyakini jika whirlpool dan jacuzzi adalah 2 hal yang berbeda. Berangkat dari latar belakang ini, ada orang beranggapan bahwa jacuzzi adalah kolam air hangat yang banyak digunakan untuk spa. Tak heran jika banyak yang menyebut jacuzzi dengan sebutan ‘kolam spa’.

Bathtub - beautynesia.id

Bathtub – beautynesia.id

Jacuzzi ada yang berbentuk layaknya bathtub juga ada yang dibangun di sebuah kolam terpisah dari kolam renang dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Jacuzzi mengalirkan aliran air hangat dan biasanya dilengkapi pusaran air di bagian tengahnya. Berendam di jacuzzi diyakini bisa membuat siapa saja merasa rileks dan nyaman. Oleh sebab itu banyak yang menilai bahwa berendam di dalam jacuzzi dapat menghilangkan stres.

Sedangkan whirlpool konsepnya juga hampir sama, biasanya berbentuk kolam atau bathtub namun dilengkapi dengan nozzle yang berfungsi untuk mengalirkan air secara terus-menerus dan memberikan efek tekanan. Kolam whirlpool ini menghadirkan sensasi unik seperti pijatan dan kabarnya bermanfaat untuk kesehatan seperti melancarkan peredaran darah, membersihkan pori-pori , melawan penuaan, dan juga diklaim lebih higienis dibandingkan kolam renang biasa karena sistem sirkulasi airnya lebih baik.

Whirlpool pun masih dibedakan lagi menjadi 2 macam, ada yang nozzlenya bisa diatur (dibesar-kecilkan) di tiap titik nozzle, ada pula whirlpool standar yang hanya bisa dibesar-kecilkan secara sentral dari air control. Whirlpool yang bisa diatur di tiap titik ini lebih nyaman karena memungkinkan Anda untuk mengatur sendiri seberapa kuat intensitas semburan di punggung, kaki, atau area tubuh lainnya yang terendam air. Sedangkan whirlpool biasa tidak memiliki tersebut, sehingga jika airnya dikecilkan maka setiap titik nozzle akan ikut mengecil intensitas semprotannya, begitu pula sebaliknya, jika dibesarkan maka semua titik nozzle akan menyembur dengan kencang.

Lain lagi dengan bathtub. Konsep menggunakan bathtub pada dasarnya hampir sama seperti bak mandi, hanya bentuknya saja berbeda dan bathtub memiliki saluran pembuangan dan keran tersendiri untuk pengisian air. Jika kolam whirlpool aliran airnya terus berputar, air dalam bathtub justru cenderung stagnan dan tidak akan bertambah jika Anda tidak menyalakan kerannya. Fungsi bathtub sendiri hanya untuk berendam dengan buih-buih sabun sembari mandi. Bathtub juga sama-sama memiliki efek menenangkan, namun tidak ada sensasi pijatan seperti whirlpool.

Bathtub - www.health.com

Bathtub – www.health.com

Nah, jika Anda sudah memahami konsep whirlpool dan jacuzzi secara umum tersebut, Anda juga perlu memahami apa saja yang dibuat oleh brand Jacuzzi. Pabrikan berskala internasional ini terkenal akan -produk sanitary-nya yang bernuansa premium, seperti bathtub dan hot tubs. Bathtub Jacuzzi hampir sama seperti bathtub pada umumnya yang beredar di Indonesia, ada yang jenis freestanding bathtub yang kini banyak dipakai di rumah-rumah minimalis, kemudian ada drop in atau built in bathtub, hingga corner bathtub yang mungkin kerap Anda temui di hotel-hotel berbintang atau tempat spa mewah.

Sedangkan untuk produk hot tub, Jacuzzi mengadopsi sistem yang dinamakan ‘whirlpool’. Jadi jika membahas merek Jacuzzi, Anda jangan lagi bingung dengan whirlpool, sebab whirlpool yang dimaksud bukanlah ‘benda’, melainkan sistem sirkulasi air yang diterapkan oleh Jacuzzi di produk-produk hot tubs-nya. Sistem whirlpool yang diusung oleh Jacuzzi ini secara unik memanfaatkan tenaga nozzle untuk menyemprotkan air tidak hanya ke depan saja, tetapi ke bawah dan ke atas.

Apabila Anda memperhatikan website resmi Jacuzzi, Anda akan mengetahui seperti apa kecanggihan konsep whirlpool yang diusung. Pasalnya Jacuzzi secara cermat menempatkan nozzle di titik-titik yang memang dibutuhkan oleh tubuh untuk merasakan efek relaksasi seperti di punggung, paha, hingga ke kaki. Bukan hal yang mengherankan jika satu set hot tub merk Jacuzzi bisa mencapai Rp 200 jutaan. Di Indonesia merek Jacuzzi sendiri mungkin cukup sulit ditemui dan bukan tergolong barang yang terjangkau bagi semua kalangan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba whirlpool atau jacuzzi, Anda tak perlu repot-repot membangunnya sendiri di rumah. Anda bisa berkunjung ke hotel-hotel berbintang, tempat spa, atau bahkan tempat fitness alias gym. Sebab biasanya di tempat-tempat seperti itu sudah disediakan jacuzzi dan whirlpool yang bisa Anda jajal kapan saja.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: