Sajian Lucu Khas Lebaran, Berapa Harga Kue Lidah Kucing Rainbow?

Kue Lidah Kucing - (Sumber: feed.merdeka.com) Kue Lidah Kucing - (Sumber: feed.merdeka.com)

Kue lidah kucing adalah sejenis kue kering yang berbentuk seperti lidah kucing (panjang dan tipis) yang berasal dari Belanda. Kue lidah kucing memiliki rasa yang enak, gurih dan renyah. Kue ini masuk ke Indonesia dari belanda seiring dengan kolonialisasi Belanda. Dalam bahasa Belanda, kue ini dinamakan Katte Tong.

Kue lidah kucing di Indonesia sudah dikenal secara luas dan disukai di seluruh nusantara. Kue kering ini menjadi sajian khas di musim perayaan hari raya seperti Idul Fitri, Natal dan tahun baru Imlek.

Varian kue lidah kucing

Berbeda pada awal kemunculannya, kue asal negara kincir angin ini sudah banyak berinovasi, terlihat dengan banyaknya varian kue lidah kucing. Hingga kue ini tidak lagi disebut sebagai jajanan jadul. Beberapa macam varian kue lidah kucing ini antara lain:

Kue lidah kucing original

Meski tidak terdapat toping pada kue lidah kucing original, namun kue lidah kucing ini masih menjadi favorit bagi sebagian orang.

Kue lidah kucing rainbow

Kue Lidah Kucing Rainbow - (Sumber: resepkuekeringku.com)

Kue Lidah Kucing Rainbow – (Sumber: resepkuekeringku.com)

Dalam beberapa hadirnya varian kue lidah kucing, mungkin kue lidah kucing rainbow ini sangat digemari bagi sebagian orang terutama anak kecil. Corak pelangi yang terdapat pada kue lidah kucing ini dianggap lucu sehingga banyak peminatnya. Namun harus tetap berhati hati terhadap pedagang nakal yang menggunakan bahan pewarna tekstil dalam pembuatan kue lidah kucing rainbow ini.

Kue lidah kucing kopi susu

Paduan kopi dan susu memang menjadi favorit bagi orang yang coffee addict. Paduan kopi dan susu nyatanya tidak hanya digunakan dalam beberapa minuman atau roti, namun juga digunakan dalam pembuatan kue lidah kucing.

Kue lidah kucing keju

Pada pembuatan kue atau roti yang memakai bahan tambahan seperti keju akan memberikan rasa gurih. Tentu saja hal ini bisa dijadikan variasi bagi penikmat kue lidah kucing yang tidak suka terlalu manis.

Kue lidah kucing kacang

Pada penyajiannya, kue lidah kucing ditaburi dengan kacang. Jenis kacang yang digunakan umumnya kacang mede ataupun almond. Senada dengan rasa keju, rasa gurih pada kacang juga akan mengurangi manisnya kue lidah kucing.

Kue lidah kucing cokelat

Siapa yang tidak suka coklat? Bagi hampir semua orang terlebih anak-anak pasti menyukai cokelat. Dengan menggunakan topping cokelat, tak jarang membuat kue lidah kucing ini sangat ramai untuk dicari.

Kue lidah kucing green tea

Kuliner serba teh hijau atau green tea memang sedang diminati, sehingga tidak hanya minuman green tea juga sudah berkembang hingga dijadikan bahan ekstrak tambahan untuk kue, cookies dan lain-lain.

Resep dan cara membuat kue lidah kucing original

Bagi anda yang tertarik untuk dapat membuat kue lidah kucing, utamanya bagi pemula lebih baik untuk membuat kue lidah kucing original terlebih dahulu. Bahan-bahannya sangat mudah di dapatkan di supermarket atau toko perlengkapan kue terdekat.

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:

  • 160 gram tepung rendah protein.
  • 50 gram gula halus (diayak).
  • 200 gram margarin.
  • 10 gram bubuk susu.
  • 100 gram tepung gula.
  • 5 putih telur.

Cara pembuatannya juga cukup mudah. Pertama, Aduk margarin sampai lembut. Kemudian masukkan 50 gram tepung gula. Aduk lagi sampai benar-benar lembut, sekitar 10 menit.
Tambahkan tepung dan susu bubuk sambil diayak secara bertahap. Aduk dan sisihkan.
Kocok putih telur sampai setengah mengembang. Tambahkan tepung gula sedikit demi sedikit sambil dikocok sampai adonan mengembang. Menggunakan sendok untuk mengambil 1 sdm putih telur ke adonan tepung secara perlahan sambil mengaduk-aduk.
Ambil kantong segitiga dan masukkan adonan. Gunting ujungnya, semprot lidah kucing dalam loyang yang sebelumnya telah dioles margarin. Masukkan ke dalam oven. Panggang selama 15 menit dengan suhu 140 derajat Celcius.

Namun terdapat tips agar dapat menghasilkan kue lidah kucing yang gurih dan renyah. Tips tersebut di antaranya:

  1. Tidak memanggang kue terlalu panas, untuk memanggang kue lidah kucing, gunakan panas rendah pada oven. Besar api akan mengakibatkan kue menjadi kering dan gosong di tepi kue. Sementara bagian tengah kue tentu masih basah dan tidak renyah seperti kita harapkan.
  2. Menggunakan loyang yang tepat – penggunaan yang tepat loyang kue terbuat dari aluminium. Bahan-bahan ini biasanya sangat baik menyerap panas dari api dan agar kue tetap stabil dibandingkan dengan loyang terbuat dari besi.
  3. Selalu mengoleskan margarin pada loyang – jangan disepelekan juga ya. Karena itu sangat berpengaruh dalam proses akhirnya. Tentunya kita tidak ingin hasil kue yang ternyata menjadi menempel dan sulit untuk dilepaskan dari loyangnya.
  4. Penggunaan pencungkil kue, kue lidah kucing sangat tipis dan lebar, sehingga setelah mengeluarkan dari loyang, ada kemungkinan untuk menjadi rapuh karena tipis. Setelah matang dan keluar dari oven, biarkan lidah kucing kue selama 15-20 menit sampai hilang uap panasnya.

Resep dan cara membuat kue lidah kucing rainbow

Pembuatan kue lidah kucing rainbow memiliki cara dan bahan yang sama pada pembuatan kue lidah kucing original, meski ada bahan tambahan seperti pewarna makanan. Lebih jelasnya Anda perlu menyiapkan bahan-bahan, antara lain:

  • 150 gram Mentega.
  • 150 gram Margarin.
  • 175 gram Gula bubuk.
  • 3 butir Kuning Telur.
  • 25 gram Susu Bubuk.
  • 250 gram Tepung Terigu.
  • 100 ml Putih Telur.
  • Garam secukupnya .
  • Vanili secukupnya

Cara pembuatannya adalah dengan langkah sebagai berikut:

  1. Kocok putih telur 100 ml (3 butir putih telur) lalu tambahkan garam dan kocok sampai kaku. Kemudian tambahkan terigu yang sudah dicampur dengan susu bubuk. aduk rata
  2. Kocok mentega, gula halus dan telur sampai mengembang. Tambahkan vanili dan kocok lagi.
  3. Bagi adonan menjadi 6 bagian sama banyak. Beri masing-masing warna. Lalu masukkan masing-masing warna ke dalam piping bag dan ikat ujungnya.
  4. Semprotkan masing-masing warna pada cetakan lidah kucing yang sudah dipoles mentega. Untuk lebih cepat pengerjaannya semprotkan misalkan warna merah dulu untuk semua dalam 1 loyang, baru warna berikutnya dan seterusnya.
  5. Oven sampai terlihat kering kurang lebih 10-15 menit.
    Kalau terlihat sudah kering angkat dan biarkan kue nya mengering di luar oven. Biasanya waktu dipegang agak masih belum kering, tapi sebaiknya angkat aja karena kalau di luar akan mengeras dan jika dipaksa kering dioven bisa cepat gosong.
  6. Setelah matang, simpan dalam wadah kedap udara.

Di atas adalah resep dan cara pembuatan kue lidah kucing yang dapat Anda terapkan sendiri di rumah. Namun bagi Anda yang tidak terbiasa untuk membuat sajian lebaran atau Natal dengan tangan sendiri, Anda juga dapat mendapatkan kue lidah kucing original maupun varian di pusat perbelanjaan ataupun di toko-toko online.

Berdasarkan data yang kami peroleh dari beberapa toko online, penjualan kue lidah kucing di Jakarta berkisar dari harga Rp25 ribuan hingga Rp130 ribuan. Tergantung dari berat kemasan toples dan varian kue lidah kucing. Sementara penjualan kue lidah kucing di Surabaya dibanderol dari harga Rp20 ribuan hingga Rp90 ribuan, tergantung dari berat dan variannya. Namun, untuk kue lidah kucing rainbow dihargai Rp50 ribuan untuk berat ½ kg.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: