Khusus Atasi Jerawat Parah, Ini Rekomendasi Sabun yang Mengandung Benzoil Peroksida

Sabun Khusus Atasi Jerawat - freepik: @torwaiphotoSabun Khusus Atasi Jerawat - freepik: @torwaiphoto

Dalam pengobatan kulit yang berjerawat, entah itu area wajah atau bahkan punggung, ada beberapa bahan yang memang dikenal ampuh untuk mengatasi jerawat. Beberapa bahan di antaranya adalah sulfur, salicylic acid, hingga benzoil peroksida. Masing-masing bahan itu kerap ditambahkan dalam produk sabun atau bahkan berwujud krim untuk penggunaan topikal sebagai spot treatment. Lantas, adakah sabun yang mengandung benzoil peroksida?

Benzoil peroksida adalah antibakteri yang tidak termasuk dalam golongan antibiotik. Zat ini bisa digunakan untuk mengobati jerawat yang belum parah. Benzoil peroksida akan melepaskan oksigen yang akan mengoksidasi protein bakteri P. Acne. Benzoil peroksida juga bersifat mengelupas kulit sehingga bisa membuka pori-pori kulit yang tersumbat juga menghilangkan komedo. Benzoil peroksida digunakan sebagai campuran sabun, lotion, gel, dan cream antijerawat.

Obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida dioleskan pada kulit yang bersih tidak lebih dari 2 kali sehari. Biasanya, terapi jerawat dimulai dengan formulasi yang rendah, yaitu sekitar 2,5%. Selanjutnya, dosis bisa ditingkatkan menjadi 5 sampai 10%. Begitu juga dengan frekuensi pemakaian. Pertama kali digunakan 2 hari sekali, lalu bisa ditingkatkan menjadi setiap hari sampai 2 kali sehari.

Sabun yang Mengandung Benzoil - freepik: @wayhomestudio

Sabun yang Mengandung Benzoil – freepik: @wayhomestudio

Efek samping dari pemakaian benzoil peroksida adalah kulit wajah terasa sangat kering, bisa terjadi kemerahan akibat iritasi serta dermatitis alergi. Jauhkan kontak dengan mata, mulut, dan membran mukosa. Lindungi kulit dari sinar matahari yang berlebihan. Sebaiknya, tidak menggunakan obat jerawat yang mengandung benzoil peroksida bersama produk-produk yang mengandung alkohol, karena kombinasi antara benzoil peroksida dan alkohol yang bersifat mengeringkan dan pengelupasan, bisa membuat kulit menjadi sangat kering.[1]

Baca juga:  Cara Membuat Kue Lapis Legit Khas ala Toko Anggrek Palmerah

Karena benzoil peroksida termasuk bahan yang cukup “keras” bagi kulit sensitif, beberapa produsen kosmetik lokal biasanya jarang menambahkan zat satu ini dalam produk-produk seperti sabun mandi atau bahkan sabun wajah. Pasalnya, saat ini sudah banyak alternatif bahan lain yang lebih “gentle” dalam mengatasi jerawat meradang dibandingkan benzoil peroksida. Beberapa di antaranya menambahkan bahan seperti tea tree oil, witch hazel, dan semacamnya.

Terlebih bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, produk skincare yang mengandung bahan seperti benzoil peroksida, sulfat, atau alkohol biasanya kurang begitu disarankan untuk digunakan. Bahan-bahan tersebut berpotensi menimbulkan beberapa efek samping yang kurang nyaman seperti kulit terasa kering, mengelupas, gatal, perih, atau bahkan kemerahan.

Namun demikian, jika Anda menilik dari beberapa brand luar negeri ternyata ada beberapa produk sabun muka yang mengandung benzoil peroksida. Sabun dengan kandungan benzoil peroksida tersebut biasanya diperuntukkan bagi Anda yang mengalami jerawat cukup parah. Berikut info beberapa produk sabun muka yang mengandung benzoil peroksida.

Sabun untuk Kulit yang Berjerawat Parah - freepik: @gpointstudio

Sabun untuk Kulit yang Berjerawat Parah – freepik: @gpointstudio

Sabun Muka yang Mengandung Benzoil Peroksida

  • Cerave Acne Foaming Cream Cleanser: mengandung 4% Benzoyl Peroxide, ceramides, hyaluronic acid, danNiacinamide untuk membersihkan dan mengatasi breakout. Harganya Rp375 ribu isi 148 ml.
  • Elta MD Foaming Facial Cleanser:mengandung campuran enzim dan asam amino yang diklaim dapat membantu membersihkan riasan dan kotoran lainnya, termasuk minyak di pori-pori dan kulit. Harganya Rp767 ribuan isi 207 ml.
  • Neutrogena Rapid Clear Stubborn Acne Face Wash: diformulasikan dengan benzoyl peroxide (10%) yang berkekuatan maksimum. Sabun ini diklaim dapat mengurangi kemerahan dan ukuran jerawat membandel hanya dalam satu hari. Harganya Rp265 ribu isi 147 ml.
  • PanOxyl Acne Foaming Wash: mengandung 10% Benzoyl Peroxide untuk digunakan sebagai sabun di wajah, dada, dan punggung. Busanya yang lembut diklaim menghilangkan kotoran dan minyak berlebih untuk membersihkan dan membuka pori-pori. Harganya Rp716 ribuan isi 156 gr.
Baca juga:  Varian Vitamin Blackmores untuk Kulit Putih dan Merona

Bagaimana? Harganya cukup mahal bukan? Sebelum Anda memutuskan untuk mencoba suatu produk, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis kulit Anda. Jika kulit Anda termasuk jenis sensitif dan kurang cocok menggunakan bahan-bahan yang terlalu keras, sebaiknya cari alternatif sabun dengan kandungan selain benzoil peroksida yang memang tak kalah bagus untuk mengatasi jerawat. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jenis sabun atau perawatan apa yang cocok untuk mengobati jerawat.

[1]Muliyawan, D dkk. 2013. A-Z tentang Kosmetik (hlm 199-200). Jakarta: Elex Media Komputindo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: