Risiko Kesehatan Akibat Sering Bermain Game Online

Bermain online game (sumber: parade.com)Bermain online game (sumber: parade.com)

Game online merupakan sebuah permainan yang bisa dimainkan secara single player dan multiplayer melalui internet.[1] Permainan ini memang dapat membuat banyak orang kecanduan, sehingga mereka akhirnya tidak bisa berpaling dari layar HP atau PC. Waspada, terlalu sering bermain game onlinĀ  ternyata memiliki dampak buruk terhadap kesehatan.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, game online tidak hanya dimainkan oleh orang dewasa, tetapi juga remaja dan anak. Dari 100% pengguna game online, sekitar 21% pemain berusia di bawah 18 tahun. Meskipun game online adalah sarana hobi yang menyenangkan dan dapat menghilangkan stres, ada banyak risiko kesehatan yang bisa muncul jika Anda terlalu sering memainkannya.

Memang, selain bisa dijadikan sebagai media hiburan yang menyenangkan, game seperti ini bisa menjadi wadah untuk berinteraksi atau berkomunikasi secara virtual. Anda bisa bekerja sama dalam menyelesaikan misi dalam game dengan player lain untuk menghilangkan rasa kesepian.

Masih dilansir dari sumber yang sama, beberapa jenis game online juga memiliki manfaat bagi penderita gangguan mental. Ada beberapa penelitian yang menyatakan, game online bisa membantu mengontrol sekaligus meningkatkan fokus, meningkatkan penalaran spasial, dan membantu mengontrol emosi pada pasien dengan gejala autis.

Baca juga:  Proyeksi Keuntungan Jualan Bisnis Sosis Bakar Dengan Omzet Fantastis

Beberapa game online juga dibuat secara khusus untuk keperluan kesehatan. Ada game online yang dirancang dengan basis aplikasi medis untuk melatih sekaligus sebagai terapi bagi orang yang mengalami penyakit degeneratif untuk meningkatkan keseimbangan, membantu remaja dengan ADHD untuk meningkatkan keterampilan berpikir, dan melatih ahli bedah tentang prosedur operasi yang rumit secara teknis.

Efek Samping Game Online

Pemain game online (sumber: cnet.com)

Pemain game online (sumber: cnet.com)

  • Salah satu efek buruk yang sering dirasakan oleh gamers setelah bermain secara berlebihan adalah cedera. Gejala cedera ini bisa berupa rasa sakit dan peradangan pada otot akibat penggunaan otot dan tendon secara berulang kali. Jika cedera ini terus berlanjut, bisa menyebabkan mati rasa, kelemahan otot, hambatan perkembangan otot, dan cedera permanen. Biasanya ini dirasakan di area tangan, lengan, dan leher.
  • Carpal tunnel syndrome juga sering dialami oleh para player yang kecanduan game online. Penyakit ini bisa menyebabkan nyeri dan mati rasa di pergelangan tangan dan tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Untuk mengatasi gangguan otot dan saraf ini, Anda harus pergi ke dokter atau tukang pijat.
  • Gangguan pada jari dan tangan menjadi hal yang umum di kalangan pemain akibat penggunaan joystick, mouse, dan keyboard saat bermain. Gamer thumb atau Playstation thumb adalah gangguan pada bentuk ibu jari akibat penggunaan otot tendon pada jempol secara berlebihan. Gejalanya berupa ibu jari yang meradang dan bengkak. Selain itu, gamers juga kerap mengalami trigger finger atau stenosing tenosynovitis, yakni ketika jari menjadi bengkok akibat peradangan kronis.
  • Obesitas menjadi salah satu risiko kesehatan yang patut diwaspadai jika Anda bermain game online secara berlebihan. Biasanya, obesitas dialami oleh remaja hingga dewasa akibat duduk lama di depan layar PC tanpa berolahraga dengan baik. Selain itu, kebanyakan gamer suka minum soda dan camilan berlemak sambil bermain game online.
  • Masalah penglihatan adalah risiko kesehatan nomor satu yang patut Anda cemaskan jika Anda gemar bermain game online. Tidak heran jika kebanyakan pro player memiliki gangguan mata minus dan berkacamata. Masalah penglihatan seperti ini tentu tidak bisa dibiarkan, karena dapat menyebabkan penurunan daya konsentrasi, sakit kepala, dan mata kering.
  • Game online juga dikaitkan dengan gangguan tidur. Kebanyakan pemain game suka bermain pada waktu yang tidak wajar, seperti tengah malam dan dini hari, dengan alasan supaya bisa bermain dengan tenang dan mendapatkan teman main yang hebat. Hal seperti ini bisa membuat Anda mengalami insomnia, mudah lelah, pusing, sakit kepala, dan gangguan pada ritme sirkadian.
Baca juga:  Inovasi Terbaru Cat Rambut Berbentuk Shampo dan Busa, Cara Pakainya Mudah!

Supaya Anda tidak mengalami efek samping di atas, sebaiknya Anda tidak bermain game online secara berlebihan. Bermainlah secukupnya dan jangan melupakan hal lain, seperti beristirahat, olahraga, dan makan makanan yang bergizi.

[1] Syahputra, Teuku Romy. 2018. Pengaruh Bermain Game Online terhadap Perilaku Komunikasi Remaja. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fisip Unsyiah, Vol. 3(1): 1-12.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*


%d blogger menyukai ini: