Rekomendasi Salep untuk Kulit Tangan Mengelupas, Dosis dan Kandungannya

Ilustrasi: mengoleskan salep (sumber: medicalnewstoday.com)Ilustrasi: mengoleskan salep (sumber: medicalnewstoday.com)

Cuaca yang ekstrem membuat banyak orang sering mengalami pengelupasan pada kulit, apalagi jika udara dingin dan kering. Pengelupasan kulit tidak hanya terjadi pada wajah, tetapi juga tangan. Untuk mengatasi gangguan tersebut, ada beberapa salep khusus yang dapat Anda gunakan.

Salep sendiri merupakan salah satu jenis obat luar yang penggunaannya dioleskan pada permukaan kulit tangan Anda yang mengelupas. Berikut adalah beberapa merek dan jenis obat salep yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mengatasi kulit tangan yang mengelupas dan dapat Anda beli di berbagai apotek.

Hydrocortisone

Kulit tangan yang mengelupas tidak hanya diakibatkan oleh cuaca dan udara kering, ada banyak faktor lainnya, salah satunya adalah alergi dan gatal-gatal. Jika Anda mengalami gatal dan alergi hingga menyebabkan kulit tangan mengelupas, Anda bisa mencoba membeli Hydrocortison. Ini merupakan salah satu salep untuk kulit yang bisa Anda jumpai dengan mudah di berbagai toko obat.

Salep hydrocortisone (sumber: homehealth-uk.com)

Salep hydrocortisone (sumber: homehealth-uk.com)

Salep ini bekerja sebagai anti-inflamasi, anti-alergi, dan anti-pruritus pada kulit tangan Anda. Salep Hydrocortisone tentu saja mengandung Hydrocortisone. Dengan kandungan tersebut, obat salep ini akan menekan reaksi peradangan pada kulit akibat infeksi dan alergi yang menyebabkan kulit tangan mengelupas.

Untuk pemakaiannya, salep ini bisa digunakan oleh orang dewasa dan anak-anak dengan dosis 3 hingga 4 kali pemakaian dalam sehari. Pemakaian tidak boleh berlebihan atau kekurangan, harus secukupnya. Sehingga, kinerja obat tersebut dapat lebih efektif dan tidak menimbulkan efek samping. Hindari pemakaian Hydrocortisone pada luka yang menimbulkan pendarahan dan terbuka, karena ini dapat menyebabkan infeksi pada luka.

Baca juga:  Bahan Ampuh dalam Produk Skincare Anti-Aging

Selain itu, Anda perlu berhati-hati jika menggunakan salep ini, jangan sampai terkena area sekitar mata. Jika Anda mengalami iritasi setelah penggunaan salep, segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Untuk ibu hamil dan anak berusia 4 tahun, juga harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum menggunakannya. Efek samping penggunaan salep dapat menimbulkan rasa terbakar pada kulit dan atropi kulit.

Miconazole

Kulit mengelupas bisa jadi karena gatal-gatal atau jamur kulit. Beberapa jenis jamur kulit yang tidak nampak di mata dapat menyebabkan kulit tangan mengelupas. Setelah memastikan penyebabnya, dan memang karena jamur, maka Anda bisa mencoba menggunakan Miconazole. Salep yang dioleskan pada permukaan tangan ini akan bekerja dengan cara membunuh dan membersihkan jamur penyebab kulit tangan mengelupas. Selain itu, salep ini juga dapat meredakan rasa gatal di kulit.

Salep miconazole (sumber: bukalapak)

Salep miconazole (sumber: bukalapak)

Salep ini mengandung Miconazole Nitrat 2% yang berfungsi sebagai penangkal serangan jamur dan menjaga kulit Anda dari bakteri yang menyebabkan kulit tangan mengelupas. Selain itu, bagi Anda yang mengalami gatal karena alergi, juga bisa menggunakan salep ini. Obat akan menghilangkan gatal secara perlahan, sesaat setelah penggunaan salep. Bisa dibilang, obat ini memiliki efek yang cepat untuk mengatasi permasalahan kulit Anda.

Baca juga:  Cara Pemakaian Toner RDL Hydroquinone Tretinoin Babyface 2

Untuk pemakaian Miconazole, tidak bisa sembarangan, Anda hanya bisa menggunakannya sebanyak 2 hingga 3 kali oles per harinya. Pemakaian bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kelebihan obat bisa menyebabkan Anda mengalami efek samping, seperti kepala pusing, sakit kepala, dan mulut kering.

Perlu diperhatikan, obat ini tidak disarankan untuk penderita hipersensitivitas. Sementara, penggunaan pada ibu hamil, anak-anak, dan ibu menyusui harus seizin dokter. Jika Anda mengalami infeksi atau gejala kulit mengelupas pada tangan Anda tidak kunjung sembuh setelah penggunaan obat, ada baiknya Anda segera mengunjungi dokter kulit.

QnC Jelly Gamat

Selain obat salep kimia, ada juga jenis salep herbal yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kulit tangan yang mengelupas, seperti QnC Jelly Gamat. Obat salep ini diklaim memiliki banyak manfaat. Tidak hanya mengatasi kulit tangan yang mengelupas, juga permasalahan kulit lain seperti kadas, kurap, gatal, alergi, luka bakar, dan infeksi, yang dapat disembuhkan dengan cepat.

QnC Jelly Gamat (sumber: lazada.co.id)

QnC Jelly Gamat (sumber: lazada.co.id)

Penggunaan obat ini tidak cuma dioles saja ke permukaan kulit tangan Anda. Obat ini pun diklaim dapat diminum untuk mengatasi gangguan kulit dari dalam tubuh, dan mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit dari dalam. Karena mengandung bahan-bahan alami, tanpa bahan kimia, sehingga obat aman digunakan dan tidak memiliki efek samping.

Baca juga:  Pentingnya Diet Bagi Ibu Hamil dan Anak untuk Menghindari Racun

Salep ini juga diklaim aman untuk digunakan semua kalangan, mulai dari balita hingga lansia, termasuk ibu hamil dan menyusui. Kandungan utama QnC Jelly Gamat, yaitu asam amino, antiseptik alami, cell growth factor, glucosamine, chondroitin, glycosaminoglycans, lektin, mineral, mukopolisakarida, omega 3, omega 6, omega 9, protein 86.8%, vitamin, kolagen, dan berbagai macam ekstrak herbal.

Obat ini sudah dijual di berbagai macam toko obat, termasuk apotek. Untuk mempermudah, Anda pun bisa mencarinya di situs jual beli online. Selain lebih praktis, Anda bisa langsung mengetahui harga dan membandingkannya dengan toko online yang satu dan lainnya.

Itulah beberapa rekomendasi salep yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit tangan yang mengelupas. Anda bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan penyebab keluhan Anda. Hasil penggunaan obat salep untuk tiap orang tentunya tidak sama, ini tergantung dari kondisi kulit dan kesehatan masing-masing. Jika Anda mengalami kulit tangan mengelupas karena kering atau bukan karena alergi, gatal, dan jamur, Anda tidak perlu menggunakan obat salep. Anda bisa menggunakan lotion atau moisturizer cream untuk mengatasinya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: