Manfaat Sabun Dove untuk Perawatan Kulit Eksim

Sabun Dove (sumber: apollopharmacy.in)Sabun Dove (sumber: apollopharmacy.in)

Orang yang menderita eksim terkadang merasa kebingungan saat dihadapkan pada pilihan mengenai produk perawatan kulit yang cocok untuk mereka. Nah, jika membutuhkan sabun yang kandungan pelembapnya tinggi dan bisa meminimalisir timbulnya eksim, sabun Dove mungkin bisa Anda lirik. Terlebih karena sabun merk ini dikenal memiliki formula yang lembut.

Eksim atau eksema atau dermatitis adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh atau gelembung kecil (vesikel) pada kulit, hingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan. Eksim juga digunakan sebagai istilah bagi sekelompok kondisi yang menyebabkan perubahan pola pada kulit dan menimbulkan perubahan spesifik di bagian permukaan. Beberapa jenis eksim antara lain:

Jenis Eksim

  • Dermatitis atopik. Salah satu jenis eksim yang paling sering dijumpai dan merupakan penyakit turunan. Umumnya dimulai ketika masih bayi dan kanak-kanak. Gejalanya berupa gatal, radang kulit, dan pada sebagian penderita sering timbul asma.
  • Dermatitis kontak. Terdiri dari dermatitis kontak alergik dan iritan. Dermatitis kontak alergik disebabkan oleh reaksi kekebalan yang tertunda (delayed immune system) akibat kontak kulit dengan senyawa alergenik, sehingga menyebabkan radang kulit dalam 48 jam setelah paparan terjadi. Beberapa agen penyebab eksim jenis ini adalah parfum, pengawet kosmetik, logam, dan zat kimia. Dermatitis kontak iritan terjadi karena paparan senyawa iritan yang dapat merusak kulit secara kimiawi. Contohnya sabun keras, detergen, dan produk pembersih lain. Senyawa iritan tersebut dapat menghilangkan minyak dan kelembapan dari lapisan luar kulit, kemudian merusak lapisan pelindung dan memicu terjadinya peradangan. Gejala eksim kontak adalah kulit melepuh, berwarna kemerahan dan mengeropeng, sehingga kulit menjadi bersisik.[1]
  • Eksim numular. Beberapa plak eksim yang biasanya berhubungan dengan kulit kering dan terjadi pada bagian luar kaki, tangan, dan lengan.
  • Eksim statis. Jenis eksim kronis pada daerah bawah kaki bagian dalam yang berkaitan dengan varises.
Baca juga:  Tanda-Tanda Penuaan Pada Kulit & Bagaimana Cara Mengatasinya

Penyebab eksim hingga saat ini belum bisa dipastikan, tetapi berkaitan dengan faktor keturunan. Beberapa material yang dapat memperburuk eksim adalah pasir, debu, detergen, sabun, busa sabun, parfum, stres, gangguan emosi, klorin, serta penggarukan dan penggosokan. Beberapa kasus alergi terhadap makanan juga dapat memengaruhi eksim, contohnya ikan, susu sapi, telur, kacang, dan lain sebagainya.[2]

Pengobatan Eczema di tangan (sumber: eczema.org)

Pengobatan Eczema/eksim di tangan (sumber: eczema.org)

Gejala dan Tanda-tanda Eksim

  • Terasa gatal dan panas kulit yang terkena, terutama malam hari.
  • Pada eksim basah, kulit tampak melepuh merah, bengkak, basah, dan timbul bintil-bintik yang mengandung air atau nanah.
  • Pada eksim kering, tampak kulit bersisik keras, mengeropeng, dan kemerah-merahan.

Perawatan Eksim

  • Jangan menggaruk eksim karena dapat mengakibatkan infeksi.
  • Hindari bahan-bahan, makanan, atau hal-hal yang dapat menyebabkan alergi.
  • Hindari penggunaan sabun pada daerah yang terkena eksim dan usahakan tidak sering terkena air. Jika mandi, gunakan air hangat-hangat kuku.
  • Pakai pakaian yang bersih, menyerap keringat, dan tidak ketat.[3]
Baca juga:  Seperti Otot, Latihan Kardio Tingkatkan Kinerja Otak

Sabun Dove untuk Eksim

Jika kulit bayi Anda memiliki eksim atau cenderung alergi, gunakan sabun dengan pelembap seperti sabun untuk kulit sensitif “Dove” yang tidak wangi.[4] Beberapa orang penderita eksim meyakini bahwa salah satu hal yang memicu eksim adalah kondisi kulit yang terlalu kering. Oleh sebab itu, mereka mencegah eksim dengan menggunakan produk sabun yang sifatnya moisturizing atau melembapkan seperti Dove.

Dove yang kabarnya dapat dipakai untuk meminimalisir timbulnya eksim adalah sabun Dove batangan maupun Dove cair varian Deeply Nourishing Body Wash. Di Indomaret produk Dove Deeply Nourishing Body Wash kemasan refill isi 400 ml dibanderol Rp38 ribuan, sedangkan sabun Dove batang 100 gr dijual sekitar Rp7.900 per buah. Sabun Dove diklaim memiliki kandungan pelembap yang tinggi dan mencegah kulit kering atau iritasi.

Baca juga:  Apa Saja Shampo yang Cocok untuk Psoriasis di Kepala?

[1]Ardinasari, E. 2016. Buku Pintar Mencegah dan Mengobati Penyakit Bayi dan Anak. Muhamad I, editor. Jakarta: Bestari, hlm 127.

[2]Ibid., hlm 128.

[3] Wijayakusuma, H. 2008. Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit. Jakarta: Pustaka Bunda, hlm 66.

[4] Sears, W dkk. 2003. The Baby Book. Diterjemahkan oleh: Dwi K dkk. Ati C, editor. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, hlm 117.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: