Salah Mewarnai Rambut? Berikut Cara Cepat dan Mudah Untuk Mengatasinya

Memilih warna cat rambut di salonMemilih warna cat rambut di salon

Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalami kegagalan saat mewarnai rambut atau tidak sesuai ekspektasi. Umumnya, yang terjadi adalah banyak yang merasa kecewa dengan hasil pewarnaan rambut sesuai dengan permintaan awal Anda. Awalnya akan baik-baik saja, tapi satu minggu kemudian warna cat perlahan memudar.

Rasa kesal pasti memenuhi hati saat melihat hasil yang berbeda dari ekspektasi. Namun rambut terlanjur berganti warna, bisa diatasi tidak, ya? Melansir dari Glamour, ada tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hasil mewarnai rambut yang gagal ini.

Dapatkan Produk Penghilang Warna

Beli produk penghilang warna yang akan membuat rambut Anda kembali ke warna asli tanpa menyebabkan lebih banyak kerusakan. Carilah yang bebas amonia dan bebas pemutih dan mengandung bahan pengkondisi, seperti Color Oops Hair Color Remover Extra Conditioning, yang menggunakan protein kedelai dan lidah buaya untuk mengimbangi efek pengeringan dari petualangan rambut Anda. Jika rambut Anda kuat (tidak rusak atau kering) dan pewarna Anda sangat keras, Anda bisa menggunakan versi kekuatan ekstra.

Bilas dan Bilas Lagi

Proses penghapusan tidak menimbulkan rasa sakit. (Atau, seharusnya: Selalu pintar untuk menguji produk apapun yang terkait warna pada area kecil kulit di belakang telinga Anda, untuk melihat apakah Anda mengalami iritasi.) Cukup oleskan produk ke rambut kering Anda, duduklah mengenakan tutup shower selama 20 menit, lalu keramas dua hingga tiga kali dan bilas hingga 15 menit.

Pakai Sampo Anti Ketombe

Ilustrasi: mencuci rambut sehabis diwarnai (sumber: rd.com)

Ilustrasi: mencuci rambut sehabis diwarnai (sumber: rd.com)

Ternyata shampo anti ketombe bisa membantu menghilangkan cat rambut, lho! Jika dilihat kandungannya, shampo anti ketombe biasanya memiliki beberapa tambahan formula kimia tertentu, seperti sulfates atau alkohol untuk mengangkat sebum berlebih dan menyingkirkan jamur penyebab ketombe. Formula tambahan ini yang bisa memengaruhi atau melunturkan hasil pewarnaan yang juga menggunakan bahan kimia.

Akan tetapi, penggunaannya akan lebih efektif pada cat rambut yang semi-permanen, ya. Gunakan shampo anti ketombe ini seperti sampo Anda yang biasa. Pastikan Anda juga memakai kondisioner setelah keramas. Sampo anti-ketombe cenderung membuat rambut lebih kering dan kondisioner akan membantu mengembalikan kelembapannya. Dalam beberapa kali pemakaian rutin, warna rambut pun akan mulai pudar.

Gunakan Color Remover Kit

Untuk mengurangi atau memperbaiki warna yang terlalu terang, Anda bisa menggunakan color remover kit, seperti color reducer. Produk ini bisa Anda temukan di beberapa salon ternama. Jika dibandingkan dengan bleaching, metode memudarkan warna rambut menggunakan color remover ini lebih banyak dipilih.

Berbeda dengan bleaching yang langsung mengangkat semua pigmen rambut, color reducer hanya akan mengangkat warna pigmen buatan yang ada di kutikula rambut. Formula kimianya pun tidak ‘sekeras’ proses bleaching. Dengan color remover, warna rambut mungkin tidak serta merta berubah ke warna asli atau menjadi pirang (seperti proses bleaching). Namun, warnanya pasti akan memudar beberapa tingkat. Produk ini akan bekerja lebih efektif pada rambut yang diwarnai semi-permanen.

Tambahkan Asuransi Ekstra Terhadap Kerusakan

Mempertimbangkan bagaimana drama warna rambut dapat membuat rambut tegang, semakin banyak yang dapat Anda lakukan untuk melindunginya dan menambah kekuatannya, semakin baik. Satu opsi tambahan cerdas: kit yang memungkinkan Anda menyiapkan rambut sebelum penghilangan warna dan merehabilitasinya sesudahnya. Pilihlah produk yang mencakup serum bergizi yang Anda aplikasikan sebelum penghilangan warna dan perawatan pasca proses yang membantu meminimalkan kehilangan kelembaban.

Ilustrasi: perawatan tambahan setelah pewarnaan (sumber: poppydeyes.com)

Ilustrasi: perawatan tambahan setelah pewarnaan (sumber: poppydeyes.com)

Coba Hot Oil Treatment dengan Minyak Almond

Mungkin belum banyak yang tahu tentang metode satu ini. Hot oil treatment merupakan cara menghilangkan cat rambut dengan menggunakan minyak esensial yang dihangatkan. Aplikasinya juga sederhana dan tidak ribet. Cukup panaskan sedikit minyak almond, lalu diamkan beberapa menit hingga terasa hangat. Oleskan minyak almond dari pangkal hingga ujung rambut secara merata, kemudian bungkus dengan handuk dan bilas setelah satu jam. Tidak hanya menghilangkan cat rambut, perawatan ini juga bisa mengatasi berbagai masalah rambut sehingga membuatnya lebih sehat dan terawat.

Lakukan Pewarnaan Kembali Setelah Memberi Jeda

Dibanding dengan langsung mengecat ulang, ada baiknya Anda bersabar dan melakukan pewarnaan kembali setelah memberi jeda selama beberapa minggu. Beri kesempatan pada rambut untuk ‘bernapas’ agar kelembapannya kembali dan siap untuk diwarnai ulang. Selama menunggu, coba beberapa langkah di atas untuk memudarkan warnanya atau lakukan beberapa perawatan agar rambut tetap terjaga kesehatannya.

Nah, agar kesalahan yang sama tidak terulang lagi, komunikasikan secara detail mengenai warna rambut yang Anda inginkan dengan hair stylist. Satu lagi, jangan lupa untuk mencari tahu warna rambut yang sesuai dengan Anda.

Ingatlah tip penting ini sebelum membeli pewarna: pilih warna yang satu atau dua tingkat lebih terang dari warna yang Anda inginkan, karena rambut cenderung mengambil lebih banyak pigmen setelah Anda menggunakan remover, menghasilkan warna yang sedikit lebih gelap.

Kali ini, lakukan strand test terlebih dahulu, untuk memastikan hasilnya sesuai keinginan Anda. Dan begitu Anda mencapai warna rambut yang Anda harapkan selama ini, jaga agar rambut terlihat sempurna lebih lama dengan beralih ke shampo yang bebas warna dan bebas sulfat.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika Anda salah mewarnai rambut. Anda tidak perlu panik, karena dengan melakukan cara-cara di atas, Anda bisa menghilangkan warna cat rambut tersebut dengan mudah tanpa merusak rambut Anda. Setelah itu, pastikan produk perawatan rambut yang Anda pilih sudah tepat. Selamat mencoba.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: