Sajian Segar Untuk Berbuka, Inilah Resep Manisan Kolang-Kaling Fanta

Manisan Kolang Kaling - www.tokopedia.com Manisan Kolang Kaling - www.tokopedia.com

Selain pisang, biji salak maupun aneka ubi-ubian, buah kolang kaling juga menjadi salah satu yang disajikan ketika berbuka . Kolang kaling yang kerap disebut dengan buah atap ini memiliki tekstur yang kenyal berbentuk lonjong, berwarna putih transparan dan memiliki rasa yang menyegarkan. Kesegaran buah kolang kaling ini sering kali diolah menjadi bahan es yang menyegarkan, termasuk diolah menjadi manisan kolang kaling Fanta.

Manisan Kolang Kaling - www.tokopedia.com

Manisan Kolang Kaling – www.tokopedia.com

Dalam Bahasa Belanda, kolang kaling disebut Glibbertjes yang terbuat dari pohon aren yang berbentuk pipih dan bergetah. Para pengusaha buah kolang kaling biasanya membakar buah aren hingga hangus, lalu diambil bijinya untuk direbus selama beberapa waktu. Biji kolang kaling yang sudah direbus dapat direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.

Selain enak dan segar pada saat dijadikan beragam dan , seperti manisan kolang kaling Fanta. Buah kolang kaling juga diyakini memiliki kadar air yang sangat tinggi. Beberapa menyebutkan, kolang kaling mengandung kadar air hingga 93,8% setiap gram. Mengandung protein sebanyak 0,69 gram, karbohidrat 4 gram, kadar abu 1 gram serta serat kasar sebanyak 0.95 gram. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat kenikmatan olahan kolang kaling di rumah, berikut ini adalah resep dan langkah membuat manisan kolang kaling Fanta.

Manisan Kolang Kaling - www.tokopedia.com

Manisan Kolang Kaling – www.tokopedia.com

Bahan-bahan yang disiapkan:

  • 1 Kg Kolang Kaling. Pilih yang kekuningan jangan yang berwarna putih karena kadang sudah diberi tawas agar terlihat putih bersih dan kenyal.
  • 500 ml Fanta (Untuk dan rasa terserah selera)
  • 10 Lembar Daun Pandan
  • 250 Gram Gula Pasir (Sesuaikan Selera)
  • 10 Lembar Daun Jeruk
  • Air Cucian Beras secukupnya
  • Air Mendidih secukupnya
  • Sejumput Garam
  • Pewarna Merah secukupnya

Langkah manisan kolang kaling fanta:

  • Rendam kolang kaling menggunakan air cucian beras selama 3 hingga 4 jam, lalu cuci bersih kemudian rendam dengan air panas kira kira 15 menit, angkat dan tiriskan kembali hingga benar benar kering.
  • Selanjutnya didihkan air dengan tambahan garam, daun jeruk, pewarna dan daun pandan sampai mendidih kemudian masukkan kolang-kaling, masak hingga air sedikit menyusut sambil sesekali diaduk rata (kira kira 20 menit-30 menit).
  • Taburi dengan gula, aduk hingga gula larut lalu tuangkan Fanta, kemudian aduk rata kembali, masak hingga kuah mengental dan sedikit susut. Matikan api lalu diamkan di ruang terbuka semalaman, baru didinginkan dalam kulkas. Kolang kaling akan terasa lebih nikmat dan segar saat dikonsumsi selagi dingin.

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan Fanta ataupun minuman bersoda lainnya, Anda dapat menggunakan bahan lain seperti sirup. Karena apabila dibandingkan dengan minuman bersoda, sirup lebih sehat untuk dikonsumsi, utamanya dikonsumsi oleh anak-anak.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: