Sabun Apa yang Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Sederet Rekomendasi untuk Anda

Ilustrasi: masalah jerawat (sumber: lorealparis.com) Ilustrasi: masalah jerawat (sumber: lorealparis.com)

Setiap wanita selalu mendambakan penampilan yang sempurna terutama untuk kulit wajahnya. Jika timbul masalah jerawat, sudah pasti wanita akan merasa kesal dan segera mencari cara untuk mengusirnya. Berbagai hal akan ditempuh untuk hasil yang optimal terutama untuk perawatan kulit. 

Langkah mengatasi jerawat jelas berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang sehingga pemilihan sabun muka pun tak boleh sembarangan. Sejumlah cara untuk memilih sabun atau pencuci muka yang tepat untuk penanganan wajah berjerawat, meliputi pemilihan sabun muka berdasarkan jenis jerawat dengan kandungan pelembap dan pembersih yang seimbang. 

Untuk hasil lebih optimal pilihlah produk yang lembut di kulit dan mudah dibilas, memiliki bahan yang tidak menyebabkan iritasi juga wajib dicoba. Sabun dan pencuci muka sebaiknya harus memiliki kandungan obat jerawat untuk mempercepat penyembuhan. Sedangkan untuk bentuk sabun muka, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan dan terpenting mudah dalam hal pemakaian.

Sebelum membeli sabun atau pencuci muka yang tepat untuk perawatan jerawat tersebut, sebaiknya Anda harus mengenal lebih dulu jenis jerawat yang dialami. Sehingga nantinya dapat menentukan langkah perawatan terbaik.

Jenis-jenis Jerawat

Ilustrasi: masalah jerawat (sumber: seniority.in)

Ilustrasi: masalah jerawat (sumber: seniority.in)

Whitehead

Jerawat jenis ini terjadi ketika lapisan tipis kulit menutupi pori-pori dengan sel kulit mati atau kotoran, sehingga menciptakan gumpalan bulat putih pada kulit. Banyak faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat ini, tetapi paling umum dikarenakan minyak, sel kulit mati, dan perubahan hormonal.

Blackhead

Blackhead terjadi karena pori-pori tertutup lapisan kulit sehingga menimbulkan komedo yang dibiarkan terbuka sehingga terkena udara. Hal tersebutlah yang membuatnya berwarna gelap.

Jerawat di zona T

Salah satu jenis jerawat yang lebih umum dengan kecenderungan timbul pada dahi, hidung, dagu dalam formasi bentuk T. Jerawat ini biasanya dikarenakan oleh polusi dan seringkali menimbulkan jerawat merah dan whitehead.

Jerawat hormonal

Jerawat yang kerap muncul karena kelebihan minyak. Kemudian terjadi penumpukan dan menyebabkan pori-pori tersumbat, hingga jerawat. Sebagian orang yang mengalami jerawat ini, bahkan tak mempan diberi dengan antibiotik.

Pustula

Jerawat yang menyerupai benjolan berisi cairan atau nanah pada kulit. Hal ini disebabkan karena adanya infeksi bakteri di pori-pori. Tingkat keparahan jerawat pustula sangat bervariasi tergantung pada jumlah dan jangka waktu jerawat itu terbentuk.

Ilustrasi: masalah jerawat (sumber: allure.com)

Ilustrasi: masalah jerawat (sumber: allure.com)

Papula

Berbentuk benjolan kecil berwarna merah pada kulit, jerawat ini biasanya berkelompok dan sangat menyakitkan. Pemberian antibiotik dan perawatan topikal dapat meredakan jerawat ini.

Jerawat kistik

Jerawat ini terjadi ketika pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati, namun adanya infeksi yang masuk lebih dalam ke kulit menimbulkan benjolan merah yang lebih besar dan terisi oleh cairan.

Jerawat fulminans

Jenis jerawat ini merupakan bentuk langka jerawat kistik yang parah, ditandai oleh nodul dengan adanya radang parah dan plak serta luka terbuka. Biasanya jerawat ini berada di dada, punggung, dan wajah.

Nodul

Jerawat ini memiliki warna yang mungkin sama dengan kulit atau justru berubah menjadi merah saat mengalami peradangan. Jerawat ini cukup menyakitkan karena bertahan berbulan-bulan.

Jerawat mechanica

Jerawat jenis ini terjadi sebagai akibat dari panas dan gesekan. Hal tersebut memicu peningkatan iritasi dan kelebihan minyak, sehingga menimbulkan jerawat jenis ini.

5 Merk Rekomendasi Sabun Muka untuk Jerawat

Cloris Men Sabun Batang

Cloris Men Sabun Batang (sumber: lazada.co.id)

Cloris Men Sabun Batang (sumber: lazada.co.id)

Diperkaya dengan carbon aktif, collagen, dan bahan aktif pembunuh kuman membuat sabun batang ini cukup familiar bagi sebagian orang untuk membasmi jerawat di wajah. Produk ini juga aman karena tak mengandung bahan berbahaya seperti hydroquinone dan mercury, sehingga diklaim tak menimbulkan efek samping. Dibanderol dengan harga Rp53.800, sabun khusus pria ini dapat dicoba.

Rohto Acnes Natural Care Facewash Complete White

Rohto Acnes Natural Care Facewash Complete White (sumber: instasaver.org)

Rohto Acnes Natural Care Facewash Complete White (sumber: instasaver.org)

Produk ini banyak dikenal masyarakat karena mengandung bahan alami dengan harga yang relatif terjangkau kisaran Rp15.500. Kandungan natural active ingredients dan vitamin C-nya tak hanya berfungsi untuk melawan bakteri penyebab jerawat, tetapi juga mencerahkan kulit dan menyamarkan flek hitam bekas jerawat. Ditunjang dengan pelembap tentu dapat meredakan jerawat di wajah Anda.

Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel

Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel (sumber: shopee.co.id)

Garnier Pure Active Sensitive Anti-Acne Cleansing Gel (sumber: shopee.co.id)

tak jauh berbeda dengan produk Acnes, Garnier juga memberikan inovasi terbaik untuk produk perawatan jerawatnya. Dengan tekstur lembut, produk ini mengandung purifying zinc dan witch hazel extract yang dipercaya dapat membersihkan wajah dan memberikan rasa nyaman saat digunakan. Produk dengan harga Rp15.000 ini mampu mengurangi minyak berlebih pada wajah dan membuatnya lebih bening.

Pond’s Acne Solution Anti-Acne Facial Foam

Pond’s Acne Solution Anti-Acne Facial Foam (sumber: shopee.co.id)

Pond’s Acne Solution Anti-Acne Facial Foam (sumber: shopee.co.id)

Sedikit lebih mahal dari dua produk sebelumnya yakni Rp25.000, Pond’s juga tak kalah menghadirkan facial foam untuk kulit berjerawat. Kandungan bahan aktifnya membuat produk ini mampu mengatasi masalah jerawat Anda hanya dalam tiga hari. Anda dapat menggunakan produk ini dua kali sehari pada pagi dan malam hari untuk mengontrol minyak berlebih pada area T wajah dan mencegah jerawat datang kembali.

Royalty Cleansing Soap

Royalty Cleansing Soap (sumber: blanja.com)

Royalty Cleansing Soap (sumber: blanja.com)

Dengan pemakaian rutin sabun ini, tak hanya jerawat, noda membandel dan komedo pun diklaim akan lenyap secara bertahap. Selain itu, produk Royalty mengandung efek anti-aging yang dapat merevitalisasi kulit dengan nutrisi yang optimal. Produk ini dibanderol dengan harga cukup mahal yakni Rp150.000.

Mencuci wajah secara rutin dua kali sehari tentu menjadi langkah yang tepat untuk meredakan jerawat Anda. Untuk mencegah kulit kering setelah mencuci muka, Anda sebaiknya menggunakan pelembab yang cocok untuk wajah. Dalam memilih produk perawatan wajah, ada baiknya Anda konsultasikan dengan dokter terlebih dulu.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: